Work Wheels Official

Seperti komponen mobil lainnya, ban memiliki masa pakai yang lama. Namun, jangka waktunya bervariasi. Banyak faktor yang menentukan mulai dari kondisi jalan, lamanya penggunaan, hingga perilaku pengemudi dalam mengemudikan kendaraan. Faktor pengemudi memainkan peran penting. Banyak perilaku yang bisa memperpendek umur ban. Jadi, jika ingin ban lebih awet, hindari perilaku berikut ini, guys!

Tidak Peka Terhadap Tekanan Ban Yang Tepat

Jika Anda ingin umur pemakaian yang lebih lama, pertahankan kondisi ban yang prima. Yang paling mendasar adalah dengan memperhatikan tekanan ban. Ikuti terus rekomendasinya. Jika tekanan tidak cukup, ban akan terlihat kempes. Selain bisa menambah konsumsi bahan bakar, juga bisa merusak bagian samping ban. Seiring berjalannya waktu ban menjadi aus sehingga mudah pecah. Lalu, jika tekanannya terlalu besar, mengendalikan mobil akan menjadi tidak nyaman. Ban tidak mampu menyerap getaran dengan baik. Selain itu, bagian tengah ban lebih cepat aus. Pada akhirnya, ban lebih tahan lama. Jadi, pastikan tekanan ban selalu sesuai anjuran. Pengemudi dapat melihat nilai di kendaraan masing-masing. Biasanya petunjuk arah ada di sekitar bagian dalam pintu depan mobil.

Malas Membersihkan Kotoran

Ban mobil adalah komponen kendaraan yang menyentuh permukaan jalan secara langsung. Selama waktu itu, banyak hal yang akan dilalui. Bisa jadi sejumlah kotoran seperti batu atau kerikil kecil sehingga cipratan oli akan menempel pada ban. Paling sering, kotoran menempel di antara ban. Jika ingin umur ban lebih lama, rajin-rajinlah membersihkannya. Meski kecil, kotoran seperti kerikil bisa merobek ban. Kalau sudah seperti itu, air bisa masuk ke ban. Jika dibiarkan, hal ini secara bertahap dapat menyebabkan korosi pada anyaman kawat baja pada ban. Akhirnya ban lebih cepat rusak.

Berkendara Secara Agresif

Mengendarai mobil secara agresif juga mengurangi umur ban. Agresivitas yang dimaksud adalah akselerasi hingga ban berputar, cepat menikung, dan senang melakukan pengereman keras. Manuver ini sebenarnya pernah memicu keausan ban. Ujung-ujungnya ban tidak lagi bulat, sehingga ban tidak awet lagi. Selain itu, ban juga bisa terkikis secara tidak wajar, terutama di area tapak ban. Itulah yang membuat ban menjadi kurang awet.

Penjajaran Roda Tidak Beraturan

Umur ban juga terkait dengan keselarasan roda atau keselarasan roda mobil. Penjajaran roda harus selalu dijaga dengan standar. Jika tidak, efeknya pada ban sangat buruk. Jika camber negatif, bagian dalam ban akan lebih cepat aus. Sebaliknya jika cambernya positif, maka sisi luar ban akan menipis terlebih dahulu. Kedua cara tersebut berdampak buruk bagi ban karena menyebabkan keausan. Jadi, periksalah kesejajaran roda agar selalu benar. Minta bengkel untuk mengecek saat melakukan servis rutin.

Ban Jarang Berputar

Jangan malas memutar ban jika ingin umur ban lebih lama. Rotasi harus dilakukan secara berkala agar ban tahan lama. Jika Anda memutar, keausan ban akan merata. Ini dapat memastikan performa ban yang baik. Ban akan mampu terus menapak dengan kuat. Ban disarankan untuk memutar saat sudah menempuh jarak antara 7 ribu kilometer hingga 10 ribu kilometer. Namun, jika kendaraan digunakan dengan intensitas tinggi, perputaran setiap 5 ribu kilometer akan lebih baik.

Terlalu Banyak Membawa Beban Berlebih

Beban yang terlalu berat bisa lebih cepat merusak ban. Tapak dan dinding ban akan cepat rusak jika dipaksa menahan beban berlebih. Agar kondisi ini tidak terjadi, pastikan beban kendaraan sesuai dengan kapasitas ban. Cara mengetahuinya dengan melihat indeks beban yang tertera pada ban. Semakin tinggi nilainya, beban yang bisa ditanggung juga semakin berat. Kebalikannya juga benar. Hindari berbagai perilaku tersebut agar ban awet. Umurnya juga lebih lama.

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020