Work Wheels Official

Kaki-kaki merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Tugasnya adalah memberikan kenyamanan berkendara.

Meski begitu, bagian ini juga merupakan komponen yang paling rapuh karena terus bergerak selama kendaraan berjalan. Apalagi saat kendaraan menabrak lubang, menabrak speedtrap atau perangkap kecepatan, dan melibas jalan yang rusak.

Semakin sering mobil melewati jalan rusak atau berlubang, maka akan semakin cepat mogok. Ketahanan kaki-kaki mobil sangat dipengaruhi oleh gaya berkendara pemilik mobil.

Kami akan coba membeberkan 8 ciri kaki mobil yang sudah mulai jebol. Ciri-ciri tersebut dapat dijadikan sebagai panduan atau panduan untuk memperbaiki mobil Carmudian di masa yang akan datang.

Ciri-ciri kaki-kaki mobil rusak

Salah satu ciri yang paling mudah dirasakan saat kaki-kaki mobil rusak adalah setir bergetar. Saat diam atau berjalan, roda kemudi bergetar lebih dari biasanya.

Jika Anda pernah mengalami gejala seperti ini, ada baiknya segera memeriksakan diri. Karena jika delay biasanya kerusakan akan merambat ke bagian lain.

Untuk mengetahui lingkar kemudi yang bergetar ini pasti dirasakan saat jalan lurus dan mulus. Karena jika di jalan bergelombang biasanya gejalanya akan berkurang.

Ciri kedua yang bisa dilihat adalah ban depan yang terlihat tidak lurus. Biasanya jika kaki-kaki sudah mulai rusak ban depan akan terlihat menyamping atau miring kedua ban.

Cara melihatnya dengan melihat dari depan mobil ke arah mobil. Lihat saja posisi berdiri mobil, apakah masih lurus atau ban depan agak miring ke samping.

Antara ban depan kiri dan kanan biasanya terlihat agak miring saat diam. Jika Carmudian telah memperhatikan salah satu dari gejala ini, ada baiknya untuk segera memeriksa kakinya.

Karena kaki merupakan komponen yang cukup vital. Kalau rusak di jalan bisa langsung pecah dan cukup merepotkan pastinya.

Yang dimaksud dengan tapak ban miring adalah kontur tapak ban yang berbeda. Misalnya, pada ban, tapaknya tampak aus di sisi kanan atau kiri saja.

Ini bisa jadi pertanda mobil sudah mulai mogok. Hal seperti ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena lama kelamaan akan membuat ban menjadi aus. Efeknya permukaan tapak ban akan tidak rata. Tentunya hal ini berbahaya bagi pemilik mobil, apalagi saat berkendara dalam kondisi hujan, ban akan menjadi licin.

Pernahkah Anda mengalami atau melihat tapak ban mobil yang habis tidak merata? Mungkin kaki-kaki mobilnya bermasalah, Carmudian!

Fitur lain yang mudah dikenali dari kaki yang rusak adalah suaranya. Jika Carmudian mendengar suara seperti tek-tek atau keok-kletek di roda, pasti curiga, nih!

Karena adanya suara-suara tersebut menandakan ada yang tidak beres. Kaki yang baik sebenarnya tidak mengeluarkan suara dan suara yang aneh.

Jika berbunyi, berarti kondisi kakinya cukup parah. Bunyi ini bisa disebabkan oleh komponen kaki-kaki yang harus diganti. Selain itu, suara jeduk juga bisa menjadi pertanda. Biasanya suara jeduk yang dihasilkan sokbreker ini mulai melemah.

Efeknya bantingan menjadi lebih keras dari biasanya. Jika sudah begini, siapkan dana untuk mengganti shock absorber baru agar menjadi lebih empuk kembali.

Gejala kaki mobil yang rusak selanjutnya adalah setir yang tidak lurus. Biasanya gejala ini bisa dirasakan saat mobil berjalan. Jika Anda merasa setir berjalan ke kanan atau ke kiri, sebaiknya coba lakukan spooring terlebih dahulu. Bengkel spooring yang baik biasanya akan mengetahui apakah kaki-kaki mobil dalam kondisi buruk.

Biasanya mereka tidak mau menerima spooring untuk mobil yang kakinya patah. Tapi bengkel seperti ini cukup jarang. Biasanya banyak bengkel spooring yang hanya melakukan spooring. Namun jarang memberikan informasi tentang kondisi kaki.

Bengkelnya juga harus lebih informatif dalam memberikan info tentang kaki-kaki. Tujuannya agar konsumen mengetahui kondisi kakinya.

Jika spooring sudah dilakukan, tidak ada perubahan, maka Carmudian wajib memeriksa kaki-kakinya. Coba spooring dulu, kalau masih tidak berubah maka perbaiki kaki-kakinya.

Rem yang tidak nyaman saat diinjak juga bisa menandakan karakteristik kaki-kaki yang mulai patah. Ini mungkin merupakan tanda kerusakan pada kaki.

Saat melakukan pengereman, roda kemudi biasanya berjalan sedikit ke kanan atau ke kiri. Hal ini jelas membuat pengemudi tidak nyaman dan cukup berbahaya bagi dirinya dan orang lain. Kalau biasanya rem bisa dilakukan dengan mudah, tiba-tiba ini terasa agak kendor juga bisa menjadi ciri khas lainnya. Coba segera periksa rem dan kaki-kaki apakah Carmudian sudah merasakan gejala-gejala tersebut.

Rem bukanlah sesuatu yang bisa dikompromikan. Karena rem menyangkut keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Lebih baik mengeluarkan uang untuk memperbaiki rem daripada mobil rusak karena tidak bisa mengerem atau paling parah bisa kehilangan nyawa.

  • Mengejutkan dengan Kecepatan Tinggi

Gejala lain yang bisa dirasakan saat kaki-kaki mobil mulai patah adalah pada kecepatan tinggi. Kadang di kecepatan rendah tidak terasa apa-apa.

Tapi ketika Anda berada di kecepatan tinggi di jalan raya, maka Anda merasakan gejalanya. Ada yang merasa setir belok kiri atau kanan, setir bergetar, atau bisa juga goyah. Gejala seperti ini merupakan tanda bahwa kaki-kaki mobil sudah mulai patah. Untuk kecepatan tinggi, biasanya akan mulai terasa saat mobil melaju di atas 80 km/jam atau lebih.

Jika Anda mengalami hal ini, coba kurangi kecepatannya. Lebih baik mencintai kehidupan daripada memaksanya berjalan dengan kecepatan tinggi.

Ciri terakhir yang bisa dilihat adalah mobil menjadi lebih sulit dikendalikan. Biasanya gejala ini bisa dirasakan pada kecepatan rendah atau kecepatan tinggi.

Jika pada kecepatan rendah sulit dikendalikan, cobalah untuk tidak menambah kecepatan. Karena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain jika tidak bisa mengendalikannya.

Komponen Kaki yang Umumnya Rusak

Biasanya komponen yang mengalami kerusakan pada kaki-kaki mobil adalah sebagai berikut;

  • Batang dasi
  • sambungan bola
  • Batang dasi panjang
  • Bos
  • bantalan
  • peredam kejut
  • Per
  • Tautan stabil

Beberapa komponen di atas merupakan komponen yang harus dicek pada bagian kaki-kaki. Jangan khawatir, biasanya Anda tidak memerlukan semua perbaikan pada bagian kaki-kakinya.

Komponen yang rusak dapat diganti sebagian, atau hanya yang rusak saja yang diganti. Namun jika memiliki dana lebih, akan lebih baik jika semuanya diganti. Selain lebih awet, kenyamanan berkendara juga menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Usahakan untuk memperbaiki kaki terlebih dahulu sebelum melakukan spooring karena semuanya akan percuma jika kaki masih bermasalah.

Itu karena sama saja membuang uang untuk spooring tapi hasilnya tetap sama. Yuk, cek ciri-ciri kaki mobil yang rusak ada di mobil kamu?

Editor: Dodi.as

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020