All-electric Ford Mustang 1400 Cobra Jet menantang pemegang rekor NHRA di Amerika Serikat Dragstrip TheGasPol.com

By | 2020-09-09T13:48:55+00:00 September 9th, 2020|Velg Mobil|

Komunitas NHRA (National Hot Rod Association) pengelola drag race di Amerika Serikat (AS) cukup dikejutkan dengan kemampuan All Electric Ford Mustang 1400 Cobra Jet saat berpameran di National Championship di Lucas Oil Dragstrip, Indianapolis, AS. . Pasalnya, mobil balap listrik hasil kreasi Ford Performance hadir untuk menantang Ford Mustang Cobra Jet V8 yang memegang rekor waktu tercepat di NHRA Factory Stock.

Berbekal motor listrik setara 1.400 hp yang diminta menggerakkan roda, All Electric Ford Mustang 1400 Cobra Jet yang dikemudikan Bob Tasca, pembalap Funny Car di NHRA itu mengambil antrean di jalur sebelah kanan. Sementara itu, Ford Mustang Cobra Jet konvensional dengan sumber landasan 5.200 cc V8 yang dikemudikan mantan pembalap Funny Car NHRA Tony Pedregon berada di jalur kiri pada jarak seperempat mil atau 402 meter.

Saat pre-stage dan lampu panggung menyala, raungan rpm yang telah dibatasi oleh sistem kendali peluncuran terdengar lantang dari mesin V8 5,2 liter dari Pedregon. Sementara Cobra Jet elektrik Tasca terdengar senyap, setidaknya itulah yang kami lihat di akun NHRA lokal dan YouTube Nasional TVB selama pameran ini.

Setelah lampu hijau berkedip pertanda kedua mobil boleh berakselerasi, Tasca dengan Cobra Jet elektrik memulainya terlebih dahulu dengan wheelie mengangkat moncong depannya akibat muntahan torsi hampir 1.500 Nm yang keluar seketika dari motor listrik . Sementara itu, Pederegon tampil lebih mulus dalam mengawali pameran di dragstrip Lucas Oil.

Faktanya, Mustang Cobra Jet listrik finish di belakang V8 5,2 liter, tetapi jaraknya cukup dekat. Sementara Mustang Cobra Jet V8 5,2 liter mencatatkan waktu 8,797 detik pada 158,26 mph, versi listrik mengejar dengan catatan waktu 8,826 detik pada 158,81 mph.

Padahal sebelumnya pada uji independent, All Electric Ford Mustang 1400 Cobra Jet memiliki waktu tercepat 8,27 detik pada 168 mph. Sedangkan versi konvensional dari V8 5.2 liter pernah membukukan waktu 7,7 detik pada 176 mph yang menjadikannya pemegang rekor Stock Pabrik NHRA tercepat hingga saat ini.

Mobil bermesin listrik kini mulai diterima oleh komunitas NHRA. Dilansir dari The Detroit Times, punggawa NHRA, Chief Ford Performance, Mark Rushbrook mengatakan, Ford dan NHRA sedang mencari kesepakatan untuk membawa mobil drag elektrik ke lintasan nasional Drag Race AS.

"Saat ini pihak NHRA sedang mempertimbangkan untuk membuka kelas balap baru khusus listrik sebagai bagian dari kompetisi nasional. Bahkan pihak NHRA juga akan mengimbau pabrikan lain untuk duduk bersama membahas regulasi tersebut," kata Rushbrook.

About the Author: