12 Cara Mudah Mengubah Rantai dan Roda Gigi Motor dengan Benar

By | 2019-12-01T10:58:42+00:00 December 1st, 2019|Velg Mobil|

Iklan

Cara Mengubah Rantai dan Perlengkapan Motor – Sepeda motor adalah kendaraan yang cukup populer di negara kita. Tidak hanya memiliki kinerja yang tangguh dan dapat diandalkan, tetapi sepeda motor juga memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga satu unit mobil.

Saat ini sudah beredar berbagai jenis sepeda motor seperti sepeda motor, olahraga dan otomatis. Sepeda motor ini juga memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan merek sepeda motor, jenis dan jenis sepeda motor. Nah, untuk jenis motor sport itu sendiri di Indonesia terbilang mahal, karena rata-rata motor sport dihargai di atas Rp 30 juta.

Ini tentu sangat berbeda dengan jenis bebek atau motor otomatis, yang hanya dibanderol sekitar Rp. Kurang dari Rp. 20 juta. Jadi bukan tidak mungkin jika tingkat penjualan sepeda motor tipe otomatik dan bebek lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda motor tipe sport.

Tetapi ini bukan masalah harga sepeda motor yang akan kita diskusikan kali ini, tetapi kali ini kita akan mengulas sedikit cara mudah untuk mengubah rantai dan perlengkapan pada sepeda motor yang Anda miliki. Sekarang untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Cara mudah untuk mengganti Ranati dan Perlengkapan Motor

Rantai pada sepeda motor adalah komponen yang sangat penting, karena rantai berfungsi untuk menghubungkan roda belakang dengan mesin sehingga ketika mesin memulai dan melakukan putaran mesin, roda belakang juga akan berputar sehingga motor dapat melaju pada kecepatan yang diinginkan.

Berbeda dengan sepeda motor otomatis, untuk sepeda motor jenis bebek dan sport masih menggunakan rantai sebagai sistem penarik sehingga kita dapat dengan mudah mengubah rantai motor itu sendiri tanpa harus pergi ke toko sepeda motor untuk mengganti rantai sepeda motor.

Mengubah rantai dan gear motor memang hal yang mudah dan sepele, tetapi jika kita tidak tahu bagaimana atau langkah-langkahnya, kita pasti akan bingung. Selain itu, bisa jadi lantai yang kita pasang tidak sesuai dengan kriteria pemasangan rantai motor yang benar.

Untuk itu kami akan membagikan sedikit informasi tentang cara mudah mengganti rantai dan perlengkapan sepeda motor dengan baik. Sehingga motor akan lebih nyaman saat berjalan saat rantai dan gaer telah diganti. Berikut ini adalah informasi lengkap yang akan kami kirimkan.

  1. Untuk langkah pertama, pertama-tama kita menyiapkan motor rantai dan gir baru untuk mengganti rantai dan motor gir yang lama.
  2. Setelah itu, siapkan alat seperti kunci pas cincin, kunci pas, obeng dan tang.
  3. Setelah peralatan yang kita butuhkan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mencari koneksi pada rantai motor agar kita lebih mudah melepas rantai motor.
  4. Nah, setelah rantai dilepaskan, hal yang kita lakukan selanjutnya adalah melonggarkan dan melepaskan poros belakang motor. Buka semua baud yang terhubung ke roda belakang sehingga nanti kita akan lebih mudah melepas roda gigi di roda belakang.Gear motor
  5. Dan setelah baut pada roda belakang dilepas, silakan pindah ke depan untuk melepas penutup pelindung gigi depan. Di dalam sampul memang ada gigi kecil yang menghubungkan langsung ke mesin. Nah, di bagian ini Anda juga harus menghapus semua baud yang terpasang pada gear.
  6. Setelah gigi depan terlepas, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melepas gaer yang terpasang pada roda belakang dengan membuka empat potong roda pengikat di roda belakang.
  7. Dan setelah melepas semua baut, sekarang Anda dapat mengganti roda gigi pada motor Anda dengan roda gigi baru.
  8. Setelah Anda mengganti semua pengukur lama dengan gir baru, jangan lupa untuk mengencangkan semua pengikat baud baik di roda belakang dan juga gir yang terhubung langsung ke mesin.
  9. Setelah motor roda gigi dipasang, yang harus Anda lakukan adalah mengganti roda belakang dan kencangkan poros baud ke roda belakang motor.
  10. Maka yang harus Anda lakukan adalah memasang rantai sepeda motor baru dengan menemukan dan menghubungkan rantai sepeda motor kemudian mengikat rantai sepeda motor.
  11. Dan jangan lupa setelah rantai motor terpasang, Anda harus menyesuaikan rantai motor dengan benar, yaitu, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu kencang, sehingga rantai motor lebih nyaman saat memutar roda belakang.
  12. Dan akhirnya semprotkan rantai dengan rantai minyak pelumas agar lebih tahan lama dan tidak cepat kendur.

Setelah rantai motor diinstal ulang, Anda dapat mengujinya dengan menjalankan motor, apakah pengaturan rantai benar atau tidak. Jika tidak, sesuaikan rantai sepeda motor lagi sampai tidak berdering. Biasanya jika kita mengatur rantai terlalu ketat atau terlalu longgar rantai motor akan berbunyi.

Sekarang, setelah menemukan pengaturan rantai yang tepat, kemudian kencangkan poros baud pada roda sepeda motor Anda dengan kencang dan dua 12 baud yang terletak di cubitan jepit atau di sisi kiri roda motor. Setelah itu, Anda selesai mengganti rantai dan perlengkapan sepeda motor Anda.

Itulah sedikit informasi tentang cara mengganti dengan mudah rantai dan perlengkapan sepeda motor dengan benar tanpa harus membuat sepeda motor kita kesal. Dengan mengetahui langkah-langkahnya, kita akan lebih mudah mengganti rantai pada motor. Demikian informasi dari kami semoga dapat bermanfaat dan "SALAM OTOMOTIF".

About the Author: