√10 Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Benar, Mudah & Efektif

By | 2019-11-09T02:46:24+00:00 November 9th, 2019|Velg Mobil|

Iklan

Cara Bersihkan Mesin Mobil – Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika memiliki mobil, mulai dari kebersihan dan kenyamanan berkendara, di mana ada begitu banyak faktor yang dapat memengaruhinya, terutama satu bagian utama, yaitu alat pacu jantung yang ada di belakang kap depan. .

Pemeliharaan mesin itu sendiri tidak hanya terbatas pada penggantian oli atau tune up, tetapi kebersihan mesin juga memiliki efek yang tidak kalah hebatnya, karena dengan menjaga kebersihan mesin, selain membuatnya enak dipandang mata, itu juga membuat kita tahu tentang kondisi mesin yang sebenarnya, apakah ada kerusakan atau tidak, efek penggunaannya.

Selain itu, kebersihan mesin sangat berpengaruh pada kinerja, karena debu yang menumpuk saat mobil digunakan, dapat menghalangi aliran udara ke filter, mesin menjadi kurang kuat, dan membuat mobil boros bahan bakar.

Cara Tepat Membersihkan Mesin Mobil

Cara Tepat Membersihkan Mesin Mobil

Namun di sisi lain, dalam membersihkan alat pacu jantung pada mobil ini tidak bisa gegabah, karena salah – salah dapat menyebabkan kerusakan dan mobil mogok. Karena itu sebelum sobat otomotif terus merawat mesin, ada baiknya melihat langkah-langkah dan Cara Membersihkan Mesin Mobil secara lengkap di bawah ini.

1. Mesin Mobil Sudah Dipanaskan

Awal akan membersihkan mesin mobil, mesin harus dipanaskan terlebih dahulu, dengan maksud agar kotoran yang membandel dapat dengan mudah dihilangkan. Karena ketika mesinnya dingin, kerak hitam yang menempel di bagian luar mesin atau bagian lain menjadi sulit dibersihkan.

Sekarang mesin tidak perlu panas terlalu lama, yaitu 10 menit – 15 menit. Setelah itu, mesin mobil siap dibersihkan.

2. Gunakan Perlindungan Tangan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti paparan langsung panas mesin, karena mesin dipanaskan terlebih dahulu, benda tajam ditemukan di beberapa mobil masa lalu, dan menghindari alergi karena kotoran mesin, sebaiknya gunakan sarung tangan kain.

3. Komponen Mesin Bungkus

Selain tangan, hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum mulai membersihkan mesin mobil adalah dengan membungkus bagian-bagian mesin atau komponen yang memiliki tenaga listrik menggunakan aluminium foil, yaitu agar teman saya tidak tersengat listrik sambil menghindari kekurangan listrik yang bisa terjadi setelah mesin dibersihkan.

4. Semprotkan Menggunakan Air Tekanan Rendah

Tidak disarankan menggunakan air bertekanan tinggi saat membersihkan mesin mobil, melainkan menggunakan air bertekanan rendah, karena dapat merusak beberapa komponen mobil, yang nantinya tidak akan bersih dan terawat, tetapi memberikan penyakit baru saat mobil akan digunakan .

5. Pertama-tama Bersihkan Bagian Bawah Kap Mobil

Pertama bersihkan bagian bawah kapnya, karena jika bagian ini menjadi bagian terakhir, nanti saat membersihkannya, air kotor akan otomatis jatuh ke mesin.

6. Kuas dan Spons

Dalam membersihkan bagian mesin ini, alat-alat yang dibutuhkan cukup mudah ditemukan, termasuk spons untuk membersihkan area mesin dengan kotoran atau finishing ringan, sementara sikat diperlukan untuk menghilangkan noda yang membandel, seperti persediaan oli yang telah menempel pada bagian mesin untuk waktu yang lama, dan untuk mencapai bagian yang terganggu – antara bagian satu dengan yang lain.

7. Mesin Sabun Khusus Pembersihan / Sabun Flecking

Saat membersihkan mesin, tentu saja membutuhkan sabun sehingga bagian-bagian mesin akan terlihat lebih mengkilap nantinya. Jika Anda memiliki anggaran lebih, Anda dapat membeli sabun khusus untuk mesin pembersih, tetapi jika Anda ingin meminimalkan pengeluaran tetapi dengan hasil maksimal, sabun oles sangat dapat diandalkan dalam hal ini.

8. Bilas Kembali Dengan Semprotan Air Tekanan Rendah

Jika noda benar-benar terangkat dan mesin terlihat bersih lagi, langkah / cara membersihkan mesin yang benar maka cukup bilas menggunakan semprotan air lagi, dan tentu saja dengan tekanan rendah, sehingga air tidak masuk celah antara komponen-komponen seperti itu di filter.

9. Pastikan Tidak Ada Noda Sabun Yang Tertinggal Di Belakang

Nah ini dia bagian terakhir yang tidak bisa dibiarkan. Agar hasil pembersihan mesin lebih maksimal lagi, setelah dibilas, pastikan tidak ada bekas sabun yang tertinggal, caranya jelas sangat mudah, yaitu dengan menyekanya menggunakan kain kering.

10. Panaskan kembali Alat Berat dengan Hood Tutup Posisi

Lagi pula, mesin dipanaskan kembali dengan posisi kap ditutup, ini diperlukan agar area mesin dan mesin benar-benar kering lagi, dan kemudian siap diundang untuk diaktifkan kembali.

Ini bukan cara mudah untuk membersihkan mesin mobil, jadi jangan lupa menghapus allumunium yang sebelumnya digunakan untuk membungkus bagian-bagian yang memiliki tenaga listrik. Intinya, jangan salah langkah dan tinggalkan langkah demi langkah yang kami ulas di atas, sehingga hasil akhirnya memuaskan dan menghindari mesin dari kerusakan.

Dengan demikian kami dapat menyampaikan informasi tentang cara membersihkan mesin mobil yang baik dan benar, semoga bermanfaat bagi Anda serta membantu Anda memaksimalkan kinerja mesin mobil, dan masih banyak informasi otomotif lainnya yang bisa Anda dapatkan hanya di Otomaniac.com. "SALAM OTOMOTIF"

About the Author: