1972, merupakan awal emas dari Fiat 126. Saat itu Fiat Topolino Cinquecento atau Fiat 500 telah memasuki akhir masa produksinya. Fiat perlu memperbarui mobil dengan dimensi kecil agar kompak di perkotaan dan kapasitas mesin kecil untuk menghemat bahan bakar. Fiat 126 kemudian menjadi solusinya.
Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Turin Auto Show, Oktober 1972. Selanjutnya karena desainnya yang cukup modern saat itu, mobil ini banyak diminati oleh masyarakat Italia. Fiat mencatat telah melampaui angka produksi sekitar 5 juta unit untuk 126 model di seluruh dunia.
Rasanya seperti Toyota Agya atau Avanza di masa itu, di mana di setiap belokan, di setiap jalan ada Fiat 126.
Fiat 126 kemudian menjadi ikon Italia. Memang memang tidak sebesar Fiat 500, tapi Fiat 126 cukup bikin pikiran melayang ke seporsi pizza yang renyah, kelembutan untaian spaghetti, scoop ice cream yang enak hingga lintasan sang model acara di Milan. Budaya pop masyarakat tahun 1970-an di Italia.
Bahkan Tom Hanks sangat menyukai mobil ini dan begitu antusias saat menerimanya sebagai hadiah dari Warsawa, Polandia pada tahun 2017 lalu.
Econobox ini kemudian dicoba untuk "diremajakan" oleh desainer Italia, Andrea Della Vecchia, punggawa Ma-De Studio. Meski hanya rendering desain, tidak menutup kemungkinan jika Fiat tertarik untuk mewujudkannya. Mengingat Fiat 126 telah mengalami masa produksi yang sangat lama yaitu 1972 – 2000.
Mengusung nama Fiat 126 Vision, ini adalah prototipe berupa gambar dari Fiat 126 All Electric, dengan tujuan yang sama yaitu menjadikan Fiat 126 'hijau'. Bentuknya sengaja dipertahankan seperti bentuk asli Fiat 126 demi menjaga keaslian dan ikon Italia-nya.
Jika Fiat benar-benar memperhatikan desain Ma-De Studio, maka itu adalah keputusan yang tepat untuk menjaga legenda itu tetap hidup dan melestarikan ikon budaya Italia di luar negeri.