Work Wheels Official

Penjualan sepeda motor di Indonesia mengalami lonjakan

Penjualan Komoditas Sepeda Motor Meningkat di Dalam Negeri – Kami tidak dapat menyangkal bahwa sektor otomotif adalah salah satu industri yang berpartisipasi dalam pandemi Corona. Ini tentu tidak lepas dari berbagai kegiatan otomotif, terutama pada langkah penjualan yang kini mengalami penurunan sehingga produksinya kini terbatas.

Namun, meski demikian, kabarnya kinerja penjualan kendaraan roda dua atau sebanyak sepeda motor di negara itu sebenarnya tidak terlalu terpengaruh oleh Corona. Itu tidak lepas dari penjualan yang masih terbilang positif di tengah pandemi Covid-19.

Penjualan Komoditas Sepeda Motor Meningkat di Dalam Negeri

Di mana, berdasarkan laporan terakhir yang dikutip dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada pertengahan Mei 2020, dinyatakan bahwa memang penjualan sepeda motor sepanjang Maret 2020 menunjukkan grafik peningkatan dibandingkan dengan Februari. Dalam catatan itu, angka penjualan tertulis di bulan ketiga yang diklaim telah mencapai 561.739 unit dari sebelumnya 545.741 unit.

Di sisi lain, meskipun penjualan sepeda motor hanya menyentuh 462.984 unit pada Januari 2020, tetapi jika diperiksa secara bertahap angka itu memang meningkat dengan pencapaian penjualan hingga 1.570.464 unit dalam tiga bulan pertama 2020.

Hanya saja, untuk penjualan di awal kuartal 2020 kali ini menunjukkan penurunan dibandingkan periode yang sama pada 2019 lalu. Pasalnya, penjualan sepeda motor pada tiga bulan pertama 2019 mencapai 1.681.454 unit.

Adapun model apa yang paling laris, tampaknya AISI enggan memberikan banyak komentar atau penjelasan tentang model apa yang dianggap menempati penjualan tertinggi di segmen sepeda motor. Yang jelas, model skuter adalah jenis kendaraan roda dua yang saat ini menjadi model paling populer oleh konsumen di Indonesia.

Terlepas dari semua itu, meskipun ada kenaikan di pasar domestik, pasar ekspor mengalami penurunan yang cukup drastis. Grafik penurunan penjualan terjadi pada Maret 2020 dengan jumlah 59.136 unit. Sedangkan pada Januari dan Februari, penjualan sepeda motor ke negara lain mencapai 93.659 unit dan 62.562 unit.

Meski begitu, tepatnya untuk penjualan luar negeri (ekspor) pada kuartal pertama 2020 kali ini mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama pada 2019 lalu. Di mana, pada kuartal pertama 2019, penjualan dalam tiga bulan pertama hanya mencapai 182.653 unit.

Leave a Reply