Work Wheels Official

Ban sangat penting untuk keselamatan kendaraan. Ini sangat benar karena ban terbukti sangat penting dalam mendukung pengereman. Ban adalah satu-satunya komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan raya. Mobil pun melaju dengan menggunakan ban. Namun, peran vital ban bukan hanya sekadar memastikan mobil bisa melaju dengan baik. Lebih dari itu, ban juga mendukung keselamatan dengan memastikan pengereman yang tepat.

Prinsip Kerja Pengereman Mobil

Secara garis besar mobil melakukan tiga proses dalam pengereman mobil. Setiap proses memiliki kegunaannya sendiri. Namun, semuanya terkait.

Gesekan Mobil dan Perpindahan Gravitasi

Sistem kerja rem umumnya didasarkan pada gesekan ban dan permukaan jalan. Mobil tersebut memiliki sistem rem yang berguna untuk menambah beban pada ban. Ini kemudian digunakan untuk membuat gesekan untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Gesekan terjadi saat ban berhenti berputar dan statis. Akibatnya terjadi efek gesekan pada kedua permukaan tersebut. Suara mencicit saat pengereman adalah contoh nyata. Pada proses ini terjadi pergeseran pusat gravitasi kendaraan sesuai dengan rem aktif. Namun, biasanya pengereman akan dimulai dengan rem depan dan kemudian roda belakang.

  • Mengubah Energi Kinetik Menjadi Energi Panas

Proses pengereman juga terkait dengan perubahan energi kinetik menjadi panas. Saat rem diinjak, mobil tidak bisa langsung berhenti. Kendaraan cenderung terus melaju. Ini karena mesin tidak bisa kehilangan tenaga seratus persen. Jadi, untuk mengurangi kecepatan, dilakukan perubahan gaya kinetik menjadi panas. Saat kendaraan direm, akan terjadi gesekan. Saat itu, kecepatan putar roda yang diubah menjadi panas. Kemudian energi panas yang muncul akan langsung dibuang ke udara.

  • Prinsip Tuas Pada Pedal Rem Dengan Tekanan Hidrolik

Perlu dipahami, pedal rem bekerja dengan prinsip tuas yang mampu mengubah tekanan pedal kecil menjadi lebih besar tepat di master silinder. Saat pedal rem ditekan, master silinder akan mengubah tekanan yang diberikan menjadi hidrolik. Tekanan yang didapat kemudian akan disalurkan ke silinder roda atau kaliper rem yang ada di tromol mobil. Dengan hukum Pascal, ini mengaktifkan cakram, bantalan rem, atau bantalan rem untuk mengurangi putaran ban.

Peran Ban dalam Pengereman

Pengereman adalah sistem yang kompleks. Proses di baliknya cukup banyak. Namun secara umum, pengereman terjadi ketika gesekan antara ban dengan jalan raya dapat menggerakkan gravitasi mobil. Ketika terjadi gesekan, pada saat yang sama energi kinetik berubah menjadi panas. Selain itu, master silinder juga mengubah prinsip tuas pedal rem menjadi hidrolik untuk mengurangi kecepatan. Rangkaian proses ini memungkinkan pengereman dilakukan. Namun, untuk bisa berjalan dengan baik dibutuhkan ban yang dalam kondisi prima. Selain sebagai peranti rem mobil, ban merupakan komponen yang membuat mobil benar-benar berhenti. Gaya gesek yang memungkinkan hal ini. Nantinya gesekan ban terhadap permukaan jalan akhirnya menghentikan kendaraan.

Tak heran, peran ban dalam pengereman sangat penting. Mobil itu hanya memiliki empat ban. Lalu, luas tapak ban di permukaan jalan tidak lebih besar dari telapak tangan. Karenanya, ban harus dalam kondisi baik agar pengereman berjalan optimal. Yang pasti, kondisi tapak ban adalah kuncinya. Pastikan perkembangannya tidak tergerus dan lekukan ban masih dalam, agar daya cengkeram mobil optimal. Ban yang menipis atau terkikis secara tidak merata akan membuat pengereman menjadi sulit. Traksi bisa hilang sehingga pengereman tidak optimal. Ini lebih rentan saat berkendara di jalan basah.

Oleh karena itu, agar rem dapat bekerja dengan baik, kondisi ban harus baik. Tanpanya, pengereman tidak akan maksimal karena ban menghentikan kendaraan di permukaan jalan.

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020