Area Lintas Monas Akan Menjadi Lintasan Balap Formula E TheGasPol.com

By | 2019-07-15T13:51:35+00:00 July 15th, 2019|Velg Mobil|

Rencana menggelar balap Formula E tahun depan telah dipanggil oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Melalui pos di akun media sosial Instagram, Anies mengatakan bahwa penyelenggara Formula E telah setuju untuk mengadakan seri pada tahun 2020 di Jakarta.

Sesuai dengan foto-foto yang terungkap selama pertemuan antara Anies Baswedan dan para pendiri dan pejabat Formula E di New York, akhir pekan lalu, terlihat bahwa jalur penyeberangan Monas kemungkinan akan menjadi trek balap Formula Listrik. Ini digaungkan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, yang menyatakan hal ini.

"Ada dua rute alternatif yang akan menjadi trek Formula E 2020 di Jakarta. Dua alternatif itu dipilih oleh penyelenggara Formula E dari lima rute yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta." Pada 8 Juli, panitia telah datang dan telah melakukan track survey yang akan digunakan untuk Formula E. Kemarin, ada dua alternatif yang diambil dari penyelenggara, "kata Syafrin kepada Kompas.

Secara lengkap, kata Syafrin, rute pertama, yaitu Monas Silang Tenggara (di belakang Stasiun Gambir) – Jalan MI Ridwan Rais – belok di Tugu Tani – kembali ke Jalan MI Ridwan Rais – Jalan Medan Merdeka Selatan – belok kembali di depan Wisma Antara – kembali ke "Jalan Medan Merdeka Selatan – Silang Tenggara Monas." Yang pertama akan menjadi pemberhentian di Monas, di belakangnya Stasiun Gambir, "katanya.

Sedangkan rute kedua, yaitu Palang Monas Selatan (sebagai pit-stop) – Jalan Medan Merdeka Selatan – di belakang Stasiun Gambir – Jalan MI Ridwan Rais – belok kanan ke Jalan Medan Merdeka Selatan – Air Mancur Monas Selatan – Bundaran Silang. "Tapi di Merdeka Selatan dengan Ridwan Rais dari utara tidak ada bukaan, jadi perlu membuka jalur di sana," kata Syafrin.

Hingga saat ini belum ada keputusan resmi rute mana yang akan dilalui. Namun, mengingat perlombaan Formula Electric menggunakan lintasan jalan raya, sudah sepatutnya bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mulai membuat persiapan mulai dari sekarang sampai waktu bagi Jakarta untuk mengadakan kompetisi balap Formula bergengsi tahun depan.

About the Author: