Work Wheels Official

Kampas rem adalah pelat yang digesekkan ke cakram rem saat rem diinjak, sehingga kecepatan mobil melambat. Saat Anda menginjak rem, silinder master rem menyalurkan minyak rem bertekanan tinggi ke kaliper rem. Setelah itu kaliper rem akan menekan bantalan rem untuk bergesekan dengannya discbrake dan memperlambat kecepatan mobil. Seiring waktu, bantalan rem Anda akan menjadi lebih tipis dan aus. Secara umum, bantalan rem mobil disarankan diganti setiap 30.000 – 35.000 km. Pengereman yang baik adalah suatu keharusan bagi sebuah kendaraan. Untuk mendapatkannya, kondisi komponen sistem rem harus optimal. Salah satunya adalah kampas rem yang memiliki peran vital. Bantalan rem dibutuhkan untuk membantu pengereman kendaraan. Ada dua jenis sistem rem yang biasa digunakan pada mobil, yaitu rem tromol dan rem cakram.

Rem tromol

Rem tromol adalah jenis rem lama. Dalam sistem ini, kampas rem terletak di sepatu rem. Ini adalah komponen melingkar yang terdiri dari dua sepatu setengah lingkaran. Saat pedal rem ditekan, bantalan rem akan terdorong keluar. Bantalan rem terbuka lebar sehingga bergesekan dengan mangkuk rumah drum. Gesekan ini akhirnya bisa membuat mobil berhenti.

Rem cakram

Pada sistem ini, bantalan rem berfungsi menekan cakram untuk memberikan gesekan. Hal itulah yang akan menghentikan atau mengurangi kecepatan kendaraan. Karena berperan vital, kondisi kanvas harus selalu optimal. Saat rem terasa terlalu dalam, bantalan rem mungkin menipis. Selain itu, tidak boleh ada suara bising yang muncul saat pengereman. Begitu juga dengan adanya getaran saat pedal rem ditekan. Namun, selain dalam kondisi prima, material kampas rem juga harus bagus agar bisa berperan vital dalam sistem pengereman. Oleh karena itu, memahami berbagai jenis kampas rem akan sangat berguna dalam menentukan pilihan.

Berikut ini adalah jenis-jenis bantalan rem yang beredar di pasaran.

Sepatu Rem Organik

Sering disebut bantalan rem non-logam, mereka dibuat dari berbagai bahan berbeda yang dicampur bersama. Biasanya bahan tersebut terdiri dari campuran karet, kaca, karbon, resin, dan bahan lainnya. Bantalan rem organik adalah jenis bantalan rem yang paling lembut. Pengereman kanvas ini lebih lembut dan lebih tenang. Tidak hanya itu, kampas cakram juga bisa digenggam dengan baik. Karenanya, kampas rem ini cocok untuk kendaraan sehari-hari. Namun, bantalan rem organik lebih cepat aus dibandingkan jenis bantalan rem lainnya. Selain itu, diperlukan temperatur panas tertentu untuk performa yang maksimal. Namun, jika terlalu panas, ada kemungkinan bantalan rem Anda akan kehilangan gesekan.

Kampas Rem Semi Metalik

Bantalan rem ini terbuat dari logam atau besi, tembaga, dan dilapisi grafit untuk pelumasan. Komposisinya bervariasi, tergantung merek yang dipilih. Berbeda dengan kampas rem organik, kampas rem semi metalik tidak membutuhkan suhu tertentu agar bisa bekerja maksimal. Karenanya, kanvas ini sering digunakan pada kendaraan off-road. Kampas rem jenis ini memiliki kemampuan pendinginan rotor yang cukup baik. Namun, suara pengereman yang dihasilkan bisa lebih keras. Selain itu, gesekan pada drum juga bisa menipis. Padahal, kampas rem tersebut meninggalkan residu dan debu yang bisa mengganggu. Namun, dibandingkan bantalan rem organik, bantalan rem semi metalik lebih cocok untuk kendaraan berperforma tinggi. Harganya pun cenderung lebih mahal.

Sepatu Rem Keramik

Sesuai dengan namanya, bahan kampas rem ini berasal dari bahan keramik. Itulah yang memberikan keuntungan tersendiri. Dibandingkan jenis bantalan rem lainnya, bantalan rem keramik memiliki ketahanan yang tinggi terhadap suhu panas. Saat Anda menekan pedal rem berulang kali, bantalan rem akan tetap berfungsi maksimal. Tidak ada kemungkinan kehilangan performa bahkan saat digunakan untuk pengereman terus menerus. Tak heran, mobil sport kerap memakainya. Bantalan rem keramik juga cenderung lebih senyap. Tidak ada residu yang tersisa. Karena berbagai kelebihan tersebut, kampas rem jenis ini menjadi yang paling mahal. Peran penting rem dan cara kerjanya sudah diketahui dengan baik. Sekarang tinggal memutuskan jenis kampas rem mana yang ingin Anda pilih. Pilih saja sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia.

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020