Work Wheels Official

Nissan berpartisipasi dalam balapan paling ekstrim dan terpanjang di dunia dalam debutnya di perlombaan internasional. Itu tidak hanya mengejutkan penggemar dengan melampaui garis finish – tetapi juga dengan menang di kelas mereka.

Alkisah pada tahun 1958, Nissan memasuki balapan internasional pertamanya di Australian Rally (nama resmi: 1958 Around Australia Mobilgas Trial), yang diadakan pada 20 Agustus hingga 7 September. Kontes ini adalah kontes dengan rute terpanjang di dunia pada saat itu, di mana daya tahan mesin diuji oleh rute sepanjang 16.000 kilometer yang mengelilingi benua Australia dalam arah searah jarum jam.

Perlombaan dimulai dari Sydney, dan peserta akan kembali melalui Sydney ke Melbourne untuk mengakhiri tes ketahanan. Rute balapan ini dirancang untuk menguji mobil dan pengemudi hingga daya tahan maksimum. Oleh karena itu, penyelenggara acara melarang siapa pun selain kru untuk menangani mobil, dan menyegel semua mesin utama dan komponen transmisi, sehingga jika mobil ditemukan dalam kondisi berbahaya, mobil segera dihilangkan dari acara tersebut.

Untuk memberikan deskripsi terperinci tentang balapan, hanya ada satu jalan memutar kontroversial melalui dua kota pesisir, Jurien Bay dan Green Head. Rute ini memaksa peserta untuk mengambil 1 meter bukit pasir, rawa, dan perairan berbahaya. Sesuai dengan peraturan, semua pengemudi harus memiliki alat pemadam api, kotak P3K, dan persediaan makanan dan minuman selama 1 minggu.

Di akhir lomba yang menyebabkan cedera dan cedera, patah tulang, bahkan kematian – hanya 36 dari 67 mobil yang berhasil menyelesaikan lomba. Dunia balap pada saat itu dikejutkan oleh partisipasi Nissan, diwakili oleh Datsun 1000 Sedan (model 210) yang memenangkan balapan di kelasnya (Kelas A untuk kendaraan 1 liter atau kurang).

Datsun 1000 Sedan 210 pada tahun 1957 adalah Datsun baru semua terakhir sebelum peluncuran Bluebird. Mobil ini dilengkapi dengan mesin OHV 1 liter pertama Nissan yang baru dikembangkan untuk meningkatkan kinerja kecepatan. Saat itu, para teknisi memikirkan masa depan ekspor yang penuh peluang, mereka juga menambahkan fitur-fitur lain seperti kaca lengkung ke kaca depan. Dalam Percobaan Mobilgas (Putaran Australia), mobil yang memenangkan Kelas A disebut "Fuji", yang kemudian bergabung dengan 210 lainnya bernama "Sakura", yang berada di urutan keempat.

Ketenaran yang datang dari seluruh penjuru dunia setelah mengikuti balapan dimulai dengan keberanian Nissan untuk menjawab tantangan ekstrem dari balapan internasional pertama Nissan. Mereka juga berhasil mencapai tujuan mereka pada saat itu "membuktikan kualitas dan ketahanan mobil Nissan ke pasar internasional." Ini memberi Nissan dorongan besar dalam mengekspor model-model ini ke Amerika, Asia dan Oseania.

Perlombaan tidak pernah dilanjutkan setelah 1958 karena terlalu berbahaya, tetapi kemenangan Nissan tetap tercatat dalam sejarah. Saat ini, dua unit "Fuji" dan "Sakura" masih disimpan dengan rapi di Nissan Heritage Museum of Japan untuk diabadikan dan disaksikan langsung oleh pengunjung museum.

Leave a Reply