Menunggu kehadiran Hyundai Kona di Indonesia TheGasPol.com

By | 2019-03-19T12:12:59+00:00 March 19th, 2019|Velg Mobil|

Dari rumor yang beredar di kalangan rekan-rekan media otomotif domestik, Hyundai Kona yang dikabarkan akan hadir di Indonesia. Ini dimulai dengan penemuan daftar crossover dari Hyundai pada halaman Informasi Nilai Penjualan Kendaraan Bermotor (NJKB) dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian kita mencari pertanyaan tentang kebenaran, sebenarnya memang ada. Dalam tabel nilai harga jual dasar kendaraan tercantum Hyundai Kona 2.0 AT. Hanya ada satu nama Hyundai Kona dalam daftar, yang berarti bahwa PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) hanya akan menjual salah satu varian crossover SUV (Sport Utility Vehicle) utamanya.

Pada halaman milik Kantor Pajak dan Retribusi Daerah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Hyundai Kona terdaftar dengan harga Rp. 218 juta. Harga ini adalah harga dasar yang belum dikenakan biaya penamaan terbalik untuk kendaraan baru.

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010, tentang Pengalihan Biaya Hak Kendaraan, untuk Biaya Transfer, nama kendaraan baru atau pertama dikenakan pajak 10% dari harga dasar untuk provinsi DKI Jakarta. Artinya, setidaknya Hyundai Kona 2.0 AT akan dijual dengan harga tidak kurang dari Rp. 239,8 juta. Bisa jadi PT HMI akan merilisnya dalam jumlah Rp. 300 juta mengingat ada biaya lain yang mungkin ditambahkan ke angka penjualan.

Tidak jelas kapan tanggal resmi Kona akan mulai dipasarkan di Indonesia. Namun yang jelas, Hyundai Kona 2.0 AT akan berhadapan dengan Chevrolet Trax, Honda HR-V Prestige, Toyota CH-R, Mitsubishi Outlander Sport dan pemain baru Wuling Almaz. Semua main di kisaran harga Rp. 300 juta untuk segmen crossover SUV.

About the Author: