Hyundai Menyiapkan 600 Hektar Lahan di Karawang untuk Membangun Pabrik TheGasPol.com

By | 2019-02-27T09:40:21+00:00 February 27th, 2019|Velg Mobil|

Sebelumnya, Hyundai dikabarkan akan membangun basis fasilitas produksi di Indonesia. Pabrikan otomotif Korea Selatan telah secara resmi menandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Indonesia untuk mendirikan pabrik di negara itu beberapa bulan yang lalu.

Dilansir Antara, Hyundai akan berinvestasi besar-besaran untuk membangun fasilitas produksinya di dalam negeri. Pabrikan mobil Korea Selatan, Hyundai berniat membuat pabrik mobil listrik.

Rencana tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kelautan, Luhut Binsar Pandjaitan. Menurut Luhut, Hyundai telah mengakuisisi lahan di daerah Karawang, Jawa Barat. Lahan menurut Luhut meliputi area seluas 600 hektar.

"Mereka telah mengambil tanah di Karawang, jika tidak salah, 600 ha atau apa." Mereka ingin membuat pabrik mobil listrik di sini, "kata Luhut. Dia menyebutkan bahwa rencana Hyundai tidak sendirian di mewujudkan niatnya, Hyundai juga akan berkolaborasi dengan Grab dan SoftBank, sebagaimana dinyatakan oleh Menteri Koordinator Maritim.

Luhut mengatakan mereka akan menginvestasikan triliunan dolar di Indonesia. Namun, dia belum menyebutkan jumlah pasti investasi itu.

"Grab kemarin datang juga ingin kuliah di Indonesia, mereka ingin mendatangkan miliaran dolar untuk mobil listrik. Kemudian Softbank menyiapkan dana juga, mereka hanya perlu meminta persetujuan Indonesia dan mengenai permintaan teknis ada masalah pajak dari semua jenis," kata Luhut.

Luhut mengatakan, Hyundai, Grab, dan Softbank ingin segera merealisasikan rencana mereka untuk membangun pabrik mobil listrik. Namun, menurut Luhut, pihaknya masih menyempurnakan Peraturan Presiden tentang mobil listrik.

About the Author: