√ 7 Cara Menangani Baterai Mobil Scuff, Matic & Manual

By | 2019-10-17T10:56:35+00:00 October 17th, 2019|Velg Mobil|

Iklan

Cara Mengatasi Baterai Mandi Mobil – Ini cukup membuat frustasi ketika mobil tidak dapat dinyalakan, beberapa penyebabnya bisa disebabkan oleh baterai berlebih, karena untuk mobil saat ini mereka benar-benar hidup dengan baterai & ECU, jadi jika tegangan dalam baterai mengalami penurunan, datang pendek, atau bahkan sampai ke yang benar – benar-benar kelelahan, bersiap-siaplah mobil akan mati dan sulit untuk kembali atau starter akan mulai mengemudi di awal.

Lebih buruk lagi, karena baterai yang ditarik berlebihan, dapat membuat mobil mogok ketika di jalan. Tentu saja masih beruntung jika masih ada tegangan pada baterai, pasalnya masih bisa dinyalakan dengan didorong, hanya saja metode ini efektif dilakukan pada mobil manual. Namun, berbeda jika baterai benar-benar kelebihan tegangan dan tidak ada tegangan sama sekali, pasti solusi pertama plus yang paling jitu adalah memanggil pembuat baterai.

Sedangkan untuk mobil otomatis, Anda dapat menggunakan jumper dengan baterai dari mobil lain atau dari baterai yang pada dasarnya memiliki tekanan normal. Tetapi tentu saja jika Anda sudah mengalami hal seperti ini, Anda harus jika Anda kembali hidup-hidup, keesokan harinya lakukan pemeriksaan baterai, untuk mengetahui tegangan yang tepat di dalamnya, apakah perlu diganti atau hanya perlu diisi.

Cara Mengatasi Baterai Mandi Mobil

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang cara menangani aki mobil yang overdrawn baik di mobil manual dan otomatis, sobat otomotif dapat melihat terlebih dahulu apa yang menyebabkan aki mobil overdrawn, sehingga nantinya dapat mengambil tindakan yang tepat, dan tentu saja untuk menghindari teman-teman dari nama pemogokan atau berhenti di tempat ketika start akan dinyalakan di pagi hari, detail lengkapnya ada di bawah ini.

Penyebab Baterai Aki Mobil

1. Mobil Terlalu Panjang Untuk Ditinggalkan

Untuk alasan apa pun, mobil wajib dihidupkan jika tidak ingin baterai ditarik berlebihan. Alasannya adalah ketika mobil mati ini tidak berarti bahwa tidak ada arus listrik yang mengalir di dalamnya, misalnya ada immobilzer, teknologi keamanan selalu membutuhkan asupan listrik setiap saat.

Jadi jangan heran jika voltase pada baterai bisa berkurang meski mobil jarang digunakan. Setidaknya untuk menjaga agar tegangan aki tetap stabil, setidaknya mobil dipanaskan setiap hari, baik di pagi, siang, atau malam hari, yang penting dalam sehari mobil itu hidup.

2. Kesalahan Penggunaan

Kelalaian pemilik mobil paling fatal, di mana ini bisa membuat aki mobil menjadi overdrawn, bahkan bisa mempersingkat masa pakai baterai, yaitu dengan menyalakan AC atau Player / Audio ketika mobil mati.

3. Menggunakan terlalu banyak aksesori

Untuk membuat mobil lebih menarik, ada banyak cara, salah satunya adalah dengan menambahkan aksesori ringan, audio, atau aksesori elektronik lainnya. Tetapi bahkan jika itu membuat mobil terlihat keren, sebenarnya ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memasang aksesoris elektronik di dalam mobil.

Karena meningkatnya jumlah aksesori ketika memodifikasi mobil, tentu saja permintaan listrik meningkat, dan itu harus diimbangi dengan sumber yang memadai, tetapi jika melebihi ambang kapasitas baterai, ini akan membuat baterai mobil menjadi pendek, dan memperpendek daya tahan baterai. .

4. Alternator Rusak

Alternator adalah komponen yang sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup mobil, karena di sinilah baterai mendapat pasokan listrik terus menerus ketika mobil dihidupkan. Namun hasil yang berbeda jika komponen yang satu ini rusak, sudah pasti tidak ada listrik yang masuk aki dan kestabilan arus listrik di mobil terganggu.

Karena itu jika Anda mengalami sesuatu seperti ini, di mana listrik terasa putus ketika semua perangkat elektronik di dalam mobil menyala, segera periksa apakah alternator masih berfungsi dengan baik atau tidak, jika rusak, segera perbaiki agar baterai tidak habis.

5. Baterai berumur

Baterai itu sendiri memiliki waktu penggunaan, jadi itu wajar bahwa baterai terlalu lama untuk digunakan atau sudah sangat tua, tegangan di dalam dapat dikurangi secara drastis, atau beratnya tidak menerima listrik dari alternator. Selain usia, cara merawat baterai yang tidak benar juga menyebabkan aki mobil menjadi pendek.

Pada dasarnya, untuk mengetahui penyebab overdrawn aki mobil cukup mudah, karena komponen yang terkait dengan aki ini dapat dilihat dengan jelas, mulai dari perangkat elektronik yang terpasang, dan yang terpenting adalah komponen charger listrik pada aki. Setelah mengetahui apa penyebabnya, sekarang giliran Anda untuk mengetahui cara mengatasi aki aki mobil berikut.

A. Mobil Matic

Ketika mobil tiba-tiba mogok atau tidak dapat dinyalakan ketika awalnya akan menggunakannya, dan penyebab yang jelas adalah karena baterai yang ditarik berlebihan, cara menangani versi otomatis dari baterai mobil yang ditarik tidak sesulit yang kami bayangkan, hanya saja dalam prakteknya itu membutuhkan baterai mobil yang normal, atau bisa dengan bantuan mobil lain dengan jumper.

Pertama, yang jelas dibutuhkan adalah kabel jumper khusus, kemudian hubungkan aki mobil mati dengan aki mobil biasa. Jika aki mobil normal terpasang pada mobil, disarankan untuk menyalakan mobil, pada saat yang sama sambungkan kabel jumper sesuai dengan kutub plus dan minus.

Maka jika sudah, kedua teman diharuskan mematikan semua perangkat elektronik di dalam mobil, seperti audio mobil, AC, dan semua lampu yang bisa dimatikan. Kemudian tinggal nyalakan mobil yang memiliki baterai normal, maka kabel jumper yang dipasang di katup aki mobil sudah mati, dan mobil dengan baterai mati dihidupkan.

Ketika masih hidup, lepaskan perlahan kabel jumper, dan stabilkan RPM pada 1000 atau kurang dalam beberapa waktu, dan terus nyalakan selama lebih dari 15 menit, sehingga baterai yang ditarik dapat diisi ulang.

Oh ya, sebagai catatan, ketika pelompat mobil akan ditransmisikan secara otomatis, letakkan transmisi mobil dalam mode P (Parkir), untuk menjaga keselamatan pengguna dan orang lain, atau lebih tepatnya menjaga mobil dalam posisi berhenti.

B. Mobil Manual

Untuk langkah – langkah mengatasi aki mobil berlebih dalam versi mobil manual tidak jauh berbeda dengan mobil otomatis. Anda dapat menggunakan jumper menggunakan baterai mobil lain atau baterai normal lainnya, atau Anda juga dapat menggunakan metode alternatif kedua jika tidak mungkin menemukan baterai normal.

Cara kedua adalah menyalakan mesin dengan menggunakan drive, yang sebelumnya menempatkan transmisi mobil ke posisi gigi 3 atau 4, kemudian menginjak pedal kopling sepenuhnya, kemudian mendorong dengan kuat plus cepat ke jarak 5 hingga 10 meter, dan jika telah mencapai jarak yang ditentukan, lepaskan pedal kopling perlahan.

Jika mobil telah berhasil dinyalakan kembali, sekarang yang tersisa adalah menjaga mobil tetap hidup selama sekitar 20 menit, sehingga aki mobil yang ditarik dapat diisi ulang.

Apa pendapat Anda tentang cara menangani aki mobil yang ditarik berlebihan yang kami katakan di atas? gampang bukan untuk mempraktekkannya, semoga apa yang kita katakan bisa bermanfaat bagi semua orang, terutama bagi mereka yang mengalami aki berlebih dan mobil mogok di jalanan. Sehingga kami dapat menyampaikan tentang Cara Mengatasi Aki Baterai Mobil, juga melihat informasi tentang otomotif lainnya hanya di otomaniac.com. "SALAM OTOMOTIF"

About the Author: