Work Wheels Official

Jumlah penjualan mobil mengalami penurunan super tinggi pada Mei 2020

Penjualan mobil jatuh lagi pada Mei 2020 – Seperti diketahui bahwa sejak pandemi Covid-19 yang meletus di Indonesia sejak Maret 2020 lalu, penjualan mobil mengalami penurunan yang merupakan dampak dari pandemi tersebut.

Bahkan, baru-baru ini Gaikindo mengumumkan jumlah penjualan kendaraan roda empat di pasar otomotif Indonesia pada Mei 2020, diketahui terus mengalami penurunan yang drastis. Ini tentu saja tidak bisa dilepaskan dari dampak pandemi Corona pada awal periode normal baru saat ini.

Penjualan mobil jatuh lagi pada Mei 2020

Di mana, secara rinci bahwa jumlah penjualan ritel pada periode diketahui hanya ada setidaknya 17.083 unit mobil yang terjual. Angka itu turun drastis sebanyak 82% dibandingkan penjualan pada Mei 2019 yang sebesar 93.881 unit.

Sementara di sisi lain, penjualan partai besar atau dari pabrik ke dealer juga mengalami penurunan tinggi, yaitu 95 persen.

Pasalnya, dari 84.109 unit yang terjual pada Mei 2019, jumlahnya kini turun menjadi 3.551 unit selama Mei 2020. Sedangkan pada periode ini ada libur Idul Fitri 1441 H yang biasanya mampu mendongkrak pasar hingga 40 persen.

Di satu sisi, penjualan mobil di pasar domestik pada periode tahunan, yakni dari Januari hingga Mei 2020 hanya terjual sebanyak 248.310 unit. Angka itu turun sekitar 41% yang pada periode yang sama di 2019 mampu menjual lebih banyak hingga 422.497 unit.

Perlu dicatat bahwa penurunan penjualan mobil di pasar otomotif Indonesia sebelumnya telah diprediksi oleh Gaikindo. Yang mana, Yohannes Nangoi sebagai Ketua Asosiasi, memberikan pernyataan bahwa selama April hingga Juni 2020 akan ada pelemahan mengingat keberadaan program pemerintah PSBB yang diluncurkan oleh pemerintah di berbagai daerah.

"Lalu ada Idul Fitri, kemungkinan penjualan mobil (Mei) akan terus menurun. Bahkan, bisa lebih rendah dari April. Namun, kami masih optimistis pada semester kedua pemulihan akan dimulai," katanya baru-baru ini .

Melihat kondisi ini, tentu saja wajar jika sekarang banyak program atau promo yang ditawarkan oleh dealer dari berbagai merek untuk meningkatkan penjualan mobil. Seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan banyak lagi.

Leave a Reply