√ 7 Cara untuk Mengencangkan Rantai Sepeda Motor (MUDAH)

By | 2019-11-08T16:18:40+00:00 November 8th, 2019|Velg Mobil|

Iklan

Cara Mengencangkan Rantai Motor – Rantai adalah komponen yang sangat penting dalam sepeda motor. Sebagai salah satu komponen yang menyalurkan tenaga penggerak dari mesin ke roda tentu saja keberadaan rantai motor sangat penting. Dengan sistem ini, rantai motor pasti akan mengalami kelonggaran, terutama pada motor harian yang sering digunakan.

Pasatinya lainnya lambat motor akan mengalami kendur. Penggunaan motor yang sering terbuka untuk menutup gas sesuka hati juga akan menyebabkan Rantai Motor menjadi longgar dengan cepat. Jika dibiarkan tidak terkendali, tentu saja akan berdampak buruk, mulai dari berkurangnya energi hingga rentan terhadap selip yang akan berbahaya bagi pengguna. Oleh karena itu pemeliharaan rantai motor juga harus dipertimbangkan selain usia rantai motor.

Rantai pada bebek dan motor sport tentu memiliki mekanisme yang sama dan perawatannya tidak jauh berbeda. Meskipun untuk mengencangkan rantai sepeda motor, Anda biasanya menunggu layanan bulanan, tetapi mengencangkan rantai sepeda motor sangat mudah. Karena itu teman-teman Otomotif perlu mencoba mengencangkan rantai sepeda motor mereka sendiri. Karena pada dasarnya itu sangat mudah.

Untuk "Mengencangkan Rantai " Pasangan otomotif diharuskan memiliki alat seperti kunci pas dan kunci pas. Jika alat tersebut maka langkah selanjutnya adalah hanya mencari tempat yang memiliki permukaan datar dan cukup lapang untuk mengencangkan Rantai Sepeda Motor. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang perlu disiapkan untuk Mengangkat Rantai Sepeda Motor yang kendor.

Cara Mengencangkan Rantai Motor

Cara Mengencangkan Rantai Motor

1. Siapkan alat

Langkah pertama adalah menyiapkan alat untuk mengencangkan rantai motor. Alat yang dibutuhkan adalah kunci pas dan kunci pas sesuai dengan ukuran baut as dan mur pengencang rantai di ujung lengan ayun. Bisa juga menambahkan palu atau sejenisnya.

2. Lokasi Rata

Selanjutnya adalah mencari lokasi yang rata. Jika Anda telah menemukan lokasi yang nyaman dan rata, Anda dapat melanjutkan dengan memasang standar menengah pada sepeda motor. Jangan Lupa saat melakukan roda gigi standar menengah di netral, jika Anda perlu menggunakan mat maka Anda bisa menggunakan mat. Ini harus digunakan jika tempat yang digunakan tidak stabil atau tidak rata, Gunakan tikar seperti kayu.

3. Ukur Slack Rate of the Chain

Langkah selanjutnya adalah mengukur seberapa kendur rantai motor itu. Metode ini dilakukan agar teman Otomotif yang rapi dapat menebak bagaimana tepatnya roda ditarik kembali. Dengan menggunakan kunci cincin, angkat bagian bawah rantai untuk mengetahui seberapa kendurnya rantai motor.

4. Longgarkan Baut sebagai Roda

Jika rantai memang cukup longgar dan telah melewati batas toleransi, langkah selanjutnya adalah melonggarkan baut as. Jangan lupa untuk menggunakan cincin pengunci agar baut as tidak tergelincir atau tebal. Selanjutnya, sesuaikan juga ukuran baut dengan ukuran kunci yang digunakan. Lakukan berlawanan arah jarum jam.

5. Sesuaikan

Setelah dianggap memadai, langkan berikutnya adalah untuk menyesuaikan ketegangan rantai sesuai dengan keinginan pengguna. Untuk mengatur ketegangan rantai dan kendur, teman saya hanya perlu memutar baut penyetel di ujung lengan ayun. Menyamakan posisi baut dengan garis penanda yang ditemukan di lengan ayun sehingga posisi ban lurus.

6. Kencangkan Rantai

Jika terasa lurus dan benar dan rantai kencang, langkah selanjutnya adalah kencangkan kembali rantai motor. Kencangkan rantai sepeda motor dengan benar menggunakan kunci pas. Jangan lupa melakukannya terlebih dahulu, kencangkan baut as dan baut penyesuai rantai dengan benar dan kencang.

7. Periksa Rotasi Roda

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada rotasi roda, pastikan roda masih memiliki rotasi yang aman. Dimana rantai masih memiliki jarak yang aman, tidak terlalu ketat dan juga tidak terlalu longgar. Jika Anda merasa puas, jangan lupa memberi sedikit cairan rantai motor pelumas sehingga tarikannya lebih ringan.

Mengencangkan rantai sepeda motor bukan masalah yang sulit, bahkan bagi teman-teman Otomotif yang masih pemula dan jauh dari pengetahuan otomotif tentu dapat mempercepat Rantai Sepeda Motor itu sendiri di rumah. Jika Anda tahu langkah-langkah yang benar dan benar maka melakukannya dengan cara itu sangat mudah. Atau bahkan memasang rantai sepeda motor baru juga sangat mudah. Anda juga bisa memeriksanya Harga Rantai Motor Terbaru Kualitas terbaik.

Sekarang beberapa tahapan yang perlu diketahui dan dilakukan oleh teman-teman Otomotif dalam mengencangkan rantai sepeda motor. Selain rantai motor harus kencang juga harus punya daya tahan yang oke, jadi ketika tiba saatnya mengganti rantai motor karena umur rantai sepeda motor maka segera buat perubahan. Demi memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

About the Author: