Honda Menangkan Penghargaan Penjualan Online Selama Pandemi TheGasPol.com

By | 2020-06-08T13:38:51+00:00 June 8th, 2020|Velg Mobil|

Selama pandemi, hampir semua pusat bisnis mendorong penjualan online. Demikian juga penjualan mobil oleh Brand Holder Agents atau merek otomotif APM di Indonesia.

Salah satunya adalah PT Honda Prospect Motor (HPM), untuk kinerjanya dalam menjual mobil secara online selama periode pandemi mulai tiga bulan lalu, Honda memenangkan penghargaan "Marketing Continuity Brand" di The 2nd Pemasar IClub dipegang oleh MarkPlus, Inc. dan Marketeers online pada hari Jumat, 5 Juni 2020.

Penghargaan ini diberikan kepada Honda atas inovasinya dalam hal penjualan mobil online di tengah pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19 di Indonesia.

Meski secara umum penjualan mobil di Indonesia turun pada April dan Mei 2020, tetapi tren penjualan mobil Honda yang dilakukan melalui saluran online justru meningkat pesat. Hingga akhir Mei, lebih dari 20% total penjualan mobil Honda di Indonesia dicatat secara online. Jumlah ini jauh meningkat dibandingkan dengan kondisi pada akhir 2019, yang masih di bawah 5% dari total penjualan.

Untuk mendukung penjualan online, Honda menggunakan situs web sebagai platform utamanya, di mana konsumen dapat memperoleh informasi lengkap tentang produk, harga, dealer, dan program penjualan yang berlaku. Untuk melengkapi pengalaman seperti di showroom, konsumen juga dapat melihat eksterior dan interior mobil dengan tampilan 360 derajat, memilih warna, dan menambahkan berbagai aksesori dalam format 3 dimensi. Melalui situs web, konsumen juga dapat mengunduh brosur atau meminta untuk dihubungi oleh dealer jika tertarik mencari informasi lebih lanjut.

Honda juga menawarkan program "Beli Honda di Rumah Aja" yang memberikan lebih banyak manfaat bagi konsumen yang melakukan pembelian melalui situs honda-indonesia.com, situs web resmi dealer, dan berbagai saluran online lainnya. Untuk setiap pembelian Honda Mobilio dan Honda BR-V yang dilakukan secara online, konsumen akan mendapatkan cicilan 3 bulan gratis. Tidak hanya itu, konsumen juga akan mendapatkan bonus dalam bentuk biaya pemeliharaan berkala gratis (Layanan + suku cadang hingga 50.000 km atau 4 tahun) khusus untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda CR-V dan Honda Jazz .

Untuk memudahkan konsumen melakukan transaksi online, Honda juga bekerja sama dengan beberapa situs e-commerce, yaitu Blibli dan Tokopedia. Melalui kemitraan ini, Honda akan membuka toko resmi (official store) dan memberikan promo eksklusif untuk konsumen yang melakukan pembelian di dua situs penjualan online.

Yulian Karfili, Public Relations & Digital Manager PT Honda Prospect Motor mengatakan, "Selama pandemi ini, fokus Honda adalah untuk terus menyediakan layanan untuk memfasilitasi konsumen dalam hal penjualan dan purna jual, terutama dalam kondisi pembatasan sosial yang mengharuskan konsumen untuk tinggal di rumah. Oleh karena itu, saluran digital adalah cara yang paling tepat untuk menjalin komunikasi dengan konsumen saat ini. "

Pada acara penghargaan ini, MarkPlus, Inc. dan Marketeers memberikan apresiasi kepada perusahaan yang dianggap memiliki Rencana Kontinuitas Pemasaran dan Stabilitas perusahaan yang baik, yang merupakan perusahaan yang memiliki inovasi dalam mengatasi penurunan penjualan dan mencatat pertumbuhan yang baik di tengah pandemi Covid-19.

About the Author: