Work Wheels Official

Pembelian mobil secara tunai sekarang meningkat di tengah pandemi Covid-19

Tingkat Pembelian Kas Mobil Meningkat – Di tengah-tengah pandemi Covid-19, tampaknya hal itu telah memicu perubahan dalam cara konsumen membeli mobil. Ini diketahui dari beberapa pihak APM yang mulai mencatat bahwa ada peningkatan pembelian tunai. Salah satunya adalah PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Di mana, dijelaskan secara rinci oleh Hendrayadi Lastiyoso sebagai Kepala Divisi Pemasaran dan CR Astra International Daihatsu Sales Operation bahwa sebelum ada pandemi, cara membeli mobil lebih banyak dilakukan secara kredit. Yang, katanya, 80% konsumen lebih suka kredit mobil dan sisa 20% tunai pada waktu itu.

Tingkat Pembelian Kas Mobil Meningkat

"Sekarang peningkatan kas. Yang dengan kredit 75 persen dan uang tunai 25 persen," kata Hendrayadi dalam konferensi pers virtual, baru-baru ini pada hari Jumat, 15 Mei 2020.

Peningkatan pembelian tunai kali ini tidak lepas dari beberapa faktor. Salah satunya adalah karena pihak-pihak penyewaan dilaporkan mulai memperketat tanda terima angsuran, yang terutama terjadi selama pandemi virus Covid-19.

Pembeli mobil Daihatsu untuk Corona adalah pembeli lama. "Dari indikator pola pembelian, kita dapat melihat bahwa ini adalah pembeli lama," tambah Hendrayadi dalam pernyataannya.

Namun di sisi lain, penjualan mobil, khususnya di wilayah DKI Jakarta mengalami penurunan yang cukup tinggi. Hendrayadi mengatakan bahwa penurunan tersebut disebabkan oleh peraturan PSBB yang berlaku di DKI Jakarta sehingga angka penjualan menurun sebesar 26%.

Namun, peningkatan pembelian mobil Daihatsu justru dialami di wilayah Sumatera Utara. Yang sebelumnya menyumbang 16% hingga 20% dari total penjualan.

Yang jelas adalah bahwa keberadaan peraturan PSBB sebagai upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona berdampak pada penjualan kendaraan di Indonesia. Akibatnya, orang lebih suka skala prioritas pada kebutuhan primer daripada membeli mobil baru.

Leave a Reply