Work Wheels Official

facebook.com/honda

Kami punya teori: semua orang tahu seseorang yang mencintai Honda. Kalau dipikir-pikir, mungkin itu benar. Dan itu cukup keren. Ayo bantu kami membuktikannya di facebook.com/honda.

Model Civic Si Coupe, Pilot EX-L, Fit Sport, Element SC, Accord EX V-6 dan Insight EX 2010 ditampilkan. © 2009 American Honda Motor Co., Inc.

Modest Master of Design – Salah satu desainer terbaik yang hidup dengan tenang terus berlanjut.

Marcello Gandini

Remaja laki-laki di tahun 1970-an cenderung memiliki dua poster dramatis di dinding kamar tidur mereka: Farrah Fawcett dan Lamborghini Countach. Kedua objek keinginan pada dasarnya tidak dapat dicapai sekarang, tetapi kesan mereka yang tak terhapuskan akan bertahan selamanya di puluhan ribu pikiran. Orang tua Fawcett tidak akan pernah bisa menciptakan wanita lain seperti Farrah, tapi Marcello Gandini, pria yang membentuk Countach – dan setengah ratus bentuk mobil hebat lainnya – masih bekerja keras, jadi ada kemungkinan itu hari mungkin ada lagi poster mobil ikonik dari tangannya.

Bersama Giorgietto Giugiaro dan Leonardo Fioravanti, Gandini adalah satu dari tiga desainer master Italia tahun 1938 yang sangat dihormati, semuanya masih bekerja pada usia tujuh puluh satu tahun. Dari ketiganya, Gan-dini adalah yang paling tidak menonjolkan diri, rendah hati, dan pendiam. Dia tidak menghadiri pameran motor dan tidak berguna untuk hubungan masyarakat, tetapi tidak terlalu pemalu atau penyendiri. Saya telah mengenal Gandini sedikit selama beberapa dekade tetapi hanya tahu sedikit tentang latar belakangnya atau bagaimana dia bisa merancang begitu banyak mobil yang saya kagumi. Ketika saya pertama kali bertemu dengannya, dia memberi tahu saya sebuah cerita kecil yang menarik tentang desain mobil pertamanya. Seorang teman menabrak fotografi ROBERT CUMBERFORD oleh TIM ANDREW

NOVEMBER 2009 | AUTOMOBILEMAG.COM 81

Pembalap OSCA dan, alih-alih mengembalikannya seperti semula, meminta Gandini — yang menggambar dengan indah – untuk menciptakan bentuk bodi mobil jalan raya yang baru.

Belum pernah melakukan hal seperti ini sebelumnya, tetapi setelah diberi tahu bahwa orang yang akan membuat tubuh kayu buck, Giovanni Raniero, membutuhkan gambar ukuran penuh, Gandini muda menempelkan banyak potongan kertas dari sebuah papan gambar besar dan dengan susah payah menggambar garis yang dia inginkan. Ketika dia menggantungkan kolase improvisasi itu di dinding studio, pemodel terkenal itu berdiri diam menatapnya selama sepuluh menit sementara Gandini gemetar, lalu mengumumkan dengan suara nyaring dan tidak setuju, "Saya tidak mengerti apa-apa!" Tidak terlalu mengherankan, karena Gan-dini, yang saat itu tidak paham dengan aturan desain mobil, telah menggambar sisi kanan mobil, bukan kiri seperti yang dilakukan orang lain di industri ini sejak dahulu kala.

Setelah diluruskan, karier desain otomotifnya mulai menanjak selama lebih dari empat puluh tahun. Dia terkenal karena karyanya dengan Nuccio Bertone, terutama untuk Lamborghi-ni 's Miura dan Countach eksotik, meskipun dia telah membuat banyak mobil keluarga praktis juga, termasuk Citroën BX yang sangat sukses, generasi pertama BMW 5-series, Renault Supercinq, dan yang terpenting, favorit mutlak saya dari semua supercar yang diproduksi dalam enam puluh tahun terakhir – Lancia Stratos.

Kisah Stratos dimulai dengan mobil pertunjukan Turin tahun 1970 yang over-the-top, Stratos Zero, sebuah irisan murni. Betapapun mustahil penampilannya, itu adalah mobil yang sedang berjalan, dengan mesin Lancia Fulvia V-4 di belakang joknya. Sebuah cerita legendaris menceritakan tentang Nuccio Bertone yang muncul untuk membuat janji di pabrik Lancia di dalamnya. Ditolak masuk, dia hanya mengemudikan mobil setinggi paha di bawah penghalang setinggi pinggang dan pergi ke pertemuan yang akhirnya dibuat dalam kontrak produksi. Dalam kombinasi Italia yang rumit, sebuah mobil reli berbadan fiberglass dikembangkan yang membawa nama Stratos tetapi bukan bentuk atau komponen mekanis Zero.

Bertone membangun dua contoh Stratos bertubuh aluminium praproduksi, satu menggunakan mesin empat silinder in-line Lancia Beta, yang lainnya Fiat / Ferrari Dino V-6. Tidak banyak diketahui bahwa Gandini mengerjakan seluruh desain, bukan hanya bentuk bodi, paket penentu, jarak sumbu roda, struktur sasis. . . segala sesuatu yang membuat Stratos menjadi pemenang reli yang luar biasa sepanjang tahun 70-an. Dia mengatakan bahwa itu lebih ringan dan lebih cepat dengan empat silinder yang disetel Abarth dibandingkan dengan V-6 yang lebih berat, tetapi Cesare Fiorio, manajer kompetisi Lancia, bersikeras pada mesin yang lebih besar. Mungkin itu ada hubungannya dengan pekerjaan Fiorio selanjutnya di Ferrari. Atau keinginan Fiat untuk amortisasi besi-blok V-6 yang dimasukkan ke dalam seri produksi mobil Formula 2 Ferrari.

Gandini menunjukkan gambar mobilnya kepada Nuc-

Minat desain Gandini difokuskan pada arsitektur kendaraan, konstruksi, perakitan, dan mekanisme – bukan penampilan.

cio Bertone pada tahun 1963, tetapi Giugiaro, desainer utama Carrozzeria Bertone pada saat itu, menentang mempekerjakannya. Ketika Giugiaro pergi ke Ghia pada tahun 1965, Gandini yang berusia dua puluh tujuh tahun dipanggil. Dia tinggal bersama Bertone selama empat belas tahun, tujuh di antaranya sebagai stylist dengan bayaran rendah (desain pertamanya adalah ASA 1000 "Fer-rarina kecil yang cantik. "coupe). Kemudian dia menjabat sebagai, pertama, pencipta Stile Bertone di pinggiran Turin di Caprie, kemudian sebagai manajer umum pusat tersebut, bertanggung jawab atas mobil pertunjukan, kontrak, konstruksi prototipe, dan staf. Dia lebih baik diberi hadiah saat itu, tetapi dia mengatakan itu dengan kecut pada Ber-82

bagian nada, itu mungkin "lebih merupakan pertanyaan tentang rasa malu daripada cinta."

Dalam pembicaraan kami, Gandini menjelaskan bahwa minat desainnya berfokus pada arsitektur kendaraan, konstruksi, perakitan, dan mekanisme – bukan penampilan. "Hanya menata tidak menyenangkan," katanya, dan dia berhenti melakukan gaya murni bertahun-tahun yang lalu. Ditanya tentang aktivitas desain lainnya, dia menyebutkan sebuah rumah di Corsica yang dia rancang dan bangun, lalu dijual, serta interior klub malam— "untungnya, hangus," katanya sekarang. Saya tahu desain helikopter satu orangnya yang indah, Malaikat, yang beberapa ratus unitnya dibuat, tetapi saya tidak tahu bahwa Gandini pernah menjadi pilot ultralight yang aktif, terjun payung pengajar, dan penggemar pesawat layang sayap delta di tahun 1960-an. "Terbang itu mahal sekali," katanya sekarang, jadi dia tidak melakukannya lagi. Tetap saja, dia terus berpikir tentang mesin terbang, dan dia menunjukkan kepada kami gambar untuk helikopter 36-hp, satu orang dengan berat hanya 156 pound, ditambah pengembangan dua tempat Malaikat dengan inovatif, murni aerodinamis, tidak bergerak- bagian antitorque system yang berfungsi hanya dengan main-rotor downwash.

Bahwa Gandini adalah ahli desain adalah di luar diskusi dan terkenal, bahkan jika dia tidak. Bahwa dia juga seorang insinyur yang sangat baik terbukti dari beberapa proyek masa lalunya, seperti Stratos. Tapi dia juga anggota dari kategori pencipta yang paling dihormati (dan paling dicerca): seorang penemu. Tidak, bukan penemu gila dari banyak buku,

Lanjutkan membaca di sini: Lancia Stratos

Apakah artikel ini berguna?

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020