6 pajak Yamaha NMAX terbaru per tahun 2019

By | 2019-11-29T20:15:52+00:00 November 29th, 2019|Velg Mobil|

Iklan

Pajak Yamaha NMAX – Banyak orang memilih Yamaha NMAX sebagai kendaraan sehari-hari. Sepeda motor ini sangat nyaman untuk dikendarai, jadi jangan heran jika banyak orang yang membelinya. Selain itu, NMAX dilengkapi dengan mesin yang kuat dan desain modern yang membuatnya lebih baik daripada Maxi Scooter di kelasnya.

Soal pajak tahunan yang harus dibayar juga cukup terjangkau. Dimana pajaknya hanya sekitar 300 ribu, tergantung jenis dan tahun produksinya. Dengan pajak yang cukup terjangkau, tentu akan menghemat biaya sehingga sisanya bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pajak Yamaha NMAX, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu sejarah sepeda motor ini. Sepeda motor ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada Februari 2015. Umurnya masih sangat muda, tetapi Yamaha NMAX adalah salah satu motor Yamaha paling sukses di Indonesia.

Meskipun diserang oleh Maxi Scooters Honda, Yamaha NMAX masih menang sebagai skuter maxi terlaris di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri spesifikasi Yamaha NMAX memang menggoda. Khusus untuk NMAX terbaru yang telah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti speedometer digital, lampu LED, dan tabung kejut.

Yamaha memasarkan motor ini dalam dua tipe berbeda, yaitu tipe Non-ABS dan ABS. Harga mulai dari Rp. 27 Jutaan untuk tipe Non-ABS. Sedangkan untuk tipe ABS, harganya mencapai Rp. 31 Jutaan. Nah, harga Yamaha NMAX cukup mahal, tetapi sebanding dengan fitur dan spesifikasinya.

Dengan harga jual melebihi 27 Juta Rupiah, tentu saja pajak Yamaha NMAX tidak semurah Honda Beat yang hanya dibanderol puluhan juta rupiah. Dengan bertambahnya usia sepeda motor, pajak motor juga semakin terjangkau karena jumlah pajak dihitung berdasarkan nilai jual kendaraan.

Pajak rata-rata Yamaha NMAX per tahun adalah sekitar 300 ribu. Tetapi jumlah pajak tergantung pada jenis yang kita miliki. Pajak yang harus kita bayar juga bisa melebihi 500 ribu Rupiah jika kita dibebani dengan pajak progresif yang dihitung berdasarkan jumlah kepemilikan kendaraan bermotor atas nama pribadi.

Jika tidak dikenakan pajak progresif, kami percaya bahwa pajak Yamaha NMAX tidak akan mencapai 400 ribu Rupiah. Tetapi berita buruknya adalah bagi mereka yang membeli NMAX pada Desember 2019 akan ada kenaikan pajak kendaraan bermotor karena perubahan tarif pajak BBNKB (Biaya Transfer Kendaraan Bermotor), sebesar 12,5%.

Kenaikan BBNKB (Transfer Fee Kendaraan Bermotor) tidak hanya berlaku untuk wilayah Jakarta, karena beberapa daerah juga menaikkan tarif BBNKB. Itu berarti pajak Yamaha NMAX yang harus dibayar akan jauh lebih mahal daripada tahun-tahun sebelumnya, yang jumlahnya tidak sampai 400 ribu Rupiah.

Sekarang untuk mengetahui berapa pajak sepeda motor NMAX, silakan lihat daftar di bawah ini. Tetapi Anda perlu ingat, bahwa pajak yang kami kirimkan dapat berbeda di setiap wilayah dan tergantung pada pajak progresif dari masing-masing pemilik NMAX.

Pajak Yamaha NMAX

MENGETIK TAHUN NJKB PKB KEY
NMAX Non-ABS 2016 18.300.000 274.500
ABS NMAX 2016 21.800.000 327.000
NMAX Non-ABS 2017 19.400.000 291.000
ABS NMAX 2017 23.000.000 345.000
NMAX Non-ABS 2018 19.500.000 292.500
ABS NMAX 2018 23.100.000 346.500

Daftar pajak di atas dapat menjadi ilustrasi sebelum Anda membeli Yamaha NMAX bekas. Saat membeli NMAX baru, pajaknya lebih mahal. Apalagi dengan kenaikan BBNKB dapat membuat pajak motor tahunan melebihi 500 ribu Rupiah.

Bagi mereka yang tidak peduli dengan jumlah pajak sepeda motor yang dibeli, Yamaha NMAX adalah pilihan yang paling tepat. Pasalnya motor ini menawarkan paket lengkap yang memadukan kenyamanan dan kecanggihan teknologi. Dari segi kinerja juga bisa diandalkan, karena telah ditenagai oleh mesin teknologi VVA dengan kapasitas 155cc.

Hingga saat ini mesin Maxi Scooter Yamaha memiliki performa di atas mesin sepeda motor Honda. Ini adalah salah satu kelebihan yang akan Anda dapatkan jika Anda membeli sepeda motor ini. Tenaga yang dihasilkan oleh NMAX adalah 11,1 kW dan torsi menembus 14,4 Nm.

Berbekal tenaga dan torsi yang besar, maka jangan heran jika Yamaha NMAX mampu berakselerasi dengan sangat cepat. Selain itu, Yamaha telah mengoptimalkannya dengan teknologi VVA yang membuat output daya dan torsi lebih merata di setiap putaran mesin NMAX yang digerakkan melalui sistem CVT.

Nah setelah mengetahui jumlah pajak NMAX per tahun, sekarang sobat bisa memutuskan apakah akan membeli motor ini atau tidak. Semoga informasi otomaniac.com apa yang kami katakan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang berencana membeli sepeda motor NMAX.

About the Author: