Work Wheels Official

Mengenali penyebab oli mobil bocor dan solusi terbaik mengatasi oli bocor pada mobil

Kebocoran Oli Mobil – Tidak dapat dipungkiri bahwa oli merupakan salah satu aspek penting yang memiliki peran penting pada setiap kendaraan, termasuk mobil.

Dimana oli memiliki fungsi sebagai pelumas mesin yang memiliki kinerja atau mekanisme untuk melumasi setiap komponen untuk meningkatkan umur komponen dengan meminimalkan korosi dan gesekan antar bagian mesin yang bergerak.

Soal performa oli mobil sendiri, seringkali menimbulkan berbagai masalah. Diantaranya adalah kebocoran atau rembesan oli mobil yang sering menjadi kendala bagi sebagian orang.

Mengatasi Rembesan Oli Mobil

Jika mobil mengalami hal ini maka tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, indikasi bahwa ada kebocoran di ruang penyimpanan oli mobil.

Mengingat, jika kebocoran berupa rembesan sering terjadi, otomatis akan mengurangi kapasitas oli.

Dengan penurunan kapasitas oli berarti kinerja komponen mesin mobil juga mengalami penurunan pelumasan.

Karena itu, jangan abaikan masalah seperti ini. Anda bisa mengatasinya dengan berbagai langkah atau tindakan sederhana jika kerusakan atau kebocorannya tidak terlalu parah.

Nah, disini Mas Sena akan memberikan informasi terbaru mengenai penyebab dan solusinya perbaiki kebocoran oli mobil yang perlu Anda pahami secara mendalam.

Penyebab Oli Mobil Bocor

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang memicu rembesan oli pada mobil. Antara lain sebagai berikut.

Penyebab Oli Mobil Bocor

Segel Gearbox Robek

Salah satu penyebab paling kuat yang memicu masalah rembesan oli mobil, bisa dipicu oleh seal gearbox yang sobek atau seal crankshaft yang bocor.

Biasanya indikasi jika ada kerusakan pada seal gearbox, suara mesin mobil akan terdengar lebih keras dan sangat kasar.

Jika itu masalahnya maka Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Diperlukan langkah konkrit untuk mengatasi masalah minyak tersebut.

Tip Knalpot Bocor

Tak disangka, ternyata masalah rembesan oli mobil yang menetes ke bawah juga bisa dipicu karena seal klep mesin rusak.

Saat kondisi seperti ini terjadi pada mobil Anda, umumnya gejala tersebut akan disertai dengan berkurangnya tenaga mesin. Performa mesin tidak maksimal, karena putaran bawah.

Ini menandakan bahwa ada kebocoran oli yang merembes keluar dari kompartemen oli mobil itu sendiri.

Ada Kebocoran Oli Gardan

Di sisi lain, masalah yang tentunya menjadi kendala yang menyebabkan oli merembes bisa jadi karena adanya kebocoran oli pada gardan mobil.

Biasanya kebocoran oli gardan ditunjukkan dengan menetesnya oli di bagian bawah mesin mobil di sektor belakang.

Jika situasi seperti ini tiba-tiba terjadi maka Anda harus segera memperbaikinya. Mengingat, jika dibiarkan akan berdampak buruk pada sistem transmisi kendaraan.

Bahkan, jika Anda pernah mengalami kebocoran yang parah, bisa dipastikan biaya perbaikannya juga akan mahal.

Masalah dengan Roda Kemudi

Tidak berhenti sampai di situ, masalah bocornya oli mobil juga terjadi karena masalah pada roda gigi kemudi.

Penyebabnya juga sangat mungkin terjadi yaitu karena adanya kebocoran pada seal kompresor. Yang mana, akan berdampak pada pergerakan setir yang akan terasa berat.

Jika kondisi ini dibiarkan, tentunya akan jauh lebih berpotensi memicu kerusakan parah pada bearing chart dan permukaan gear itu sendiri.

Cara Mengatasi Rembesan Oli Mobil

Solusi terbaik untuk mengatasi atau setidaknya mencegah oli mobil merembes adalah sebagai berikut.

Kebocoran Oli Mobil

Mengganti Kemasan yang Rusak atau Aus

Pada setiap sambungan antar bagian atau komponen di dalam mesin, tentunya terdapat gasket yang berbeda untuk menjaga agar oli di dalam mesin tidak memiliki segel oli sementara.

Jika mobil digerakkan atau dijalankan oleh mesin, maka akan ada beberapa komponen yang bergerak, termasuk poros yang berputar.

Packing yang rusak biasanya akan memudahkan oli merembes keluar seiring dengan kinerja mesin mobil itu sendiri.

Kondisi seperti ini tentunya secara bersamaan akan bekerja merusak sealant dan gasket. Minyak mulai bocor perlahan, tetapi segera lubang itu menjadi cukup besar untuk membuat genangan air.

Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya mengganti packing yang sudah mulai aus agar tidak keluar rembesan oli.

Memperbaiki Bagian Gasket Pan Minyak

Untuk perawatan sendiri, Anda bisa mengatasi kebocoran oli mobil dengan memperbaiki paking panci oli.

Walaupun tidak memakan banyak biaya, namun akan memakan waktu yang lama. Ingat, Anda harus membuka atau melepas beberapa komponen untuk mencapai titik kerusakan.

Cara ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri, namun jika dirasa sangat ribet, Anda bisa menggunakan jasa mekanik profesional untuk memperbaikinya.

Memanfaatkan Sealant Oli Mesin

Kemudian, jika kondisi rembesan oli mobil kecil, maka Anda bisa menggunakan cairan seperti sealant yang dicampur dengan oli mesin.

Cara kerjanya cukup unik karena cairan ini akan menutup kebocoran dari dalam sekaligus berfungsi sebagai seal dan packing conditioner.

Kondisi lumer tentunya akan lebih mudah menyumbat beberapa titik yang dirasa ada kebocoran oli. Jadi, tanpa memberikan efek samping, sealant akan lebih mudah untuk menambal lubang atau celah pada komponen mobil.

Kencangkan Beberapa Baut Longgar

Tidak bisa dipungkiri kebocoran oli mesin pada mobil juga bisa dipicu karena beberapa baut yang kendor pada oli mesin.

Hal ini tentunya akan memberikan sedikit celah agar oli bisa keluar atau merembes saat mesin mobil distarter atau dalam kondisi bekerja.

Solusinya adalah dengan mengencangkan beberapa baut dengan kunci momen. Namun, model mobil yang berbeda memiliki spesifikasi pola yang berbeda dan toleransi yang cukup berbeda untuk menarik baut dengan kencang.

Cara ini sebenarnya merupakan salah satu langkah sederhana untuk menjaga baut yang mungkin kendor menjadi lebih kencang. Sebab, bisa saja dari baut yang kendor, nanti oli bisa merembes keluar.

Jadi, pastikan baut-baut pada bagian-bagian yang berhubungan dengan oli mesin dalam kondisi yang benar, tepat, dan kencang.

Biaya Perbaikan Oli Mobil Kebocoran

Jika melihat beberapa penyebab dan solusi masalah kebocoran oli di atas, tentunya bisa menjadi sumber referensi bagi Anda dalam meningkatkan performa oli mesin yang merembes atau bocor.

Dimana, beberapa penyebab di atas merupakan pemicu umum yang sering dialami oleh beberapa mobil. Sedangkan solusi di atas adalah cara mudah mengatasi oli mobil bocor.

Hanya saja, untuk perbaikan yang lebih spesifik dan matang tentunya bisa membawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki oleh teknisi yang lebih profesional.

Semoga ulasan beberapa cara mengatasi oli mobil bocor di atas bisa menjadi sumber referensi untuk Anda semua. Sampai jumpa dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020