Heaven Diecast Mooneyes di IDE 2019 TheGasPol.com

By | 2019-10-27T09:59:34+00:00 October 27th, 2019|Velg Mobil|

Berangkat dari empat desain diecast yang dimiliki Mooneyes, seorang Eri Chriswanto tertarik untuk mengoleksi mobil-mobilan miniatur model apa pun asalkan menggunakan desain Mooneyes. Kombinasi warna kuning, hitam dan perak yang merupakan ciri khas pabrikan kustom yang berlokasi di Amerika besar di Jepang ini begitu menginspirasi dan semangat untuk mengoleksi satu per satu diecast grafik Mooneyes untuk dibawa ke kediamannya.

Hingga saat ini, pria yang mulai mengoleksi diecast bertema Mooneyes sejak 2014 belum dapat menghitung jumlah koleksi yang dimilikinya. Dia enggan mencari tahu jumlah koleksi diecast Mooneyes yang sebenarnya di kediamannya di Bekasi.

Ketika hadir di pameran Indonesia Diecast Expo 2019, di ICE BSD Tangerang, Sabtu – Minggu, 26-27 Oktober 2019, Eri membawa seluruh koleksinya untuk ditampilkan kepada pengunjung pameran. Dari berbagai ukuran mulai dari skala 1:64 hingga yang terbesar 1:18, termasuk beragam bengkel diorama bergaya Mooneyes Headquarter di California, AS.

Dari semua koleksi, perhatian paling khusus jatuh ke duo VW Dragbus Mooneyes yang masih rapi tercakup dalam blister. Saat itu, ia mengakui bahwa salah satu dari dua diecast tersebut ditebus dengan harga Rp. 4 juta. Sekarang menurut Eri, harganya sudah mencapai puluhan juta rupiah per potong.

"Sekarang harganya Rp 35 juta – Rp 40 juta per potong. Apalagi kalau angkanya khusus dan sudah ditandatangani oleh Shige," kata Eri.

Shige Suganuma adalah bos Mooneyes yang mengangkat label ini dalam budaya adat Jepang. Dia memang sering diundang ke Indonesia untuk menghadiri berbagai macam acara dengan tema custom dan otomotif.

Masih menurut Eri, koleksi tersebut terus dikumpulkan dalam tiga tahun terakhir sejak 2014. Beberapa dari mereka masih ditemukan dengan label harga murah ratusan ribu rupiah dengan nominal jutaan kecil. Tetapi sekarang, meskipun ia tidak pernah bermaksud untuk menjualnya, tetapi nilainya berkali-kali lipat dari pembelian nominal.

Pemilik akun Instagram @erichwantoo juga tidak pernah menghitung jumlah nominal rupiah yang telah ia habiskan untuk memenuhi keinginannya untuk mengumpulkan diecast Mooneyes. Jika kami memperkirakan, mungkin nominalnya sekarang setara dengan harga medium MPV baru jika dikumpulkan.

About the Author: