Langkah Cerdas dalam Menekan Emisi Yang Disebut AdBlue TheGasPol.com

By | 2019-03-21T12:31:54+00:00 March 21st, 2019|Velg Mobil|

Mulai dari tontonan vlog seorang sopir truk wanita Polandia di YouTube, setiap kali ia mengisi bahan bakar diesel, wanita cantik itu juga mengisi bahan cair lain ke dalam tangki yang berbeda. Dalam gambar, Anda dapat melihat stasiun pengisian bahan bakar di Trans Eropa, yang memiliki dispenser pengisian biru lain yang bertuliskan Adblue, yang berdekatan dengan mesin dispenser bahan bakar diesel.

Apa itu AdBlue?

Adblue adalah temuan yang cukup baru di tahun 2005 sebagai upaya untuk mengurangi emisi gas buang untuk menyambut peraturan Euro 6. Teknologi Turbocharger sebagai induksi udara dinyatakan tidak cukup untuk membuat mesin diesel efisien dan ramah lingkungan sesuai dengan sistem Euro 6.

AdBlue sendiri adalah cairan biru yang disebut Diesel Exhaust Fluid (DEF). Dalam praktiknya, AdBlue bekerja bersama dengan Selective Cataltic Reduction (SCR) dalam gas buang atau sistem pembuangan.

Baca juga: Maserati Quattroporte Memiliki Opsi Mesin Diesel di India

Dipatenkan oleh Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA), AdBlue bekerja dengan menyemprotkan waktu tertentu yang dipesan melalui modul ke pipa gas buang. Cairan ini mengandung larutan urea yang bila dicampur dengan gas alam akan bereaksi menetralkan pembakaran nitrogen oksida (NOx) menjadi campuran air dan nitrogen.

Teknologi ini telah digunakan sejak Euro 6 mulai diratifikasi pada 2014. di Eropa sendiri sebagai penganut Euro 6 yang memproduksi kendaraan bermesin diesel berteknologi tinggi, tangki AdBlue telah dipasang sebagai standar di setiap unit produksinya.

Infrastruktur pendukung itu sendiri, seperti stasiun pengisian AdBlue, telah berafiliasi dengan stasiun pengisian bahan bakar diesel di lokasi mesin dispenser yang berdekatan. Sehingga memudahkan pengemudi kendaraan bermesin diesel saat mengisi ulang.

Selain tersedia di semua stasiun pengisian bahan bakar di Eropa, AdBlue sendiri juga dipasarkan dalam bentuk kemasan Jerrycan dengan berbagai opsi kapasitas. Teknologi ini kemudian dianggap sebagai langkah cerdas dalam solusi untuk mengurangi polusi akibat gas buang dari kendaraan bermotor.

About the Author: