Melemahnya Penjualan Lokal, Toyota Indonesia Sekarang Fokus pada Pasar Ekspor

By | 2019-11-28T04:30:20+00:00 November 28th, 2019|Velg Mobil|

Toyota Indonesia Mulai Berfokus pada Ekspor Mobil ke Luar Negeri – Daya beli masyarakat kendaraan yang lambat, terutama di segmen mobil, tampaknya telah memicu beberapa produsen untuk membuat strategi khusus sehingga penjualan tetap stabil. Bahkan, salah satu pabrikan otomotif asal Jepang, yaitu Toyota, mengisyaratkan bahwa grafik penjualan mobil di pasar domestik akan turun sebesar 6%.

Itu tentu juga tidak lepas dari perhitungan angka penjualan mobil yang memang sepertinya mengalami penurunan. Salah satunya adalah dari catatan Gaikindo yang mencatat penjualan partai besar mobil di pasar nasional disimpulkan bahwa penurunan cukup tinggi hingga 11,7% pada periode Januari-Oktober 2019.

Toyota Indonesia Mulai Berfokus pada Mengekspor Mobil ke Luar Negeri

Mengenai angka penjualan yang menurun, salah satu pabrikan raksasa Jepang, yaitu Toyota, tampaknya masih mendominasi penjualan mobil di Indonesia. Dimana pabrikan mampu mencapai penjualan pangsa pasar sebesar 32,4% dari total penjualan semua mobil di Indonesia.

"Memang, perlu diakui juga bahwa tren pasar sedang menurun, tetapi target ekspor kemungkinan akan meningkat. Rata-rata ekspor kita ke Asean dan Timur Tengah, kondisinya saat ini lemah tetapi cenderung membaik," kata Direktur Administrasi , Hubungan Korporat dan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azzam baru-baru ini di Jakarta pada hari Rabu (27/11/2019).

Di sisi lain, Azzam mengatakan bahwa ekspor dan pasar luar negeri sebenarnya memiliki grafik yang cukup stabil. Dia mengatakan jika pasar global mengalami pasang surut yang mengikuti preferensi konsumen.

Perlu dicatat bahwa ada beberapa mobil Toyota yang diekspor ke luar negeri dengan angka penjualan yang cukup menggembirakan. Beberapa dari mereka seperti Fortuner, Innova, Vios, Yaris, Sienta, Rush, Avanza, Agya, dan Townace.

Meskipun di pasar domestik penjualan menurun, selama periode antara Januari-Oktober 2019, ekspor Toyota telah mencapai 178.500 unit mobil. Ini adalah angka yang sedikit meningkat dibandingkan periode yang sama di tahun 2018.

Tentu saja, potensi ekspor mobil ini akan menjadi fokus Toyota Indonesia sambil menunggu pasar domestik stabil.

About the Author: