Langsung Tarra "Japri" untuk Pertanyaan Tentang Toyota TheGasPol.com

By | 2019-03-05T10:41:12+00:00 March 5th, 2019|Velg Mobil|

PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan Toyota Interactive Virtual Assistant chatbot atau disingkat Tarra, Selasa (5/3) di Jakarta.

Tarra akan membantu pelanggan potensial mendapatkan informasi tentang mobil Toyota, mulai dari harga hingga dealer. Peluncuran ini didorong oleh keinginan Toyota untuk memberikan akses mudah ke informasi bagi calon pelanggan.

"Kami ingin memberikan kemudahan kepada pelanggan kami, apakah mereka ingin membeli atau ketika mereka memiliki kendaraan kami," kata Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor.

Henry mengatakan bahwa perjalanan konsumen dalam membeli kendaraan tidak lepas dari proses pencarian informasi. Di era digital, seperti sekarang, mayoritas konsumen akan melakukannya di internet.

"Jika pelanggan memiliki pertanyaan (tentang produk Toyota), itu dapat dijawab langsung oleh Tarra," lanjut Henry.

Untuk menggunakan layanan chatbot ini, konsumen dapat melakukannya melalui aplikasi LINE dengan menambahkan akun @TotaotaID dan Facebook Toyota Massenger. Tarra sendiri siap melayani pertanyaan calon pelanggan selama 7 hari, 24 jam non-stop.

Untuk membawa Tarra ke tengah-tengah konsumen, Toyota berinvestasi sekitar 3 miliar rupiah.

Nasib para dealer di era digital

Tidak dapat dipungkiri bahwa era digital membawa perubahan besar dalam aktivitas jual beli yang dilakukan oleh masyarakat setiap hari. Situs jual beli online memungkinkan pembeli untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus meninggalkan rumah.

Dalam industri otomotif, kemudahan transaksi belum mencapai tahap itu karena sejumlah alasan. Bagi Toyota, strategi digital yang dijalankannya saling melengkapi.

"Di masa depan kita akan melihat campuran antara online dan offline (dealer). Digital akan membantu pelanggan menemukan informasi dengan lebih mudah. ​​Tetapi pada akhirnya pelanggan akan tetap datang ke dealer untuk test drive misalnya," tutup Henry.

Menurut catatan pada Agustus 2018, Toyota memiliki sebanyak 324 dealer yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

About the Author: