Hanya ada 50 unit Suzuki Karimun Wagon R Special Edition berusia 50 tahun di Indonesia TheGasPol.com

By | 2020-10-12T12:19:49+00:00 October 12th, 2020|Velg Mobil|

Rasanya sudah 50 tahun Suzuki sudah menemani konsumennya di Indonesia. Berawal dari pemasaran Suzuki Fronte yang didatangkan secara bulat dari Jepang ke Indonesia pada akhir tahun 1968 – 1969, kemudian Suzuki membuka perusahaan penjualannya di Indonesia pada tahun 1970.

Setelah era Suzuki Fronte di tahun 1970-an, Suzuki kemudian meresmikan PT Suzuki Indonesia Manufacturing (SIM) sebagai dasar hukum usahanya di Indonesia merakit mobil. Kemudian lahirlah produk-produk yang masih bisa disaksikan hingga saat ini, seperti Carry ST20 dan Jimny LJ80 atau "Jimny Jangkrik" meski populasinya semakin menipis.

Di tahun 2020 ini, sebagai wujud perayaan lima dekade di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan produk edisi terbatas yaitu Suzuki Karimun Wagon R 50.th Edisi Peringatan. Hanya ada 50 unit yang dibuat oleh Suzuki untuk konsumen di Indonesia.

Hal ini juga merevisi asumsi kami terkait mobil Suzuki edisi terbatas yang diluncurkan di Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 kemarin, Sabtu 10 Oktober. Kami sebelumnya mengira kendaraan edisi terbatas yang dimaksud adalah Suzuki XL7, namun ternyata salah. .

Pemilihan city car ini tentunya menjadi pilihan yang tepat, mengingat Karimun Wagon R merupakan kendaraan kecil berbasis LCGC (Low Cost Green Car) buatan Suzuki untuk masyarakat Indonesia. Harga resminya pun tidak terlalu jauh, yakni Rp 150,5 juta untuk varian edisi terbatas ini.

Yang berbeda dengan Karimun Wagon R versi masal adalah desain eksteriornya dibuat lebih sporty melalui berbagai sentuhan. Pada fascia depan, aksen krom pada gril bawah dan bezel foglamp diganti dengan warna piano hitam. Tak hanya itu, detail striping merah juga disematkan pada salah satu bilah gril bawah yang sejajar dengan lingkar fog lamp.

Permainan warna yang dilengkapi dengan stiker menjadi ciri khas dari 50 unit yang terjual. Sementara bagian eksteriornya juga ditambah dengan spoiler depan, side skirts, spoiler bawah belakang, dan spoiler bagasi. Sebagai kesimpulan, lingkar rodanya menggunakan pelek gunmetal yang dibalut karet bundar 175 / 65R14.

Sayangnya semua ubahan di luar tidak dilakukan Suzuki di bagian interior.

Menurut Seiji Itayama, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales, peluncuran Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition ini merupakan wujud apresiasi kepada masyarakat yang telah mendukung Suzuki di tanah air.

“Keberadaan (Suzuki di Indonesia) selama 50 tahun tidak lepas dari dukungan masyarakat dan pemerintah Indonesia. Untuk itu, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas dukungannya terhadap Suzuki. Dalam rangka merayakan 50 tahun Suzuki di Indonesia, pada kesempatan kali ini kami menghadirkan Karimun Wagon R 50th Edisi Peringatan, ”kata Seiji Itayama.

Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition ini dibanderol mulai Rp 150,5 juta untuk varian manual. Sedangkan versi AMT bisa ditebus dengan mahar Rp 159 juta. Sebagai catatan, edisi khusus ditawarkan dalam warna Pearl White Metallic. Total hanya ada 30 unit dengan transmisi manual dan 20 unit AMT. Sebagai tanda kepemilikan edisi terbatas, pembeli akan mendapatkan sertifikat khusus.

About the Author: