Work Wheels Official

Spooring dan balancing mobil

Perawatan merupakan hal yang sangat wajib bagi setiap pemilik mobil untuk kendaraannya. Karena jika tidak dirawat dengan baik, mobil akan cepat rusak. Salah satu hal yang harus diperiksa secara rutin adalah kakibaterai mobil. Kaki-kaki mobil merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang kenyamanan berkendara. Kaki-kaki ini bertugas terlebih dahulu saat mobil hendak berjalan.

Untuk pemeriksaan kaki secara rutin, biasanya dilakukan setiap 3 bulan sekali. Karena kaki inilah yang akan menabrak jalan yang buruk terlebih dahulu. Lalu, mengapa kaki mobil harus diperiksa? Karena kaki-kaki mobil yang sehat tentunya akan memberikan kenyamanan yang prima dalam perjalanan. Mobil akan terasa empuk, bantingan pas, dan pastinya tidak menimbulkan suara bising saat mobil berjalan. Biasanya jika kaki sudah mulai mengalami sedikit kerusakan, akan ada masalah yang muncul.

Salah satunya adalah setir yang tidak stabil saat berjalan lurus. Hal ini dikarenakan kaki-kaki mobil sudah mulai seimbang kembali. Untuk itu, mobil harus spooring dan balancing. Bagi yang belum tahu, spooring sendiri merupakan proses penyetelan pada mobil untuk menyetel kembali semua roda mobil seperti pengaturan pabrik. Biasanya bengkel akan meluruskan roda depan karena merupakan bagian yang sering berubah sudut karena sering digunakan.

Spooring tentunya dilakukan di bengkel yang memiliki alat spooring. Lalu, apa saja ciri-ciri mobil yang sudah harus melakukan spooring dan balancing? Lantas, apa saja manfaat melakukan spooring dan balancing secara rutin? Adakah tanda-tanda yang bisa dijadikan patokan pemilik mobil sebelum benar-benar melakukan spooring dan balancing? Nah, kami akan mencoba membeberkan sedikit informasi mengenai ciri-ciri mobil yang sudah harus melakukan spooring dan balancing.

Kemudi bergetar

Saat berjalan lurus, setir mobil bergetar dengan kecepatan tertentu. Biasanya gejala ini akan terasa jika mobil melaju dengan kecepatan 60 km/jam di jalan lurus. Jika Anda merasakan hal ini, segera periksa kondisi kaki-kaki mobil Anda.

Roda Kemudi Tidak Lurus

Saat mobil melaju dengan kecepatan 60 km/jam, setir akan terasa goyang. Jika Anda mengalami hal ini, coba periksa kaki-kaki mobil. Jika kondisi kaki-kaki masih dalam kondisi baik, Anda hanya perlu melakukan spooring.

Roda kemudi tidak mau kembali ke posisi semula

Biasanya setir mobil yang sudah di-spook tidak akan kembali ke posisi semula. Ini adalah salah satu tanda jika mobil Anda harus melakukan spooring.

Trotoar

Mobil yang harus di-spoor biasanya akan berjalan miring. Keseimbangan pada mobil sudah menjadi tanda kerusakan parah. Ini biasanya karena roda depan telah berubah sudutnya dengan penggunaan.

Ban mulai botak

Selain faktor pemakaian, ada juga faktor lain yang mempengaruhi kebutuhan mobil untuk di-spooring. Salah satunya adalah kondisi ban yang sudah mulai aus atau botak. Biasanya ban yang kurang bagus akan berpengaruh pada kelurusan setir. Biasanya terjadi di roda depan.

Ban Terlihat Miring Saat Parkir

Saat parkir, Anda bisa melihat kondisi roda depan dari depan. Jika salah satu ban terlihat miring, ini tandanya mobil harus ngotot.

Kaki Patah

Jika kaki-kaki di bagian depan mobil rusak, spooring beberapa kali pun jelas tidak akan berpengaruh. Oleh karena itu, periksalah kaki-kaki mobil secara rutin. Lakukan pengecekan di bengkel kaki-kaki dengan membuka ban depan dan belakang.

Penyebab Perubahan Sudut Ban Mobil

Terkadang timbul pertanyaan mengapa sudut ban depan pada mobil ini bisa berubah dengan sendirinya? Carmudian bisa mendapatkan jawabannya secara langsung saat berkendara. Kondisi jalan yang rusak menjadi salah satu penyebab sudut ban berubah. Misalnya, mobil yang lebih sering melaju di jalan aspal mulus akan bertahan lebih lama di tikungan ban setelah spooring dibandingkan mobil yang sering melewati jalan rusak.

Kebiasaan pengemudi juga sangat berpengaruh. Banyak pengemudi tidak 'cinta' mobil yang mereka miliki. Menabrak lubang di kecepatan tinggi, parkir dengan setir yang tidak lurus, tidak rajin mengecek kondisi kaki-kaki adalah beberapa penyebab dan faktor mengapa sudut ban mobil berubah. Untuk itu, pemilik mobil diupayakan untuk lebih peduli dan 'mencintai'. mobil yang mereka miliki.

Menyeimbangkan

Setelah membahas apa itu spooring, mari kita bahas tentang balancing. Apa itu penyeimbang? Spooring dan balancing biasanya merupakan perawatan rutin bagi pemilik kendaraan. Balancing sendiri merupakan proses untuk menyamakan berat semua roda pada mobil. Setiap ban atau roda pada mobil pasti memiliki berat yang berbeda-beda. Agar semua roda memiliki bobot yang sama, maka dari itu dilakukan penyeimbangan pada roda tersebut.

Penyeimbangan dilakukan dengan menambahkan besi kecil, atau timah ke pelek agar berat masing-masing merata. Biasanya besi atau timah kecil ini diletakkan di bagian luar atau dalam pelek. Jika tidak dilakukan balancing, sudah pasti saat mengendarai mobil akan sangat tidak nyaman. Entah mobil menjadi tidak stabil, atau mobil terasa goyang saat melaju di jalan lurus.

Waktu Penyeimbangan Mobil

Kapan pemilik mobil biasanya menyeimbangkan mobil mereka? Biasanya ini dilakukan saat Carmudian mengganti ban baru. Selain membeli ban baru, Anda juga bisa melakukan beberapa balancing saat ingin mengganti pelek. Namun, bagi sebagian orang penyeimbangan ini juga dilakukan secara berkala setiap 20 ribu km atau setahun sekali. Namun pemilik mobil ini harus ingat, jika jalan yang dilalui setiap hari adalah jalan yang rusak, maka sudut pada roda dan keawetan kaki-kaki tentunya akan berbeda dengan mobil yang selalu melaju di jalan aspal mulus.

Sebelum benar-benar melakukan spooring dan balancing, ada baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu pada kaki-kaki mobil. Periksa bagian-bagian komponen kaki-kaki seperti bushing arm, tierod, long tierod, suspensi, penyangga karet shockbreaker, stabilizer link dan beberapa komponen lainnya. Karena percuma melakukan spooring tapi kondisi kaki-kaki sudah rusak. Sehingga spooring yang akan dilakukan nantinya dipastikan tidak maksimal. Sebaiknya lakukan spooring ini setelah mengganti komponen kaki-kaki. Sehingga spooring yang akan dilakukan ini akan jauh lebih maksimal.

Editor: Dodi

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020