Mitsubishi Challenger, cikal bakal The Pajero Sport TheGasPol.com

By | 2020-07-28T16:29:12+00:00 July 28th, 2020|Velg Mobil|

Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport adalah dua spesies yang berbeda. Meski memiliki nama yang sama, namun keduanya dibangun di atas desain yang berbeda.

Diakui oleh Mitsubishi Motors bahwa keputusannya untuk membuat Pajero Sport memang terinspirasi oleh kemenangan Pajero di reli Dakar. Reli terpanjang di dunia, dengan tingkat kesulitan tinggi yang cukup mematikan.

Inspirasi dari reli yang melahirkan mobil penumpang Mitsubishi di seluruh dunia, termasuk Indonesia dengan Mitsubishi Pajero Sport.

"Ketika kita berbicara tentang Mitsubishi Pajero Sport, kesan Dakar sangat kuat. Karena Mitsubishi Pajero Sport lahir dari DNA, Mitsubishi Pajero yang sukses memenangkan banyak kemenangan dalam reli Dakar dengan 12 gelar. Keberhasilan itu menjadi cikal bakal pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport. Walaupun jenisnya berbeda, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport memiliki kemiripan dalam hal ketangguhan dan daya tahan yang diuji dalam balap reli internasional, "kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Pajero Sport generasi pertama adalah model Sport Utility Vehocle (SUV) berukuran sedang yang pada saat itu diberi identitas Mitsubishi Challenger oleh Mitsubishi Motors. Mobil ini pertama kali dirilis pada tahun 1996 di Jepang.

Namun, penerimaan positif dilakukan setahun kemudian mobil itu diekspor ke beberapa negara. Kegiatan ekspor ini membuat Mitsubishi Challenger dikenal dengan nama berbeda di setiap negara, seperti Mitsubishi Pajero Sport (Eropa), Montero Sport (Amerika dan sekitarnya), Shogun Sport (Inggris) dan Strada G-Wagon (Thailand). Seiring dengan perkembangannya, mobil ini tidak hanya dirakit di Jepang tetapi juga di Cina pada 2003 dan Brasil pada 2006.

Pada generasi kedua, Pajero Sport semakin populer di berbagai negara. Termasuk Indonesia, Pajero Sport generasi kedua sangat diterima oleh masyarakat Indonesia sebagai SUV bermesin diesel yang memiliki keandalan yang baik dan nyaman dikendarai setiap hari.

Pada saat itu, Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan mesin 2.5L DOHC Turbocharged dan Intercooled Commonrail, 4 Cylinder In-line (4D56) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 ps dan torsi maksimum 324 Nm. Kemudian dua tahun kemudian, Mitsubishi Motors memberikan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) ke mesin DIra-D 2,5 liter agar lebih tangguh dan bertenaga tetapi tetap hemat bahan bakar. Selain mesin berbahan bakar diesel, di Indonesia Pajero Sport generasi kedua juga ditawarkan dalam pilihan mesin bensin 3.0 liter MIVEC V6 dengan 220 PS.

Memasuki generasi ketiga pada 2016, Mitsubishi Motors mulai memperkenalkan Pajero Sport generasi berikutnya dengan model yang sangat berbeda. Karakteristik Mitsubishi Dynamic Shield diterapkan dalam model itu.

Layar baru, juga dilengkapi dengan dapur pacu baru yaitu 4N15 2.4L MIVEC dengan kekuatan maksimum 181 PS dan torsi maksimum 430 Nm. Mitsubishi Pajero Sport generasi terbaru ini dilengkapi dengan transmisi otomatis 8 kecepatan baru, yang menawarkan perpindahan gigi yang lebih mulus dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Sektor kaki juga mendapat peningkatan, sehingga lebih nyaman dikendarai dan lebih mudah dikendarai di berbagai bidang.

Sejak diluncurkan dari 2009 hingga hari ini, penerimaan publik terhadap Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia sudah sangat baik dengan populasi mencapai 160.000 unit. Tidak hanya itu, selama sekitar 11 tahun hadir di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport juga telah menerima total 40 penghargaan dari media dan publik di Indonesia.

About the Author: