√ 18 Komponen dan Fungsi Rem Cakram Mobil Lengkap

By | 2019-09-14T07:23:21+00:00 September 14th, 2019|Velg Mobil|

Iklan

Komponen Rem Cakram Mobil – Rem adalah salah satu bagian paling vital dari kendaraan, bagian ini akan memastikan keselamatan pengemudi, atau penumpang di dalamnya. Pada dasarnya, fungsi rem cakram mobil itu sendiri adalah untuk mengontrol kecepatan kendaraan sehingga dapat berlari atau berhenti sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

Berbeda dari mobil rem yang dulu mengandalkan rem drum atau rem drum, sekarang produsen mobil sudah mulai meninggalkan model rem seperti itu dan menggantinya menggunakan rem cakram, baik di depan atau belakang. Hal ini sengaja dilakukan agar sistem pengereman menjadi jauh lebih maksimal, terutama ketika mobil berjalan dengan kecepatan tinggi, dengan rem cakram proses pemberhentian mobil menjadi optimal.

Tidak perlu lagi jarak jauh untuk berhenti ketika mobil menggunakan rem cakram pada semua kakinya, atau dengan kata lain, ia memperpendek jarak pengereman. Dengan begitu, keselamatan pengemudi dan penumpang di mobil menjadi lebih aman berkat penggunaan rem cakram. Namun terlepas dari fungsinya, sebenarnya ada cukup banyak komponen cakram rem mobil yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui lebih lanjut, yang dapat disimak di bawah ini.

Daftar Komponen Rem Cakram Mobil

1. Kaliper Rem (Caliper)

Komponen Rem Cakram Mobil, Caliper

Merupakan bagian atau komponen penting pada rem cakram, karena kaliper rem itu sendiri nantinya akan bergerak secara mekanis untuk menjepit pelapis rem pada cakram cakram. Caliper rem ini juga merupakan tempat untuk mendukung lapisan rem dan rem piston. Komponen rem cakram mobil bekerja dengan perubahan tekanan hidrolik dari tekanan minyak rem yang melewati selang atau kabel rem, dan harap dicatat, ada dua jenis kaliper rem cakram mobil, termasuk:

Setelah memahami, kaliper rem yang ada pada kaliper penopang rem, pada tipe ini nantinya bisa bergeser dan bergerak ke kiri atau ke kanan. Pada tipe ini piston rem tersedia di satu sisi, yang ketika piston bergerak untuk mendorong lapisan rem, sisi lain berfungsi menjepit kampas rem di sebelahnya.

Untuk jenis caliper tetap yang terpasang bersama dengan dukungan rem caliper, sehingga caliper tetap diam, dan yang bekerja untuk menekan kampas rem adalah piston rem saja.

2. Bantalan Rem

Komponen Rem Cakram Mobil, Bantalan Rem

Dalam operasinya, lapisan rem inilah yang berfungsi untuk menekan cakram cakram untuk memberikan gesekan untuk menghentikan rotasi rem cakram. Untuk alasan ini, sangat disarankan untuk memilih kampas rem dari merek tepercaya yang memiliki bahan kampas rem berkualitas. Untuk kanvas itu sendiri, ada semi-logam, asbes, disinter dan keramik.

Pemilihan bahan termasuk dalam pertimbangan ketika akan membeli kampas rem, pasalnya kampas rem ini harus memiliki gaya gesek yang besar dan tahan panas untuk dapat menghentikan rotasi disk secara optimal. Biasanya semakin baik bahan kampas rem, harga juga lebih mahal, tidak mengherankan dalam jenis mobil sport, kampas rem dalam bandrol jutaan rupiah.

3. Disc (Disk)

Komponen Rem Cakram Mobil, Pelat Cakram

Rem cakram atau yang disebut cakram adalah bagian yang terhubung langsung ke poros gandar, yang berputar mengikuti rotasi roda. Selain itu, komponen rem cakram mobil adalah bagian inti dari rem cakram mobil, karena berfungsi sebagai media yang ditekan atau dijepit oleh kampas rem sehingga ada pengereman.

Bahan yang digunakan dalam cakram-cakram ini umumnya terbuat dari besi tuang, tetapi ada sejumlah cakram khusus untuk mobil mewah berkecepatan tinggi yang terbuat dari komposit matriks keramik atau komposit karbon, yang dapat melepaskan panas lebih cepat dari besi tuang, sehingga lebih efektif dalam pengereman.

Setidaknya ada dua jenis piringan disk mobil yang telah dikembangkan hingga saat ini, termasuk:

Tipe pertama ini memiliki bentuk / desain yang solid, dengan tingkat ketebalan yang tinggi dan tidak ada lubang di sekitar disk. Namun, daya pengeremannya tidak perlu diragukan, karena terbukti memiliki cengkeraman yang kuat.

Lain halnya dengan cakram padat, jenis cakram berventilasi dirancang dengan lubang pada cakram cakram yang bertujuan untuk mempercepat proses pendinginan dan dengan cepat melepaskan panas saat mobil mengerem dan memiliki bentuk yang tipis.

4. Caliper Bracket (Caliper Dukungan Rem)

Komponen Rem Cakram Mobil, Braket Caliper

Braket caliper tidak lepas dari rem cakram mobil, pasalnya braket caliper ini berfungsi sebagai tempat memasang caliper, sehingga caliper tetap di tempatnya atau tidak bergerak. Instalasi itu sendiri terhubung dengan buku jari kemudi.

5. Rem Piston

Komponen Rem Cakram Mobil, Rem Piston

Masih dalam ruang lingkup caliper, rem piston berada di dalam caliper yang memiliki bentuk tabung dengan ujungnya dirancang sebagai alur (coakan) sebagai rumah karet pelindung debu. Fungsi rem piston adalah untuk menekan atau mendorong lapisan rem ke disk sehingga rotasi roda dapat dikurangi atau dihentikan.

6. Segel Piston

Komponen Rem Cakram Mobil, Seal Piston

Di dalam piston ada beberapa bagian, salah satunya adalah seal piston yang terbuat dari bahan tahan panas dari minyak rem. Selain itu, seal piston dipasang untuk mencegah kebocoran minyak rem yang mengalir karena proses hidrolik ketika tuas rem distempel, tidak hanya seal piston yang juga berfungsi untuk menarik piston mundur setelah pengereman.

7. Master Cylinder

Komponen Rem Cakram Mobil, Seal Piston

Rem cakram mobil yang berfungsi atau tidak bergantung pada silinder master rem, di mana silinder master rem akan mengubah gerakan mekanis pedal rem ke tekanan hidrolik. Komponen rem cakram mobil memiliki komponen piston yang terhubung ke pedal rem, dari piston ini akan menekan cairan atau minyak rem berdasarkan hukum Pascal. Harap dicatat ada dua jenis silinder utama yang dapat didengarkan di bawah ini.

  • Master Silinder Tipe Tandem

Untuk jenis tandem disebutkan memiliki dua selang outlet dan dua piston yang akan memisahkan kontrol roda belakang dan depan. Dalam kerjanya jika satu piston tidak berfungsi, maka piston lainnya masih bisa melakukan proses pengereman, sehingga lebih aman saat digunakan.

  • Tipe Master Satu Silinder

Sesuai dengan nama yang dibawanya, satu master silinder tipe tunggal hanya membawa satu outlet selang dan satu piston, yang dengan bagian ini berfungsi mengendalikan empat roda, sehingga keamanannya agak kurang, karena jika ada kerusakan, pengereman akan dibatasi.

8. Tangki Reservoir

Komponen Rem Cakram Mobil, Tangki Reservoir

Reservoir adalah tempat untuk menyimpan minyak rem cadangan, yang biasanya dipasang bersama dengan master silinder, dan dalam tabung ini dipasang sensor untuk mendeteksi tingkat volume rem minyak rem, jadi nanti jika cairan / Posisi minyak rem berkurang atau di bawah batas minimum, maka indikator pada dashboard akan menyala.

9. Minyak Rem

Komponen Rem Cakram Mobil, Minyak Rem

Dalam keadaan normal, volume minyak rem tidak boleh berkurang jika tidak ada kebocoran, tetapi minyak rem tidak akan bekerja secara optimal ketika sangat kotor. Karena cairan rem ini memiliki fungsi sebagai media untuk memberikan daya dorong dari pedal rem ke caliper, sehingga kampas rem menjepit cakram cakram.

Terlepas dari fungsinya, minyak rem dibagi menjadi beberapa spesifikasi berdasarkan titik didih masing-masing jenis yang dijelaskan oleh standarisasi pada kemasan berlabel titik 3, titik 4. Jadi sebagai pemilik mobil, Anda harus lebih memperhatikan spesifikasi dari Minyak rem yang nantinya akan digunakan, sehingga pengereman bisa bekerja maksimal.

10. Booster Rem

Komponen Rem Cakram Mobil, Penguat Rem

Booster rem terbuat dari membran yang terhubung ke intake manifold. Jika ada vakum di intake manifold, membran yang terhubung ke master silinder akan menarik pedal rem tetapi tidak sampai pengereman terjadi.

Selain itu, bosster rem memiliki fungsi bantu yang dapat meringankan tekanan pedal rem tanpa mengurangi daya pengereman, dan komponen yang satu ini akan menggandakan energi pengereman saat pengemudi mengerem.

Alhasil, ketika pengemudi mobil menginjak pedal rem tidak membutuhkan banyak tenaga, atau dengan kata lain pengemudi akan merasa sangat ringan saat menginjak pedal rem saat pengereman berkat bantuan penguat rem.

11. Selang hidrolik

Komponen Rem Cakram Mobil, Selang Hidrolik

Selang hidraulik masuk ke komponen inti cakram rem, karena di sinilah distribusi cairan rem ke setiap kaliper rem dengan tekanan hidrolik terjadi. Namun perlu diingat, tekanan pada selang hidrolik ini cukup bervariasi dan berubah, sehingga untuk menahan tekanan beragam, selang hidrolik terbuat dari bahan yang kuat seperti baja, sehingga kebocoran minyak rem tidak akan terjadi nanti.

12. Pedal Rem

Komponen Rem Cakram Mobil, Pedal Rem

Pedal rem adalah komponen utama rem cakram mobil untuk mengaktifkan sistem pengereman. Umumnya pedal rem dibuat dengan tuas panjang / lengan, intinya adalah menyesuaikan kebutuhan pengereman pengemudi, karena prinsip kerja pedal rem sama dengan prinsip tuas sederhana, karena hanya perlu dicap pada untuk menghasilkan gaya tekan yang besar.

Begitu banyak komponen rem cakram di dalam mobil, oleh karena itu jika salah satu komponen rusak, maka pengereman akan menjadi kurang optimal, atau lebih buruk lagi, pengereman tidak akan berfungsi, sehingga sudah menjadi keharusan karena pemilik mobil harus rajin. dalam merawat semua komponen yang terkait dengan pengereman, sehingga hal-hal tidak terjadi yang tidak Anda inginkan ketika Anda berada di jalan. "SALAM OTOMOTIF"

About the Author: