6 Cara Memperbaiki Busi Motor Paling mematikan Yang Paling Efektif

By | 2019-12-12T16:31:41+00:00 December 12th, 2019|Velg Mobil|

Iklan

Cara memperbaiki busi motor mati – Busi adalah komponen yang sangat penting dalam menggerakkan listrik di sepeda motor dan mobil. Apa gunanya motor jika busi yang digunakan mati, dengan busi yang mati pada motor pasti akan membuat motor tidak bisa digunakan. Berbeda dengan sepeda motor yang hanya memiliki satu busi, di dalam mobil itu sendiri setidaknya ada 2 busi sekaligus.

Ada begitu banyak hal yang menyebabkan busi pada motor menjadi mati atau rusak. Untuk satu hal, karena sering terkena air, busi yang sering terkena air inilah yang membuatnya menjadi rusak. Selain itu, usia busi yang cukup panjang juga biasanya menjadi salah satu alasan mengapa busi mati. Meskipun ada alasan lain, seperti listrik pada sepeda motor yang bermasalah, kedua hal ini adalah hal yang paling umum.

Sebenarnya untuk memperbaiki motor busi itu sendiri cukup mudah, tetapi dengan catatan busi tidak rusak parah. Busi yang memiliki fungsi untuk memercikkan api sebagai proses pembakaran tentu memiliki waktu sendiri. Karena itu jika busi motor tidak diganti untuk waktu yang lama dan tiba-tiba mati, langkah yang paling tepat adalah menggantinya dengan busi baru.

Biasanya untuk sepeda motor baru sendiri masih awet, namun ceritanya berbeda dengan sepeda motor yang sudah berumur lebih dari 5 tahun. Biasanya pada usia motor yang sudah lebih dari 5 tahun hanya akan ada komponen yang harus diganti salah satunya pada busi. Kali ini OTOMANIAC.COM akan memberikan informasi yang sangat berguna bagi sobat otomotif yang ingin memperbaiki colokan motor mati.

Cara memperbaiki busi motor mati

1. Gosok Bagian Atas Busi dengan Amplas

Usia busi yang lama pasti akan membuat busi motor terlihat kotor. Busi kotor oleh kotoran dan proses pembakaran inilah yang membuat sobat harus cekatan melakukan pembersihan. Salah satunya membersihkan bagian atas yang bisa menggunakan amplas.

Gunakan amplas untuk menggosok bagian atas busi yang kotor. Lakukan ini dalam satu arah sehingga bagian atas busi terlihat bersih dan berkilau. Setelah merasa cukup bersih, langkah selanjutnya adalah memasang busi.

2. Perbaiki posisi busi

Ada banyak alasan mengapa busi mati. Kemungkinan besar juga karena busi memiliki posisi shift dengan busi yang disebabkan oleh tekanan suatu benda. Karena itu jika Anda memiliki busi mati, Anda dapat segera memeriksa posisi busi.

3. Lakukan Pembersihan Busi

Langkah selanjutnya yang juga cukup efektif adalah membersihkan. Di mana saat ini sobat bisa melakukan sweeping pada busi secara keseluruhan. Bersihkan dengan kain bersih dan tidak basah. Selain itu, bersihkan juga posisi busi, mungkin ada benda yang menghalangi seperti kotoran.

4. Bakar Bagian Elektroda

Langkah selanjutnya adalah menyalakan elektroda. Bersihkan busi lalu bakar elektroda menggunakan api kecil. Setelah itu mungkin cukup banyak teman yang bisa mencobanya dengan diam-diam, tetapi ingat untuk tidak menaruh busi terlalu panas setelah dibakar di motor. Tunggu sampai tidak terlalu panas saat mencoba lagi.

5. Hancurkan korek api

Langkah selanjutnya adalah memecah korek api, metode ini bisa menjadi salah satu cara wajib yang harus dicoba jika keempat cara di atas dianggap gagal. Teman bisa memecahkan gelas keramik dengan menggunakan tang, obeng atau bahkan batu. Kemudian masukkan lagi ke dalam mesin, tetapi pastikan tidak ada gelas atau keramik yang pecah masuk ke mesin.

Sebelum memasang busi juga pastikan busi memang dalam kondisi bersih. Ini akan sangat berbahaya jika kondisi busi kotor karena ubin keramik yang tidak bersih. Karena itu setelah memecahkan kaca keramik pastikan kondisi busi benar-benar bersih sehingga tidak mendapatkan masalah baru karena busi kotor.

6. Yang Paling Efektif

Jika kelima metode sebelumnya tidak dapat dilakukan, cara terakhir dan paling efektif adalah mengganti busi dengan motor baru. Harga Sepeda Motor Busi sendiri cukup bervariasi tetapi kami sarankan mencari yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan teman-teman Otomotif sepeda motor Anda. Tetapi jika Anda telah mengganti busi tetapi menemukan busi baru rusak lagi, kami dapat menyimpulkan bahwa sepeda motor Anda mengalami masalah di bagian listrik.

Biasanya sepeda motor tua memang akan mendapatkan banyak masalah pada busi motor. Oleh karena itu, kami merekomendasikan kepada teman-teman pemilik sepeda motor lama untuk selalu menyediakan busi cadangan terutama bagi Anda yang bepergian jauh.

About the Author: