Mengintip Spesifikasi Kendaraan Tempur P6 ATAV buatan Indonesia TheGasPol.com

By | 2019-02-13T23:34:07+00:00 February 13th, 2019|Velg Mobil|

Ranpur atau kendaraan tempur adalah alat taktis milik prajurit TNI untuk bertarung di medan perang. Memang, ranpur ini harus ulet dan memiliki kemampuan jelajah lebih dari mobil pada umumnya.

Indonesia harus bangga, karena telah mampu memproduksi kendaraan tempurnya sendiri beberapa tahun yang lalu. Salah satunya yang masih cukup hangat adalah P6 ATAV, kependekan dari All Terrain Assault Vehicle.

Kendaraan ini diproduksi oleh PT Sentra Surya Ekajaya (SSE) adalah kendaraan taktis yang dirakit di Tangerang. Saat ini P6 ATAV digunakan sebagai armada untuk prajurit Pasukan Khusus Tentara Indonesia (Kopassus) dan Korps Pasukah Khas Angkatan Udara Indonesia (Paskhas). Selain menjadi kendaraan yang andal bagi prajurit Kopassus dan Paskas, kendaraan taktis ini digunakan oleh Presiden Joko Widodo pada beberapa kesempatan.

Dalam pameran peralatan perang beberapa waktu lalu, Eko Joyo Saputro yang bertindak sebagai Staf Operasional SSE mengatakan bahwa sampai sekarang pengguna masih dari Kopassus dan Paskhas. Hingga saat ini kami telah memproduksi 20 unit.

Dari informasi spesifikasi yang diperoleh, P6 ATAV dirancang untuk digerakkan di semua medan, terutama untuk melintasi rute ekstrem. Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin diesel 2.500 cc empat-slipper yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 142 tenaga kuda dengan transmisi otomatis enam percepatan. Tangki bensin dapat menampung 120 liter yang dapat digunakan untuk menjelajah sejauh 500 kilometer.

"Untuk mesin itu sendiri mereka tidak terpaku dengan apa yang sekarang. Kita bisa menyesuaikan penggunaan mesin sesuai dengan kebutuhan konsumen, bisa mesin bensin atau mesin diesel. Ada juga beberapa merek mesin yang digunakan, bisa ada mesin buatan Jepang atau mesin buatan Austria dari Steyr (Magna Steyr), "jelas Eko.

P6-ATAV memiliki dimensi yang luas dan sekilas seperti jip Humvee yang digunakan oleh angkatan bersenjata Amerika Serikat. Dimensinya panjang 4,6 m, lebar 2,3 m dan tinggi 1,5 m.

Pengendara dan tentara dilindungi oleh bingkai tubular, sementara sisi tidak dilengkapi dengan pintu dan kaca. Untuk meningkatkan keamanan prajurit, pabrikan melengkapi bagian depan dengan kaca anti peluru.

P6 ATAV juga menggunakan ban tipe run flat run, yang membuat mobil tetap bisa bergerak meski dalam kondisi ban kempes.

Selain itu ada empat sisi yang bisa digunakan sebagai tempat penyerangan senapan serbu. Ini menyediakan penyangga senjata di bagian atas, kanan dan kiri. Misalnya di atap senapan serbu dengan peluru kaliber 7,62 mm dapat dipasang di bagian itu.

Lebih lanjut, SSE menekankan bahwa mobil ini telah diuji untuk menahan kerugian. Misalnya, digambar menggunakan sling atau diturunkan dari ketinggian tertentu dari bidang Hercules.

About the Author: