5 Cara Mengatasi Motor yang Terkena Banjir dengan Benar

By | 2019-09-12T19:07:00+00:00 September 12th, 2019|Velg Mobil|

Iklan

Cara Mengatasi Motor yang Terkena Banjir – Banjir adalah salah satu bencana alam yang mengerikan, di mana banjir biasanya datang di daerah dataran rendah seperti ibu kota Jakarta dan kota-kota besar. Bagi pemilik kendaraan bermotor juga harus waspada ketika banjir datang, jangan sampai sepeda motor kesayangan mereka terkena air banjir.

Tetapi jika tidak bisa lagi dihemat, langkah yang diambil adalah mengalirkan air di bagian motor. Ketika motor terendam banjir, kami sarankan untuk tidak menyalakan motor secara langsung. Ambil langkah-langkah berikut yang akan membantu sepeda motor selamat dari risiko kematian akibat banjir.

Cara Mengatasi Motor yang Terkena Banjir

Cara Mengatasi Motor yang Terkena Banjir

1. Periksa Busi

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika mengetahui motor kebanjiran adalah memeriksa busi. Busi adalah salah satu faktor penting kelistrikan pada motor. Kapan Busi terendam dalam air dengan motor otomatis tidak akan dapat memulai bahkan dapat mengakibatkan korsleting.

Karena itu hal yang harus diperiksa terlebih dahulu ketika mengetahui sepeda motor Anda terkena dampak banjir adalah pemeriksaan busi. Jika busi basah dan dingin, keringkan segera menggunakan kain bersih. Tidak hanya busi kering tetapi bagian-bagian pada mesin tempat busi juga dipastikan kering.

Setelah busi benar-benar kering dari air dan juga di mana busi kering, langkah selanjutnya adalah menempatkan busi. Pastikan saat memasang tangan busi teman otomotif juga bersih sehingga sama sekali tidak ada air di busi dan mesin.

Untuk sepeda motor dan motor sport, tidak ada kesulitan untuk melakukannya. Namun lain cerita untuk sepeda motor otomatis yang membutuhkan energi keras untuk bisa mengecek busi yang ada di mesin.

2. Periksa Karburator

Tidak disarankan untuk menyalakan motor yang jelas terkena air banjir. Langkah selanjutnya setelah busi benar-benar kering adalah memeriksa bagian karburator. Untuk teman-teman yang menggunakan sepeda motor dengan sistem injeksi, tidak perlu melakukan ini.

Karburator sepeda motor yang terpapar air dapat ditandai dengan suara mesin motor yang tidak mulus atau lebih sering disebut mberbet. Ini karena ada air di bagian karburator karena beberapa hal, salah satunya adalah karena kemungkinan banjir.

Lepaskan bagian karburator mesin lalu bersihkan menggunakan kain bersih sampai benar-benar bersih dari air. Tetapi jika Anda malas, rumit, Anda bisa cukup dengan buang air besar dari karburator dan saluran bahan bakar.

Metode yang biasa digunakan adalah dengan menutup keran selang bahan bakar yang menghubungkan tangki dengan bagian karburator. Setelah itu putar baut buang di karburator berlawanan arah jarum jam sampai macet. Maka secara otomatis air bercampur bensin akan keluar. Bahan bakar bercampur air jelas tidak bisa lagi dikonsumsi oleh motor.

3. Kuras air di knalpot

Hal berikutnya untuk berurusan dengan sepeda motor yang terkena dampak banjir adalah untuk memeriksa kondisi knalpot. Knalpot sebagai salah satu bagian dari motor yang memiliki fungsi untuk membuang udara, tentu saja tidak boleh diisi dengan air.

Karena itu langkah selanjutnya adalah mengalirkan air ke dalam muffler. Tetapi sebelum melakukan itu pastikan memang ada air di dalam pot. Jangan hanya melepaskan paket itu. Karena itu akan menghemat waktu.

Jika dipastikan knalpotnya memang terendam air maka segera lepaskan pot dan keringkan. Juga pastikan bagian yang akan ke mesin bersih dari air. Ketika motor buang telah copot, maka usahakan starter starter dengan motor kaki dalam kondisi motor mati sehingga air juga keluar.

Setelah semua dalam kondisi kering, segera masukkan kembali muffler. Namun sebalumnya oleskan minyak terlebih dahulu di semua bagian lubang agar terhindar dari karat yang disebabkan oleh air yang sebelumnya masuk.

4. Panas

Setelah semua tahapan telah dilewati untuk mengatasi motor mati terkena air maka selanjutnya adalah memanaskan motor. Untuk teman-teman otomotif yang masih memiliki model starter kaki, wajib menggunakan ini terlebih dahulu.

Namun jangan langsung di kontak. Dapat dicoba dengan 5-6 kali untuk melakukan starter kaki tanpa menyalakan mesin. Jika demikian, langkah selanjutnya adalah memulai starter sampai mesin hidup. Jika semuanya benar dan tidak ada lagi air di dalam motor, motor akan otomatis menyala dengan sangat mudah.

5. Asuransi

Meskipun sepeda motor Anda masih dalam masa asuransi yang termasuk dalam pembelian kredit sepeda motor, itu tidak dapat diklaim oleh asuransi. Nantinya biaya mesin turun karena banjir alias HAMMER AIR Tidak dapat diklaim oleh asuransi. Ini juga perlu dipahami karena masih ada pengguna yang tidak mengerti.

Itu beberapa Cara Mengatasi Motor yang Terkena Banjir siapa yang bisa kawin berlatih Otomotif jika kurang memakainya terjadi pada kuda besi kesayangan Anda. Tetapi jika teman saya merasa ragu maka kami sarankan untuk segera membawa motor ke bengkel terdekat untuk segera diberikan tindakan yang tepat. Juga perhatikan komponen lain seperti listrik karena bisa berakibat fatal jika komponen listrik pada motor sampai terkena air.

About the Author: