Work Wheels Official


Daihatsu GranMax yang kita kenal di Indonesia kembali bertransformasi dengan mengusung identitas Mazda Bongo. Sebelumnya, Daihatsu GranMax juga dipasarkan di Jepang dengan nama Toyota TownAce dan LiteAce.

Kali ini giliran Mazda yang menggunakan model Bongo dengan basis Daihatsu GranMax besutan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sunter, Jakarta. Mazda Bongo dibuat dan hanya dipasarkan untuk domestik Jepang serta Toyota TownAce dan LiteAce.

Meski mengusung basis yang sama, namun spesifikasi dan standar keselamatan memiliki perbedaan sesuai regulasi negara tujuan ekspor. Untuk Jepang, Mazda Bongo menggunakan mesin 1,5 liter dengan transmisi manual 4 percepatan dan otomatis 5 percepatan serta penggerak belakang (RWD) dan 4WD.

Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra mengungkapkan, di Jepang Daihatsu dan Mazda sudah menjalin kerja sama. Mazda menjual produk Daihatsu dengan merek Mazda di Jepang.

Saat ini, PT ADM terlibat dalam produksi Mazda Bongo berbasis Daihatsu Gran Max untuk diekspor. Dari segi dimensi, Mazda Bongo memiliki dimensi panjang 4.065 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 1.930 mm mirip dengan Dahatsu GranMax yang dijual di Indonesia.

Desain mobil ini menonjolkan model van boxy atau boxy dengan pintu geser di bagian belakang. Haluan dilengkapi dengan lampu LED, memiliki spion kecil hitam di kap depan untuk membantu parkir.

Leave a Reply