Hino dan Taman Safari Indonesia Sepakat Mempertahankan Populasi Elang Jawa TheGasPol.com

By | 2019-04-01T08:33:39+00:00 April 1st, 2019|Velg Mobil|

Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi kedua di dunia. Terletak di benua tropis, Indonesia kaya akan flora dan fauna tertentu, yang populasinya cukup terbatas.

Salah satu keanekaragaman hayati Indonesia yang tak ternilai adalah elang Jawa (Nisaetus bartelsi). Elang Jawa adalah spesies endemik, hanya ditemukan di seluruh Jawa.

Populasi Elang Jawa hanya 300-500, dengan kecenderungan untuk terus menurun dan berisiko punah. Karena kondisi ini, pemerintah Indonesia menetapkan Elang Jawa sebagai spesies yang dilindungi dan pada tahun 1993 melalui Keputusan Presiden No. 4 pada tahun 1993, Elang Jawa ditetapkan sebagai salah satu hewan nasional.

Menjaga keanekaragaman hayati untuk pelestarian habitat alami Indonesia, adalah tugas bersama putra dan putri negara. Pada inisiatif ini, PT Hino Motor Sales Indonesia dan Taman Safari Indonesia bekerja bersama untuk mempertahankan keberadaan elang Jawa untuk menjalankan program konservasi Elang Jawa melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Program CSR pelestarian Elang Jawa ini mencakup dua program utama, yaitu pembibitan dan penelitian tentang reproduksi elang Jawa. Kolaborasi ini bertujuan untuk menambah populasi Elang Jawa yang hingga hari ini terus menurun sehingga anak-anak dan cucu kita di masa depan dapat melihat Elang Jawa di masa depan.

Salah satu kegiatan dari program konservasi adalah pembangunan kandang pembiakan Elang Jawa. Sebagai langkah pertama dalam kerja sama, TSI dan Hino Indonesia akan menandatangani MoU dan melakukan peletakan batu pertama secara simbolis. Acara ini diadakan di Taman Safari Indonesia Bogor, Cisarua pada tanggal 28 Maret 2019. Setelah itu selesai. kandang akan diisi oleh sepasang Hawk Jawa dan proses pengembangbiakan Hawk Jawa akan dipantau dan dipelajari oleh para peneliti ahli dari TSI dan universitas lokal. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat keberhasilan pengembangbiakan elang Jawa di penangkaran (exsitu).

Hino Indonesia diwakili oleh Bpk. Bagas Krishnamurti, Manajer Umum Senior Hino Indonesia dan Taman Safari Indonesia diwakili oleh Direktur Taman Safari Indonesia Drs. Jansen Manansang, M.Sc merasa sangat bangga karena Taman Safari Indonesia dapat berkolaborasi dengan salah satu perusahaan besar Jepang di Indonesia untuk menyelamatkan salah satu spesies endemik Indonesia yang unik dan terancam punah.

About the Author: