Body Honda Civic EF K Swap Luar Biasa Bekerja TheGasPol.com

By | 2020-10-14T12:14:33+00:00 October 14th, 2020|Velg Mobil|

Popularitas Honda Civic EG atau yang dikenal dengan Civic Estilo SR3 di Indonesia terus melejit di dunia, membuat pendahulunya atau kakak laki-lakinya, Honda Civic EF yang dikenal dengan Civic Nouva SH3 di Indonesia sedikit terlupakan. Padahal hatchback yang sama-sama memiliki dua pintu ini tetap berpotensi untuk dimodifikasi.

Hal inilah yang kemudian menginspirasi Jacky Suwandi, seorang hobbyist yang memodifikasi akun Instagram dan YouTube @pengepul_mobil untuk membangun Honda Civic EF yang berbeda dari yang lain. Ia berkolaborasi dengan Mus Tjahyono, seorang desainer atau konseptor Warga Negara Indonesia (WNI) asal West Coast Custom, Amerika Serikat kelahiran Surabaya.

Kolaborasi keduanya adalah membuat paket wide body kit untuk hatchback Honda Civic Nouva (EF) atau Civic generasi keempat yang diedarkan pada 1987-1991. Paket tersebut terdiri dari bemper depan, bibir depan, spatbor depan lebar, side skirts, spatbor belakang berbadan lebar, dan bemper belakang dengan diffuser.

“Kami melihat Civic EF sebagai salah satu model hatchback Honda yang terlupakan sejak Civic EG (Estilo), padahal EF berpotensi sebagai bahan modifikasi. Jadi kami juga ingin membuktikan bahwa dengan widebody kit ini Civic Nouva juga bisa tampil keren, ”ujar Musa Tjahjono, lulusan universitas bergengsi bidang desain Art Center College Design Pasadena di California, Amerika Serikat.

Civic EF di beberapa negara barat dianggap sebagai salah satu model legendaris Honda yang menjadi incaran para pemain modifikasi dan balap. Mobil ini dianggap salah satu yang terbaik dari segi desain, bobot ringan, dan konstruksi kaki-kaki tangguh.

“Saya senang bisa berkolaborasi dengan Musa Tjahjono. Karena biasanya dia membuat konsep desain untuk artis dan film Hollywood, tapi kali ini dia bisa mendesain untuk mobil ini,” kata Kolektor Mobil Jacky.

Desain kit berbadan lebar ini terinspirasi dari mobil balap DTM (Deutsche Tourenwagen Masters) atau balapan mobil touring di Jerman. “Saya kira mobil DTM punya body kit dengan garis tegas yang juga bisa diaplikasikan pada Civic EF yang boxy, sehingga aerodinamisnya jadi lebih baik,” jelas Musa.

Masalah aerodinamis ini sangat penting bagi keduanya. Pasalnya, di balik kap mesin Civic EF Jacky, sudah ada motor 2,4 liter yang berasal dari mesin Honda K24 milik Honda Accord. Tentunya, hatchback dua pintu ini mengedepankan performa dan aerodinamis.

Proses pembuatan kit berbadan lebar ini menggunakan teknologi cetak 3D untuk mendapatkan tingkat ketelitian yang tinggi saat dipasang pada sebuah mobil. Di mana ada ribuan keping kit berbadan lebar yang disatukan sebelum dicetak menjadi bentuk jadi. Teknologi cetak 3D ini membutuhkan waktu pengerjaan yang relatif cepat, terbukti hanya dalam waktu 1 bulan untuk konsep widebody kit Civic Nouva EF selesai.

Kit berbadan lebar berlabel MusaArtWork ini akan diproduksi secara eksklusif dan dipasarkan ke seluruh dunia dan bekerja seluruhnya di dalam negeri. Sistem pembeliannya melalui pre-order melalui pesan langsung Instagram ke akun @pengepul_mobil. Paket tersebut dijual seharga US $ 2.500 belum termasuk pengecatan dan pemasangan.

About the Author: