Work Wheels Official

Mazda sedang mempersiapkan perakitan untuk mobil listrik pertamanya

Menyambut Masa Depan, Mazda Bersiap Menghadirkan Mobil Listrik – Sebuah berita dari media otomotif Jepang beredar yang mengatakan bahwa Mazda kini telah membuka fasilitas pabrik di Kota Hiroshima dan Yamaguchi. Menurut laporan terakhir, Mazda akan mulai mengoperasikan fasilitas itu pada Juni 2020. Di mana, pabrik akan digunakan sebagai titik perakitan untuk mobil listrik pertamanya, MX-30.

Sudah menjadi rumor sebelumnya, akhirnya mobil SUV ramah lingkungan yang kini sudah mulai berproduksi. Bertempat di pabrik Ujina No.1, Hiroshima, jumlah model yang dilaporkan akan terbatas, tidak segera banyak.

Menyambut Masa Depan, Mazda Bersiap Menghadirkan Mobil Listrik

Di sisi lain, persiapan Mazda dalam merakit MX-30 adalah jawaban konkret untuk permintaan pasar Eropa, yang semakin memperketat regulasi emisi. Artinya, Mazda masih terus mengikuti alur kebijakan pasar otomotif di Eropa yang ternyata pangsa pasar Mazda masih kuat di sana.

Di satu sisi, perlu juga dicatat bahwa Mazda MX-30 kabarnya akan mengusung teknologi elektrifikasi yang disebut e-Skyactiv1. Di mana, nantinya mobil listrik terbaru mengklaim pabrik Jepang akan mengusung sistem satu motor listrik di roda depan. Spesifikasi menghasilkan daya tertinggi 107 kW atau 144,9 PS, dengan torsi 264 Nm.

Kemudian, untuk sumber listriknya sendiri, kabarnya Mazda akan membawa baterai Li-Ion dengan kapasitas 35,5 kWh yang tertanam di lantai. Dari berbagai laporan, baterai yang diusung oleh mobil Mazda ini diklaim bertahan berkeliaran sejauh 200 Km.

Jangan berhenti di situ, yang menarik adalah bahwa Mazda MX-30 kabarnya akan mengusung teknologi pengisian konektor DC 50kW. Yang akan membuat waktu pengisian baterai lebih cepat, yaitu sekitar 30 hingga 40 menit hingga baterai terisi penuh.

Kemudian, untuk memaksimalkan jangkauannya, Mazda dikabarkan juga akan menerapkan versi Rotary Range Extener yang tidak lain adalah teknologi terbaru seperti Plug-in Hybrid.

Sekarang, mengenai label harga, kemungkinan besar harga Mazda MX-30 di pasar Eropa akan dipatok pada $ 35.000 atau setara dengan Rp 520 juta. Belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai informasi terperinci tentang mobil Mazda terbaru ini.

Leave a Reply