Perjalanan Sejarah Scrambler Ducati TheGasPol.com

By | 2019-04-09T12:46:58+00:00 April 9th, 2019|Velg Mobil|

Keberadaan Scrambler Ducati tampaknya memberikan dimensi yang berbeda untuk pabrikan roda dua dari Bologna. Bagaimana bisa? Ducati telah lama diidentifikasi dengan apa yang disebut kinerja, balap, dan kecepatan.

Tetapi dengan model Scrambler, sekarang merek juga memiliki produk untuk ditawarkan kepada pengendara sepeda motor yang suka kegiatan mengemudi ke bidang non-aspal. Terutama mereka yang masih memiliki jiwa muda.

Melihat rangkaian lengkap produk Ducati, memang sudah ada Multistrada yang menempati kelas petualangan sepeda motor. Namun, bisa dibilang motor itu terlalu serius. Berbeda halnya dengan Scrambler yang terlihat lebih kasual, menyenangkan, dan asik untuk diajak mengisi kesempatan untuk bersantai.

(Baca juga: 4 Model Ducati Scrambler Terbaru Diperkenalkan oleh Chakra Motor Sports)

Di era modern ini Ducati memasarkan varian Scrambler yang tampaknya telah menerima respons positif di berbagai belahan dunia. Faktor penampilan adalah salah satu nilai jual. Tetapi jika Anda melihat generasi pertama dari motor ini yang telah diaspal pada 1960-an, kami juga akan dihadirkan dengan sepeda motor yang indah.

Ducati Diana 250 adalah basis dari Ducati Scrambler lama. | Foto: Sepeda-urious

Generasi pertama Ducati Scrambler lahir pada tahun 1962 dengan mengusung kemampuan jalan. Padahal, proses mendesain sepeda motor ini sangat memprioritaskan aspek itu. Meski sebenarnya sepeda motor terlahir sebagai modif versi Ducati Diana.

Diana, yang secara visual mendekati pembalap kafe, diberikan tangki baru dengan ukuran lebih kecil. Kemudian setang dibuat lebar dan khas dari sepeda motor trail. Tak ketinggalan juga penggunaan suspensi, jok dan fender baru. Akibatnya, generasi pertama Scrambler dari Ducati lahir.

(Baca juga: Sejarah Singkat Toyota Kijang di Indonesia)

Ide tersebut datang dari importir dan pengusaha bernama Joe Berliner (Berliner Motor Corporation) yang mendorong Ducati untuk membuat sepeda motor off road. Dengan target utama konsumen adalah pengendara motor muda.

Saat itu tidak butuh waktu lama bagi Ducati Scrambler memperoleh popularitas di kalangan penggemar roda dua Amerika Serikat dan Eropa.

Pengacak Generasi Pertama Ducati. | Foto: Silodrome

Pada awalnya Ducati Scrambler tersedia dalam pilihan mesin 250 cc dan 350 cc, kemudian diikuti dengan kelahiran versi 450 cc. Khusus untuk pasar Eropa, Ducati juga melengkapinya dengan mesin 125 cc. Di era ini Ducati Scrambler diproduksi hingga 1974.

Selang empat puluh tahun kemudian atau tepatnya 2014 di Ducati World Bike mulai menunjukkan tanda-tanda kembali ke kelahiran sepeda motor ini. Tentunya dengan teknologi dan mesin yang jauh lebih canggih. Hanya saja masih menggunakan desain yang sesuai.

Tak tanggung-tanggung, Ducati menawarkan varian yang sangat luas untuk Scrambler modernnya. Mulai dari Icon, Classic, Full Throttle, Café Racer, dan Desert Sled. Menilai dari penampilannya, Desert Sled tampaknya menjadi model yang paling siap untuk bertualang.

Scrambler Ducati Desert Sled (putih) muncul sebagai motor petualangan. | Foto: Mada Prastya

Model-model ini menggunakan mesin L-Twin 803 cc. Selain itu, Scrambler Ducati juga hadir dengan pilihan mesin yang lebih kecil, yaitu 399 cc dengan label Sixty2. Sedangkan untuk bikers yang mampu merogoh kocek lebih dalam dengan varian mesin 1.100 cc.

Tepat pada Oktober 2018, garis Scrambler Ducati kembali mendapat penyegaran untuk model 2019. Dengan pembaruan pada fitur dan kosmetik sebagai ketentuan untuk melanjutkan keberhasilan Scrambler Ducati.

About the Author: