Nissan dan Docomo Jelajahi Fitur Visual Avatar di NV350 TheGasPol.com

By | 2019-03-13T06:12:55+00:00 March 13th, 2019|Velg Mobil|

Nissan dan Docomo kembali bekerja sama dalam hal meningkatkan teknologi canggih untuk dikendarai. Perusahaan otomotif Jepang bekerja sama dengan NTT Docomo sebagai perusahaan operator telekomunikasi seluler yang berbasis di Jepang untuk mencoba fitur Invisible-to-Visible (I2V) yang diterapkan pada kendaraan.

Dalam pengujian ini, Nissan menggunakan MPV (Multi Purpose Vehicle) berdimensi besar, sebagai media NV350. Pengujian dilakukan secara tertutup di area pengujian Nissan di Yokosuka, Jepang.

Teknologi Invisible-to-Visible, atau I2V, pertama kali diperkenalkan di Las Vegas Consumer Electronics Show (CES) pada Januari 2019. Teknologi I2V ini diperlukan untuk menggunakan perangkat jaringan seluler generasi kelima atau kelas 5G yang telah dimiliki oleh Docomo.

Pada prinsipnya, teknologi I2V adalah salah satu perkembangan dalam Nissan Intelligent Mobility yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya. Dengan sensor yang ditanam di dalam dan di luar kendaraan yang menggabungkan data dari cloud (ruang penyimpanan data digital), pengemudi dapat memproyeksikan objek yang tidak terlihat. Seperti objek di belakang bangunan, objek di belakang tanjakan dan tikungan yang terhalang oleh bangunan.

Fitur ini dirancang untuk keselamatan berkendara aktif juga dapat menghubungkan pengemudi dan penumpang melalui Metaverse atau ruang virtual yang dibuat dari proyeksi ruang nyata. Melalui Metaverse ini, orang lain seperti keluarga, teman, dan orang lain dapat melihat aktivitas kabin dalam bentuk dimensi Avatar.

Dalam pengujian, Docomo menggunakan fitur data berkecepatan tinggi dengan jaringan 5G terbaru yang mengubah data nirkabel yang memproyeksikan kondisi aktual di luar kendaraan menjadi kendaraan uji Nissan NV350. Di masa depan, baik Nissan dan Docomo akan menjelajahi fitur ini untuk dapat berinteraksi dua arah antara pengguna mobil dan orang-orang di sekitarnya.

Hingga saat ini, fitur Invisible-to-Visible belum direncanakan untuk diproduksi dalam waktu dekat. Nissan dan Docomo akan terus mengembangkan fitur-fitur canggih ini untuk meningkatkan pengalaman berkendara sesuai dengan prinsip-prinsip Nissan Intelligent Mobility.

About the Author: