PCX Akan Memiliki Mesin Baru, Benarkah?

By | 2019-12-23T22:04:49+00:00 December 23rd, 2019|Velg Mobil|

PCX dikabarkan akan mengusung mesin baru – Dua skuter premium dari pabrikan Jepang yang sama, yaitu NMax dan PCX memang telah menjadi dua model yang bersaing di segmen yang sama. Hanya saja, di atas kertas, tampaknya Yamaha NMax masih lebih unggul dari kompetitornya, Honda PCX. Wajar, mengingat mesin yang diusung NMax lebih besar dari para pesaingnya.

Di mana, Yamaha NMax sendiri diketahui telah membawa mesin VVA dengan mesin silinder tunggal berkapasitas 155 cc yang diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 15Tk dan torsi 13,9 Nm. Namun, PCX hanya mampu memberikan peningkatan daya 14,5 Tk dan torsi 13,9 Nm. Berbeda tipis, tetapi perbedaan kekuatan saat berkendara cukup mencolok.

PCX dikabarkan akan mengusung mesin baru

Jangan berhenti di situ, apalagi Yamaha NMax serba baru itu sendiri kabarnya sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi baru. Paling tidak, ada 3 fitur pada skutik yang tidak dimiliki oleh Honda PCX. Sebut saja seperti fitur konektivitas smartphone, kontrol traksi, dan suspensi sub-tangki.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika PCX Honda akan kembali dihadirkan dengan pengembangan mesin baru dengan kapasitas kubikasi yang lebih besar dan lebih canggih. Tentu saja, rumor ini merupakan upaya Honda untuk bersaing dengan NMax, yang memang memiliki prestise yang unggul.

Terkait dengan rumor tentang pengembangan mesin baru pada PCX itu sendiri, tampaknya itu akan menjadi fakta. Bahkan, desainnya kabarnya akan diperbarui agar lebih gagah dan sporty. Sementara itu, untuk landasan pacu mesin, rumor Honda akan meningkatkan jumlah katup dari 2 menjadi 4 dengan sistem DOHC yang siap memberikan semburan daya yang jauh lebih kuat.

Kemudian untuk soal fitur-fiturnya sendiri, kabarnya Honda PCX juga akan dipersenjatai dengan fitur Honda Torable Control yang dapat dipilih. Harus dikatakan bahwa teknologi ini telah dipasang pada skuter 250 cc, Honda Forza.

Namun, sangat disayangkan bahwa untuk Honda PCX bermesin baru, masih belum diketahui kapan akan diluncurkan. Yang jelas, tidak dalam waktu dekat. Kemungkinan Honda akan meluncurkan PCX bermesin baru ini pada tahun 2021.

About the Author: