Merosot di Pasar Lokal, Ekspor Mobil Naik

By | 2020-04-21T15:50:01+00:00 April 21st, 2020|Velg Mobil|

Penjualan mobil dari pabrik-pabrik Indonesia di luar negeri (ekspor) kini mengalami peningkatan.

Ekspor Mobil di Indonesia Alami Peningkatan – Dari data yang dicatat, pada kuartal pertama 2020, penjualan mobil di Indonesia turun. Agaknya, pandemi Covid-19 diklaim sebagai penyebab utama yang memicu berkurangnya permintaan pasar untuk mobil.

Bukan tanpa alasan mengingat bahwa berdasarkan laporan baru yang dikutip dari Gaikindo pada 21 April 2020, dilaporkan bahwa penurunan penjualan dari dealer ke konsumen turun 15,9% pada Q1 pada 2020. Secara total, penjualan ritel mobil baru Selama Januari hingga Maret 2020 dilaporkan bahwa hanya penjualan 219.361 unit yang dicatat.

Ekspor Mobil di Indonesia Alami Peningkatan

Namun, menarik bahwa meskipun penjualan di pasar domestik turun dengan bebas, ekspor rakitan manufaktur Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, terutama jika dibandingkan dengan 2019 yang lalu. Berdasarkan data, ekspor kendaraan oleh CBU sendiri mengalami peningkatan 9,4% dibandingkan periode yang sama di 2019.

Jangan berhenti di situ, meski berdasarkan data yang sama, Januari-Maret 2020 industri otomotif domestik mampu mengekspor sebanyak 77.315 unit mobil. Jika Anda melihat angka-angka ini, jelas bahwa angka tersebut mengalami peningkatan 70.647 unit pada kuartal pertama 2019.

Mengenai laporan itu, Jongkie D. Sugiarto sendiri sebagai Ketua I Gaikindo mengatakan bahwa penjualan di pasar luar negeri atau ekspor tidak ditargetkan. Namun, Jongkie sendiri juga tidak terlalu yakin jika kondisi peningkatan penjualan ekspor tetap terjaga mengingat kondisi dunia saat ini sedang dihadang pandemi Corona.

"Lagi pula, apakah hanya Indonesia yang terjangkit virus Corona? Negara tujuan ekspor juga terpengaruh. Tentunya penjualan di negara itu akan terpengaruh juga," begitu kata Jongkie jelas, beberapa waktu lalu.

Dengan menelusuri penjualan ekspor mobil di luar peningkatan alami, tentu saja produk otomotif di Indonesia telah mendapatkan kepercayaan dunia. Ini cukup terlihat dari nilai persentase ekspor mobil yang sebenarnya mengalami peningkatan signifikan.

About the Author: