Work Wheels Official

Ban lama kelamaan setelah dipakai terus-menerus, pasti ban mobil Anda akan terkikis. Pertumbuhan tapak atau ban harus berjalan merata. Namun, ada yang seperti itu sehingga harus diwaspadai. Ban merupakan komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan raya. Saat sudah aus berjalan, tapak ban terus menggelinding. Saat itu, material ban bergesekan dengan jalan tanpa henti. Ini secara bertahap mengikis permukaan ban.

Jika ban dalam kondisi baik, area tersebut harus terkikis secara merata. Namun, berbeda jika terjadi kesalahan. Ban akan terkikis secara tidak merata. Inilah yang perlu Anda waspadai. Jika ban mobil Anda tergerus tidak merata, kemampuan ban untuk menggenggam permukaan jalan akan agak berkurang. Akibatnya mobil akan semakin sulit dikendalikan. Selain itu, risiko ban robek atau pecah meningkat. Jadi, untuk menjaga keselamatan, ada baiknya mengganti ban yang terkikis tidak merata. Namun, agar tidak mengalami kondisi tersebut, perhatikan berbagai penyebabnya. Perhatikan lalu antisipasi agar tidak terjadi. Berikut ini adalah penyebab ban mobil Anda mengalami erosi tidak merata.

Pengaturan Penangguhan Tidak Tepat

Suspensi yang tidak tegak lurus dengan tanah dapat menyebabkan ban mengalami erosi tidak merata. Jika miring, ban akan aus tidak merata. Keausan dapat terjadi di dalam atau di luar, tergantung pada kemiringan pengaturan suspensi. Jika bagian bawah ban miring ke luar atau sering disebut camber negatif, maka ban bagian dalam akan lebih cepat aus. Sedangkan jika sisi bawah ban dimiringkan ke luar atau melengkung positif, maka bagian luar ban akan lebih cepat terkikis. Solusi yang tepat adalah dengan melakukan spooring secara rutin atau saat merasa setir mobil sudah miring. Lalu kalau ban sudah terkikis tidak merata, lebih baik segera diganti dengan yang baru.

Sudut Roda Salah

Faktor penyetelan sudut roda yang salah dapat menyebabkan ban terkikis secara tidak merata. Jika sudut roda tidak lurus, baik terlalu dalam atau menonjol keluar, keausan ban akan terpengaruh. Ban bisa cepat aus di dalam atau di luar tergantung kemiringannya. Ini karena satu sisi permukaan ban lebih sering bergesekan dengan jalan dibandingkan sisi lainnya. Kondisi ini sering terjadi jika pengaturan toe in dan toe out tidak tepat. Jadi, pastikan semua nilai sudah sesuai standar agar sudut ban pas. Lakukan spooring dan balancing untuk memastikannya.

Tekanan Ban Yang Tidak Memenuhi Kondisi Standar

Tekanan ban harus selalu sesuai dengan standar yang direkomendasikan. Jangan terlalu banyak atau sebaliknya malah kurang. Cara yang manapun tidak baik untuk kondisi ban. Jika tekanan ban terlalu keras, bagian tengah ban akan lebih cepat aus. Sedangkan jika tekanan ban kurang, sisi luar ban cenderung terkikis. Akibatnya ban akan aus secara tidak merata. Jadi, pastikan tekanan ban selalu benar. Nilai tekanan yang direkomendasikan dapat dilihat di setiap mobil. Setiap kendaraan pasti ada instruksi.

Sekarang Anda mengerti mengapa ban terkikis tidak merata? Jadi antisipasi semuanya sejak usia dini agar tidak mengalaminya. Jika ban terlanjur aus tidak merata, segera ganti dengan yang baru demi keselamatan di jalan!

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020