Work Wheels Official

Sudah tau kan Jenis-Jenis Tambalan Ban Mobil Tubeless? Kalau belum tahu Om James mau kasih tahu apa saja nama-nama tempelan ban mobil. Yuk, simak penjelasan dari Om James di bawah ini!

Saat melaju di jalan raya, tiba-tiba ban bocor. Anda pasti kesal jika tiba-tiba ban mobil bocor. Jika itu terjadi, otomatis Anda akan mencari tambalan ban terdekat. Jika ban mobil Anda tubeless, Anda agak beruntung karena tidak langsung mengempis. Jadi, masih ada kesempatan untuk melanjutkan perjalanan untuk sementara waktu.

Sesampainya di bengkel pasti bingung memilih tambalan ban tubeless jenis mana. Untuk itu yuk kenali berbagai macam jenis tempelan ban mobil gaes.

Menambal ban cacing

Ini dinamai bentuk isian karet yang mirip dengan cacing. Padahal, nama aslinya adalah string tubeless.

Proses penambalan diawali dengan melebarkan lubang yang bocor dengan alat khusus yang menyerupai kail. Setelah itu, tambalan karet atau tali tubeless dimasukkan ke sana.

String tubeless cepat dan sangat praktis. Lagipula harganya murah. hanya dalam kisaran puluhan ribu. Tambalan ban jenis ini juga paling mudah ditemukan di sejumlah bengkel.

Namun, string tubeless tidak bertahan lama. Setelah empat atau enam bulan sejak pemasangan, ada potensi bekas bocor ke udara. Namun, tidak selalu demikian. Anda juga bisa menjaga ban tetap aman sampai diganti dengan yang baru.

Meski begitu, proses pemasangan ban dengan ban tubeless memiliki risiko tersendiri. Ada kemungkinan anyaman kawat ban bisa robek. Inilah yang akhirnya bisa merusak ban.

Tambal Ban Peluru

Sangat mirip dengan tambalan ban tubeless string. Mulai dari proses penambalan, keawetan, hingga harganya hampir sama. Satu-satunya yang membedakannya adalah bahan tambalan karetnya.

Pada patch ban peluru, patch karet berbentuk silinder dengan ujung yang tajam. Itulah awal penamaan sebagai patch ban peluru. Nanti "peluru" karet tersebut dimasukkan ke dalam lubang di ban yang bocor sebagai penutup.

Namun, tidak seperti tambalan ban cacing, tambalan ban peluru memiliki batasan. Tambalan ban jenis ini hanya dapat digunakan untuk tapak ban dan tidak disarankan untuk penambalan dinding ban. Pantas saja popularitasnya kalah dari string tubeless.

Tambal Ban Payung

Cara pengerjaan tambalan ban payung berbeda dengan tambal ban cacing dan peluru. Prosesnya lebih rumit dan memakan waktu lama, sekitar 1 jam. Hal ini dikarenakan penambalan dilakukan dari bagian dalam ban, sehingga Anda harus melepas ban dari pelek terlebih dahulu.

Penambalan dimulai dengan membersihkan permukaan bagian dalam ban yang bocor. Kemudian lubang tersebut dibor menggunakan mesin bor. Permukaan ban dalam juga dihaluskan.

Area tersebut kemudian direkatkan. Begitu juga dengan tambalan karet berupa batang dengan ujung mirip payung. Setelah itu material dengan batang besi didalamnya dimasukan kedalam ban dalam dan ditarik sedemikian rupa dari luar sehingga terpasang dengan kuat. Setelah itu ujung-ujung bahan yang tersisa dipotong.

Agar kuat, tambalan karet dikunci dengan penjepit yang dipasang di permukaan ban. Kemudian karet lembaran pada pangkal tiang dipanaskan hingga suhu kurang lebih 1.500 derajat celcius agar merekat dengan rapat.

Meski lebih rumit, menambal ban payung menjanjikan kekuatan dalam jangka panjang. Tambalan bisa bertahan hingga permukaan ban menipis. Tak heran jika harganya semakin mahal, mulai dari Rp. 75 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.

Pilih yang mana? Harap tentukan sesuai kebutuhan. Namun disarankan untuk membuat ban serep yang sudah terlanjur bocor. Pasalnya, kekuatannya pasti mengalami penurunan karena semua proses penambalan dilakukan dengan cara merusak material ban.

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020