Work Wheels Official

Meninggalkan mobil dalam waktu lama akan menurunkan kinerja aki atau aki kendaraan. Umumnya kondisi ini sering disebut dengan baterai "overdrawn" atau "soak".

Jangan langsung menilai aki kendaraan Anda rusak total dan menggantinya dengan yang baru. Sebagai alternatif, aki kendaraan dapat di-jumper dengan aki mobil lain dalam kondisi optimal. Setidaknya dalam keadaan darurat, mobil masih bisa dihidupkan untuk dibawa ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut atau ke tempat yang dituju.

Hanya saja tidak sedikit orang yang kurang paham cara melompati aki mobil yang benar dan aman. Menurut Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group PT MMKSI, perawatan aki merupakan hal yang cukup mudah namun sering dilewatkan pengguna. Untuk merawat kondisi aki, selain mengecek air aki, pengguna juga perlu rutin menyalakan kendaraan minimal 5 menit setiap hari. Namun, bila aki mobil "aus" atau tidak lagi dapat menghidupkan mesin dan listrik di dalam mobil, solusi tercepat adalah dengan melompati aki. Atau teknik mengalirkan listrik dari aki lain yang masih bagus, ke aki mobil yang bermasalah.

Begini caranya,

Gunakan kabel khusus

Ini yang terpenting, karena Anda harus menggunakan kabel khusus untuk jumper baterai. Hal tersebut dikarenakan arus listrik saat start mobil sangat tinggi, sehingga harus menggunakan kabel dengan kapasitas yang besar. Kabel jumper relatif mudah ditemukan dan banyak dijual di toko aksesoris mobil.

Menggunakan mobil dengan kapasitas baterai yang sama atau lebih besar

Selanjutnya adalah menggunakan mobil dengan kapasitas baterai sama atau lebih besar dari mobil yang Anda gunakan. Yang harus diperhatikan adalah tegangannya harus sama, misalnya 12 volt.

Posisikan mobil berdekatan

Proses selanjutnya adalah memposisikan kedua mobil agar kabel jumper bisa mencapai aki masing-masing, karena umumnya kabel jumper tidak terlalu panjang. Anda bisa mengatur posisi mobil saling berhadapan atau bisa berdampingan. Pastikan juga posisi kedua mobil dalam kondisi aman dengan rem parkir aktif, jika mobil matic, posisikan tuas transmisi pada posisi 'P'. sedangkan transmisi manual dalam keadaan netral.

Hubungkan kabel jumper

Sebagai persiapan, pastikan semua kondisi mesin mobil tidak dalam keadaan menyala, kemudian perhatikan baik-baik posisi terminal positif dan negatif kedua aki. Biasanya kedua kutub terminal aki masing-masing ditandai dengan simbol positif (+) dan negatif (-), tanda lain juga terdapat pada tutup merah pada kutub positif. Jika kutub terminal aki kotor, harap bersihkan terlebih dahulu dengan kain.

Hubungkan penjepit kabel jumper merah ke kutub positif (+) dari aki normal (mobil A). Kemudian sambungkan penjepit kabel jumper merah lainnya ke kutub positif (+) aki yang bermasalah (mobil B). Kemudian pasang kabel jumper negatif ke kutub negatif (-) aki mobil A dan pasang sisi lainnya ke kutub negatif (-) aki mobil B, kemudian nyalakan mesin mobil A. Setelah dinyalakan, Anda mungkin perlu keluar. mesin bekerja selama beberapa menit untuk mengisi ulang baterai yang sudah aus. Untuk melepas kabel jumper saat mobil dinyalakan, anda harus dengan hati-hati melepas kabel negatif dari mobil B, kemudian melepas kabel negatif dari mobil A. Selanjutnya, lepas kabel positif dengan urutan yang sama dengan kabel negatif.

Jika mesin mobil Anda masih tidak mau hidup atau tidak bereaksi sama sekali, coba biarkan beberapa saat agar proses pengisian bisa lebih intens. Harus diingat bahwa langkah melompati baterai adalah keadaan darurat.

Jika Anda masih tidak bisa menghidupkan kendaraan dengan cara di atas, segera hubungi dealer atau bengkel terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020