Work Wheels Official

National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dan Indonesia Modification Expo (IMX) terus mendukung pengembangan dunia modifikasi dan komponen aftermarket di negara ini. Salah satunya adalah dengan secara aktif mendorong tagar #jagaotomotiveindonesia di tengah pandemi Covid-19.

Bentuk nyata adalah mengadakan sejumlah kegiatan online yang berharap dapat mendorong dunia modifikasi yang penuh gairah dan aftermarket di tengah keterbatasan. Beberapa kegiatan online yang digelar juga berhasil menarik ratusan peserta dengan melibatkan beberapa perusahaan komponen aftermarket, modifier, dan juga didukung oleh pembekalan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin RI).

"Kami tidak berharap bahwa aktivitas webinar online akan menarik banyak perhatian dari audiens. Perhatian audiens juga tidak berhenti begitu saja. Untuk beberapa merek aftermarket dan pengubah yang terlibat itu benar-benar membawa berkah dari penjualan, "kata Andre Mulyadi, sebagai pendiri NMAA dan Direktur Proyek IMX.

Di tengah implementasi Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB), dunia bisnis memang wajib berkreasi dalam melakukan pemasaran. Peran NMAA dan IMX dalam hal ini adalah menyatukan pasar potensial untuk produk-produk aftermarket atau layanan modifikasi yang dibutuhkan dengan bekerja sama dengan salah satu tempat pasar terbesar di Indonesia, Tokopedia. Karena sebenarnya, hampir semua pemain industri modifikasi telah mengubah cara mereka menjual melalui platform online dan pasar. Terbukti dengan meningkatnya nilai transaksi penjualan pada kategori otomotif Tokopedia yang sejak 2019 dan hingga kini mencapai 22 kali.

Yoong Motor Group telah mempromosikan penjualan online selama beberapa bulan. "Konsep penjualan online yang kami lakukan juga disertai dengan program promo. Misalnya, untuk setiap pembelian headlamp kami berikan lampu kabut gratis," kata Yomin Sugianto, punggawa Yoong Motor Group, sambil menyebutkan bahwa strategi tersebut tidak membuat penurunan penjualan tidak terlalu signifikan.

Sementara itu, V-Kool Indonesia memperkuat penetrasi penjualannya dengan sistem pick-up ball. "Penjualan kami bergantung pada penjualan otomotif. Secara internal kami melakukan perbaikan internal. Layanan penjualan yang giat dan bola pick-up tidak bisa santai. Kami bisa mengambil bola dan meletakkannya di tempat sambil mematuhi protokol kesehatan," kata Lianto Winata, Direktur Pengembangan Bisnis PT V-Kool Indo Lestari.

Hal yang sama juga dilakukan oleh bengkel spesialis interior Konsep Vertue. "Untuk penggantian interior mobil, konsumen tidak perlu meninggalkan rumah. Dengan persetujuan, tim kami akan membongkar interior mobil di lokasi pelanggan dan mengerjakannya di bengkel.

Selain itu, saat ini kami juga menyediakan fogging interior mobil di rumah konsumen, yang dapat menjaga interior mobil tetap bersih dan sehat, "kata Edy, pendiri Vertue Concept.

Sebagai perusahaan multinasional, Pioneer Indonesia juga mengikuti rekomendasi Pemerintah untuk #bekerja dari rumah untuk semua pekerja. Karena itu, sejak akhir Maret, Pioneer Indonesia telah memacu penjualan produknya secara online dan melalui pasar seperti Tokopedia. "Belum lama ini kami juga merilis produk-produk baru secara online sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih beragam. Produk baru tersebut adalah Pioneer Smart Unit Receiver yang berbasis Android, dengan layar 8 inci yang dapat dilepas dan digunakan setiap hari seperti tablet," kata Adi Wijaya sebagai Brand Manager Pioneer Indonesia.

Leave a Reply