Cegah Paparan COVID-19, Pastikan Kabin Mobil TheGasPol.com Bersih dan Sehat

By | 2020-03-20T18:25:52+00:00 March 20th, 2020|Velg Mobil|

Di tengah situasi wabah virus Corona atau COVID-19 yang semakin menambah jumlah orang yang terkena, kebersihan kini menjadi konsentrasi utama orang-orang agar tidak terpajan COVID-19. Kabin mobil adalah salah satu hal yang harus menjadi perhatian pengemudi mobil agar kebersihannya selalu terjaga.

Selain membersihkan kabin menggunakan cairan desinfektan khusus yang tidak merusak komponen interior, sistem pendingin udara atau Air Conditioning (AC) juga harus dijaga kebersihannya. Salah satunya dengan melakukan ozoning dan fogging atau penguapan menggunakan cairan khusus yang mengandung desinfektan untuk membasmi bakteri yang ada di sistem AC dan kabin.

Cairan ozon diumpankan menggunakan mesin khusus ke AC blower dan evaporator

Lalu seberapa banyak yang diperlukan dan efektif untuk melakukan perawatan ini sehingga kondisi kabin tetap bersih dan jauh dari bakteri yang mengancam? Djani, Service Advisor Rotary AC Bintaro mengatakan bahwa ozoning dan fogging cukup penting dilakukan di tengah pecahnya COVID-19 yang mulai menyebar sebagai langkah untuk mengantisipasi pemaparan kabin mobil dari bakteri jahat yang berpotensi merusak kesehatan.

"Proses ozoning dan fogging kami menggunakan obat-obatan khusus yang mengandung desinfektan untuk membunuh bakteri dan membersihkan sistem pendingin udara dari kotoran atau partikel debu yang menempel. Sirkulasi otomatis pendingin udara di kabin menjadi lebih bersih dan lebih sehat," kata Djani di tempat kerjanya, Rotary AC, Jl. RC Veteran No. 1A, Tanah Kusir, Bintaro.

Fogging menggunakan obat-obatan yang mengandung desinfektan dan peralatan penguapan khusus untuk membersihkan bakteri di kabin

Djani menambahkan, ozoning dan fogging harus dilakukan secara rutin untuk memastikan kabin tetap bersih dan sehat. "Untuk ozoning, itu harus dilakukan setidaknya sebulan sekali, sedangkan fogging dilakukan setidaknya setiap dua bulan," kata Djani.

Proses ozon dengan cairan yang ditiupkan langsung ke kipas peniup dan evaporator diyakini mampu membersihkan kedua partikel debu, dan kotoran yang melekat pada sistem AC. Sementara proses fogging dengan cairan khusus yang mengandung desinfektan sebanyak 100 ml diklaim dapat membunuh bakteri jahat di kabin hingga di sela-sela bagian tangan yang sulit dijangkau.

Hasil penguapan atau desinfektan cairan penguapan yang bisa menembus kabin hingga sudut terkecil

Sebagai biaya untuk mengganti layanan dan obat-obatan yang digunakan, Rotary AC Bintaro menjualnya dengan harga yang cukup terjangkau. Proses ozoning dikenakan tarif Rp 150 ribu per mobil, sementara proses fogging juga dibanderol dengan biaya setara dengan Rp 150 ribu.

Selain menjalankan dua proses di atas, sebagai prosedur permanen Rotary Bintaro AC juga memeriksa sistem dan kendaraan AC secara gratis sebagai bentuk layanan kepada konsumen.

Cairan khusus mengandung desinfektan yang berfungsi membasmi bakteri

Langkah ini juga dapat dilakukan di tempat lain selama Anda dapat memastikan bahwa penyedia layanan menggunakan obat-obatan yang mengandung desinfektan yang aman dan aman untuk komponen di dalam kabin.

About the Author: