Enam Langkah Cepat untuk Membersihkan Kabin Mobil Menurut Hyundai TheGasPol.com

By | 2020-04-26T21:20:32+00:00 April 26th, 2020|Velg Mobil|

Bulan Ramadhan ini benar-benar terasa berbeda. Euforia yang biasanya hadir di awal bulan puasa, kini sedikit redup akibat pandemi virus Corona yang melanda Indonesia.

Orang-orang yang biasanya antusias menyambut datangnya bulan Ramadhan, agenda berbuka puasa bersama kolega, kolega dan teman-teman sekarang dipaksa untuk tidak ditahan karena Batasan Sosial skala besar (PSBB) yang terus diperpanjang hingga pandemi berakhir.

Secara otomatis sekarang kita menghabiskan banyak waktu di rumah, bersama keluarga. Semua aktivitas kerja, hingga masalah perawatan kendaraan, semuanya dilakukan di rumah. Dalam arti tertentu kita dituntut untuk dapat melakukannya secara mandiri.

Tentunya bukan pemeliharaan kendaraan dengan klasifikasi pekerjaan berat. Misalnya, perawatan mekanis yang membutuhkan bengkel peralatan khusus, dan perincian kendaraan yang biasanya dilakukan oleh para profesional di bidangnya.

Banyak pekerjaan perawatan ringan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Seperti hanya membersihkan interior mobil, sehingga kondisinya tetap sehat dan nyaman saat digunakan. Ini dapat dengan mudah dilakukan oleh siapa saja di rumah, tanpa perlu alat khusus dan dapat dilakukan di waktu luang, sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Hal kecil ini menjadi sangat penting. Menurut Hyundai Motors Indonesia, membersihkan kabin mobil dapat diprioritaskan mengingat kabin mobil dapat menjadi potensi besar untuk pengembangan virus dan bakteri jika tidak dibersihkan secara rutin dan tepat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan dunia, virus dan bakteri yang tidak terlihat ini dapat bertahan menempel di permukaan benda mati selama beberapa jam, hingga beberapa hari.

Agar tidak melakukan langkah yang salah, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dan kami akan membantu meringkasnya, sehingga Anda bisa melakukan pekerjaan ini sendiri di rumah.

Pekerjaan pertama adalah memulai dengan memelihara kesehatan dan kebersihan sendiri dengan mengenakan sarung tangan dan masker non-medis.

Kedua, siapkan alat-alat seperti kain kain serat mikro, kain karet (chamois), sikat gigi bekas dan penyedot debu (jika ada).

Ketiga, lepaskan semua barang di mobil dan bersihkan satu per satu dengan kain karet basah (chamois) untuk menghilangkan debu dan kotoran di permukaan.

Keempat, mulai mensterilkan dan membersihkan bagian dalam yang sering terkena pegangan tangan menggunakan kain karet lembab (chamois). Di antaranya setir, tuas persneling, tuas rem parkir, tombol kaca dan lampu aktivasi wiper.

Jika ada, isap debu yang menempel ke permukaan dudukan dan karpet menggunakan penyedot debu, jika ada tidak cukup dengan membersihkan dengan karet basah (chamois) untuk menghilangkan debu dan partikel kotoran. Gunakan sikat gigi bekas untuk mencapai bagian yang sulit.

Kelima lap seluruh kaca bagian dalam mobil menggunakan kain mikrofiber untuk menghilangkan kotoran dan sidik jari di permukaan.

Keenam atau akhirnya, buka semua pintu dan kaca depan untuk membuat udara bersirkulasi sehingga kabin terasa lebih segar dan sehat.

Jika memungkinkan, kabin mobil dapat disemprot dengan cairan desinfektan khusus yang kualitasnya dapat dipercaya. Cairan desinfektan yang mengandung 70% alkohol terbukti secara klinis dapat membasmi virus dan bakteri yang menempel pada permukaan logam, tetapi itu tidak boleh digunakan pada permukaan kulit atau plastik karena dapat merusak warna dan tekstur.

Pastikan saat menggunakan bahan pembersih, aman untuk digunakan terhadap permukaan atau bahan yang mengelilingi kabin mobil.

About the Author: