√ 8 Cara Mudah Untuk Mengubah Minyak Rem Tanpa Harus Memperbaiki Bengkel

By | 2019-11-20T18:50:24+00:00 November 20th, 2019|Velg Mobil|

Iklan

Cara mudah untuk mengganti minyak rem – Mengganti minyak rem pada kendaraan harus dilakukan, sehingga kinerja rem pada setiap kendaraan selalu baik. Selain itu, mengganti minyak rem juga merupakan salah satu perawatan kendaraan yang harus dilakukan secara rutin, hal ini tentu saja mengingat fungsi rem ini sangat vital.

Sebenarnya ada beberapa cara merawat rem yang harus diperhatikan, yaitu memperhatikan dan mengecek kampas rem, apakah masih tebal atau sudah habis? jika sudah habis maka segera ganti kampas rem agar rem dapat berfungsi secara optimal dalam menahan kecepatan kendaraan.

Kali ini kita akan mengulas beberapa cara mudah untuk mengganti minyak rem pada sepeda motor tanpa harus pergi ke garasi. Ya, mengganti minyak rem sepeda motor memang bisa dilakukan di rumah selama Anda mengerti dan tahu caranya.

Tetapi sebelum Anda mengganti cairan rem pada sepeda motor Anda, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan yang diperlukan seperti obeng, gantungan kunci 10, selang kecil, reservoir, kain lap, dan minyak rem baru. Lalu bagaimana mudahnya mengganti minyak rem pada sepeda motor kita? Berikut ini adalah informasi lengkap.

Cara mudah mengganti minyak rem sepeda motor

Dalam mengganti minyak rem kita harus memperhatikan langkah-langkahnya agar minyak rem yang akan kita ganti tidak tumpah di badan motor kita. Sebaiknya sebelum Anda menggantinya Anda menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, sehingga penggantian minyak rem berjalan cepat. Nah berikut ini cara mudah menggunakan minyak rem motor tanpa harus ke bengkel.

1. Pasang Selang pada Niple Bledder

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah Anda harus memasang selang kecil di bledder baud. Ini digunakan untuk mengalirkan minyak rem yang kita lalui baut ini. Pertama kita buka penutup bledder kemudian posisikan kunci cincin 10 pada baut bledder. Setelah itu, Anda dapat memasukkan ujung selang kecil ke dalam bledder niple sementara ujung lainnya menggunakan wadah minyak rem bekas.

2. Buang Cairan Rem Lama

Selanjutnya Anda perlu membuka prinsip bledder dengan memutar baut bledder searah jarum jam (melonggarkan). Putar sampai baut terasa longgar, lalu tekan rem beberapa kali. Dalam proses ini, minyak rem dari saluran hidrolik akan keluar melalui bledder prinsip melalui selang dan tiba di reservoir. Terus goyangkan rem sampai aliran minyak rem berhenti. Nah, setelah minyak rem habis, tuas rem akan terasa ringan dan tergelincir.

3. Buka Skrup Reservoir

Setelah itu, Anda harus membuka penutup reservoir dengan menggunakan obeng dengan ujung plus (+). Bagi yang belum terbiasa, Anda pasti akan bertanya apa itu reservoir? Ya, reservoir adalah tangki penyimpanan untuk cadangan minyak rem. Waduk biasanya memiliki bentuk kotak dan di tutupnya ada dua baut sekrup. Reservoir ini biasanya juga ditemukan di stang motor dan diposisikan sedikit ke penutup kepala motor. Jadi kami sarankan untuk berhati-hati saat melepas tutup reservoir.

4. Isi Reservoir dengan New Brake Fluid

Langkah selanjutnya adalah mengisi minyak rem baru di reservoir. Sama seperti yang di atas, cairan rem baru juga memiliki asam yang dapat membuat cat motor mengelupas. Jadi kami sarankan Anda untuk berhati-hati dalam mengganti minyak rem dan tidak menumpahkan bodi motor.

5. Kocok Tuas Rem

Setelah reservoir terisi penuh, maka Anda perlu mengguncang tuas rem beberapa kali, dengan kondisi bledder baut masih terbuka. Ini akan menyebabkan minyak rem baru di reservoir memasuki saluran hidrolik dan mendorong minyak rem lama ke arah prinsip bledder. Tetapi juga perhatikan volume minyak rem di reservoir dan disarankan untuk tidak kehabisan. Karenanya, berhentilah menggerakkan tuas rem sampai minyak rem di reservoir hampir habis.

6. Tutup Niple Bledder dan Isi Ulang Minyak Rem

Selanjutnya, tutup kembali prinsip bledder dengan menggunakan kunci 10 cincin yang masih terpasang. Namun, biarkan selang menempel pada prinsip bledder. Lalu, isi juga minyak rem di reservoir sampai penuh.

7. Lakukan Bledding Brake

Sekarang langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah menghancurkan rem atau melempar angin ke rem cakram. Caranya adalah setelah kita mengisi minyak rem dan mengocok tuas rem beberapa kali hingga terasa berat. Jika tuas rem terasa berat, tekan tuas rem lalu buka bledder. Ketika Anda membuka bledder baut, minyak rem di saluran hidrolik akan keluar bersama dengan gelembung udara dan tuas rem yang Anda pegang akan melemah. Kemudian kencangkan baut niple lagi saat tuas rem menyentuh stang.

8. Isi minyak rem dan tutup reservoir

Nah, jika remnya normal dan tidak ada gelembung udara yang keluar dari prinsip, kencangkan baut bledder dan lepaskan selang dari prinsip bledder kemudian tutup prinsip bledder lagi dengan baut penutup. Sementara itu, di bagian atas isi minyak rem sampai penuh lagi, lalu tutup reservoir lagi dan kencangkan kedua baut menggunakan obeng. Kemudian Anda mengecek apakah ada cairan rem yang menetes di badan motor atau tidak. Jika ada, maka segera lap dengan kain bersih.

Nah, otomotif, itu adalah beberapa cara mudah untuk mengganti minyak rem pada motor. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah tanpa harus kesal, dengan menyiapkan semua alat seperti kunci 10 cincin, obeng dan beberapa peralatan lain yang sudah dapat Anda ganti sendiri dengan minyak rem di rumah. Namun sebelum mengganti minyak rem, sebaiknya pilih minyak rem yang memiliki kualitas baik.

Ada dua pilihan oli rem untuk sepeda motor, DOT3 dan DOT4. Untuk minyak rem DOT4, harganya cukup mahal dibandingkan minyak rem DOT3. Ini menunjukkan bahwa minyak rem DOT4 memiliki kualitas yang lebih baik. Demikianlah kami dapat menyampaikan informasi tentang cara mudah mengganti minyak rem motor, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

About the Author: