Work Wheels Official

Ban memiliki peran besar dalam mencegah kendaraan tergelincir di segala situasi, baik kering maupun basah. Karenanya, kondisi ban harus dalam kondisi optimal. Misalkan ban adalah nyawa kita saat berkendara.

Dalam teknik pengendalian kendaraan, keempat ban tersebut harus responsif terhadap pengendalian dan cengkeraman mobil di segala kondisi jalan raya. Pada situasi aquaplaning misalnya dimana mobil terangkat dan kehilangan kendali sesaat saat melintasi genangan air, ban berperan penting saat ban kembali menghantam permukaan jalan sehingga pengemudi dapat segera mengendalikan kendaraan.

Apakah cukup hanya tekanan angin dan ketebalan tapak yang tersisa untuk menjawabnya?

Hingga saat ini banyak orang yang salah paham dengan ban mobil yang digunakan saat melaju di musim hujan. Alih-alih memastikan tekanan ban sesuai anjuran, banyak orang justru menguranginya dengan harapan tapak ban bisa lebih menempel di permukaan jalan sehingga pengereman lebih baik. Perhatikan gambar berikut ini:

Padahal, pada saat tekanan ban di bawah anjuran, terjadi struktur berbentuk W yang bagian tengah tapaknya tidak menyentuh permukaan jalan. Sebaliknya, ketika ban diberi tekanan udara yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan, tapak ban membentuk struktur U dimana hanya bagian tengah ban yang menyentuh jalan. Mereka juga tidak memberikan traksi ban maksimal yang dibutuhkan saat mobil melintasi genangan air.

Apakah hanya tekanan angin dan sisa ketebalan tapak yang mempengaruhi pengereman, terutama saat jalan basah dan tergenang air? Penting untuk diingat bahwa dari semua komponen mobil, hanya ban yang bersentuhan langsung dengan jalan raya.

Menurut Goodyear, pada beberapa teknologi ban, tim pengembang dan peneliti telah mempelajari kasus pengereman ini, mengacu pada upaya pelebaran penampang ban dan pengolahan senyawa yang digunakan pada karet serta bentuk pengembangan ban.

Tapak ban memiliki blok bahu bagian luar dan dalam yang lebih lebar sehingga membuat ban semakin sempurna saat berbelok. Sementara desain cakar elang berkontribusi untuk mendistribusikan tekanan beban secara merata di area kontak jalan, menjaga kestabilan ban selama pengereman dan manuver belok.

Kemudian celah empat baris tersebut memanjang lebih lebar dari produk sejenis, selain berfungsi sebagai tali air, juga membuat ban lebih lebar saat menapak. Dengan demikian tekanan lebih rata dan lebih mengotak sehingga ban menjadi lebih efektif saat pengereman.

Sedangkan silika yang tercampur ke dalam senyawa dan penambahan matriks polimer meningkatkan reaksi kimia dan pencampuran dalam senyawa. Sehingga hal ini menghasilkan performa pelengketan karet yang lebih optimal, yang dibutuhkan saat melakukan pengereman saat kendaraan bermanuver dalam kondisi kering dan terutama saat kendaraan harus melaju di permukaan jalan yang basah.

Konsumen kini semakin memiliki pilihan yang beragam. Kesadaran akan keselamatan dan menempatkannya sebagai prioritas utama dari setiap pilihan akan berujung pada kemampuan memilih ban terlengkap untuk menunjang keselamatan selama perjalanan.

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020