Work Wheels Official

PT Toyota Astra Motor akhirnya resmi merilis Corolla Cross. Harganya sangat menarik, versi konvensional dibanderol Rp 457 jutaan, sedangkan versi hybrid dijual Rp 497 jutaan. Artinya inilah mobil hybrud termurah yang dijual di Indonesia.

Corolla Cross dibangun di atas sasis TNGA atau Toyota New Global Architecture, desain bodi baru Toyota yang seragam di berbagai negara tempat mobil ini dijual. Dengan desain sasis TNGA, Toyota dapat dengan leluasa membuat berbagai model berbeda dari desain kendaraan yang sama untuk mendapatkan kenyamanan dan performa yang sama.

Corolla Cross adalah SUV versi kompak yang dibangun dari platform yang sama dengan sedan dan hatchback Corolla. Tuntutan kendaraan high post atau SUV dengan kenyamanan dan performa yang sama dengan sedan mendorong Toyota untuk bergerak menciptakan Corolla Cross yang sudah resmi dijual di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Corolla Cross dilengkapi dengan mesin bensin 2ZR-FE 1.8 VVTi dengan 138 hp dan torsi 171 Nm. Sedangkan untuk varian hybrid berkode mesin 2ZR-FXE dilengkapi dengan tambahan motor listrik berkekuatan sekitar 96 hp dan torsi 142 Nm yang dapat diandalkan di kecepatan rendah untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Untuk itu, pada versi hybrid, dimensi tangki bahan bakar sengaja dibuat lebih kecil, yakni 36 liter sebagai konversi penempatan motor listrik dan baterai.

Dimensi panjang yang mirip sedan dengan atap tinggi khas SUV membuat Corolla Cross memiliki keunggulan ruang kabin. Ruang duduk ideal tetap menyisakan jarak kaki dan kelapa agar bisa lebih leluasa bergerak.

Tren kendaraan SUV kompak yang dibangun dari platform sedan kini sedang digemari oleh masyarakat dunia. Di Indonesia sendiri, menurut Anton Jimmi Suwandi, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor mengalami kenaikan sebesar 65%, itulah sebabnya TAM memutuskan untuk segera merilis Corolla Cross.

“Mobil ini memang didesain untuk dikendarai di perkotaan oleh kaum urban. Dengan dimensi yang cukup besar dan ground clearance yang tinggi, menjadikan Corolla Cross memiliki kenyamanan lebih, performa apik dengan kecepatan tinggi dan mudah dikendalikan,” ujar Anton Jimmi.

Leave a Reply