Endeavour Railways dan Airplanes Sebelum Membuat Mobil TheGasPol.com

By | 2019-03-18T05:09:07+00:00 March 18th, 2019|Velg Mobil|

Pabrikan otomotif Inggris, Bentley, kini telah memasuki usia satu abad. Merek Bentley dipatenkan oleh pendirinya, Walter Owen Bentley (W.O Bentley) pada tahun 1919 dan tepat ketika ia meluncurkan perusahaannya.

Mungkin tidak banyak yang tahu, sebelum Bentley berkonsentrasi memproduksi kendaraan, awalnya perusahaan yang dipimpin oleh W.O adalah pembuat mesin kereta api yang kemudian berinovasi menjadi pembuat mesin pesawat terbang.

1888 adalah tahun kelahiran Walter Owen Bentley, saat kereta kuda masih menjadi transportasi utama pada waktu itu. Dia tumbuh dan bersekolah seperti anak-anak seusianya meskipun prestasinya biasa.

Pada usia 16 tahun ketika ia menyelesaikan pendidikannya di sekolah, ia memutuskan untuk bekerja paruh waktu di Great Northern Railway, penyedia kereta api di Doncaster, Inggris. Dalam perjalanannya, W.O mulai tertarik pada mesin uap. Dia juga cukup teknis tentang sumber penggerak lokomotif kereta api saat itu.

Walter Owen Bentley 1888 – 1971

Lima tahun yang lalu W.O bergabung dengan perusahaan kereta api dan semakin memperdalam teknik mesin uap karena posisi teknis yang dipegangnya. Dia berhasil mempertahankan berbagai lokomotif uap untuk kinerja perusahaan.

Puas dengan mesin uap, ia menjadi tertarik pada jenis mesin pembakaran. Era memperjuangkan sepeda motor saat itu mulai menghantam Inggris. Minatnya pada sepeda motor terbakar lebih dalam. Dia juga mencoba berkarir sebagai pembalap motor pada waktu itu.

Dia berpartisipasi dalam berbagai kejuaraan di hampir seluruh negara. Dia bahkan berpartisipasi dalam lomba Isle Man of Tourist Trophy (Isle Man of TT) yang terkenal. Bahkan pada saat itu ia telah menciptakan mesin balap yang terbuat dari campuran aluminium dan tembaga untuk membuat piston lebih ringan.

Sayangnya perang dunia pertama mengganggu aktivitas balap Bentley. Inovasinya dalam penemuan piston ringan menarik minat Angkatan Udara Inggris untuk mengusulkan Bentley menjadi bagian darinya.

Bentley Tourer Kecepatan 3 Liter

Atas nama patriotisme dan pengetahuan, pada 1914 ia bergabung dengan Royal Naval Air Service (RNAS) sepanjang Perang Dunia 1 (PD1). Di sana Walter Owen diminta untuk mengembangkan mesin yang lebih berkinerja dan lebih kuat daripada yang dibutuhkan perang RNAS.

Terkesan dengan apa yang dilakukan Owen, para pejabat RNAS kemudian menyuruhnya mengembangkan mesin rotari untuk pesawat terbang. W.O diberi akses untuk menggunakan fasilitas negara termasuk bantuan dari teknisi dan pabrik-pabrik negara di Coventry, Inggris untuk merancang mesin pesawat terbang untuk kebutuhan perang. Akibatnya, mesin Owen dianggap berhasil dan mulai diproduksi massal.

Mesin rotari kemudian menjadi mesin favorit pilot militer Inggris yang dipasangkan dengan Biplane Fighter dari Inggris yang diberi julukan Sopwith Camel. Pesawat ini juga dicatat dalam buku-buku sejarah sebagai salah satu pesawat tempur terbaik abad ke-20.

Di masa lalu, mesin putar Owen, yang berhasil memberikan kinerja dan daya tahan untuk pesawat tempur Inggris, disebut Admiralty 1. Namun, untuk menghargai layanan Walter Owen sebagai pembuat, militer mengubah namanya menjadi BR1 (Bentley Rotary 1).

Tidak puas di sana, pada 1918 W.O melanjutkan inovasi dengan menciptakan BR 2 (Bentley Rotary 2). Tenaga yang lebih besar hingga 230 bhp dengan 9 silinder membuat mesin ini masih digunakan dan diproduksi untuk kebutuhan militer meskipun PD 1 telah berakhir.

Bentley 3 Liter Harrison Tourer

Puas bekerja untuk negara, Bentley akhirnya memutuskan untuk meninggalkan dunia penerbangan dan bekerja serius pada mobil. suntikan £ 8.000 digunakan sebagai investasi dalam membangun pabrik dan mengesahkan nama Bentley Motors Ltd sebagai merek dagang pada Agustus 1919.

London Motor Show, Oktober 1919 digunakan oleh W.O untuk memperkenalkan Bentley dan mobil prototipe basis pertamanya dengan mesin boneka. Pada bulan Desember, prototipe mesin 4 katup di setiap silinder kemudian memasuki ruang produksi.

Butuh satu tahun dari 1920 hingga 1921 untuk membangun mobil yang benar-benar memiliki kinerja tinggi dan keandalan untuk digunakan di jalan raya. Akhirnya pada tahun 1921, mobil produksi pertama Bentley lahir dan dinamakan Bentley 3 Liter.

Bentley 3 Liter Speed ​​Tourer – Dokter Cepat Le Mans 1924

Untuk menguji daya tahannya, Bentley mendaftarkan mobilnya di balapan Hill Climbs di Brooklands. Bentley 3 Liter menguji daya tahan dan kinerjanya karena berhasil menyelesaikan balapan tanpa hambatan.

Mobil ini kemudian diproduksi secara massal dengan beberapa model, seperti Harrison Tourer dan Speed ​​Tourer yang digunakan untuk balapan.

Tahun ini adalah zaman Bentley. Hingga saat ini, warisan W.O Bentley masih terus mengembangkan model-model terbaru yang penuh dengan teknologi canggih dan mewah. Jadi tidak mengherankan bahwa beberapa praktisi di dunia industri otomotif menyebut Bentley Motors sebagai "pembuat mobil Inggris terbaik".

About the Author: